*Kegiatan Belajar Menulis Gelombang 8*

_Senin, 30 Maret 2020_

Resume materi Om Dedi

Kegiatan Belajar Membuat Blog

1.langkah membuat blog:
Yang pertama NIAT, kedua BIKIN EMAIL, ketiga sign up di blogger.com, atau wordpress.com atau kompasiana.com, atau detik.com, atau kumparan, atau guraru.com, masih banyak lagi provider yang menyediakan platform blog, smua gratis.

2. Blog itu diibaratkan Om Dedi seperti rumah kita sendiri, isinya seperti supermarket, atau fokus pada topik tertentu terserah kita   yang punya hak.

3. Blogspot itu lebih tua dibanding wordpress. Dalam dunia IT edisi terbaru umumnya punya banyak kelabihan, secara prinsip sama aja, itu selera,  tentang  tema bebas, karens itu seperti rumah kita, suka-suka kita, boleh pendapat pribadi, boleh mengungkap pendapat orang lain dengan mencantumkan sumber dan linkya, atau menuliskan pendapat orang lain saja tidak apa-apa bebas.

4. Sertakan foto atau video, scara visual biasanya lebih atraktif dan menarik pembaca, kita bisa hubungkan dengan facebook, twitter pada setingan atau copy link nya di fecebook, twitter, group WA, dan sebagainya. Kita bebas, bisa langsung menuju provider yang diinginkan  tidak  harus lewat blogger.

5. Bagaimana cara menghubungkan blog ke fb atau mensos lain, supaya setiap artikel yang kita tulis linknya langsung terkirim.

6. Pada bagian SETTING,  klik SHARE, pilih fesbuk, twitter. Cara lain dengan mengkopi link nya ke sosmed kita.

7. Setelah tiga langkah di atas, selanjutnya posting tulisan atau foto, kapan saja ada waktu, sekarang pake HP sudah bisa, ada aplikasi WORDPRESS, free download

8. Kalau Bapak membuat blog di wordpress, blogspot, kompasiana, detik.com, guraru, itu gratis, resikonya suka ada iklan dari provider muncul di blog kita,  kalau yang  berbayar dominnya com, net, info, dan sebagainya tak ada iklan kecuali kita sendiri yang memasang, tapi lupa membayar sehari saja, tulisan kita yang jumlahnya bisa ratusan atau ribuan artikel bisa hilang tak berbekas.

9. Supaya banyak yang berkunjung ke blog kita, bisa dipromosikan di group WA, fesbuk, twitter, bisa juga dengan cara mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan komentar deng identitas blog kita, etikanya orang yang dikomentari harus berkunjung ke blog kita dan memberi  komentar balik, rame deh, atau  kasih judul blog kita dengan kata-kata yang sedang hits dan banyak dicari netizen.  Kalau ada yang searching bakal nyangkut ke blog kita.

10. Boleh, pemilik blog nya pasti senang sekali,  kalau mau lebih etis kontak dulu lewat komentar di postingan pemiliknya, setelah ada izin baru kita posting, pengalaman saya sih saya tidak ada yang keberatan,  bahkan suka, karena artinya blog kita dipromosikan.

11. Lebih lanjut Om Dedi menjelaskan kalau blogspot kayanya dia ngambil dari foto profil saya di google,  ibu upload foto profil email ibu dulu deh. Uplotan video pertama akan menghilangkan rasa takut dan membuat  kecanduan seperti berhubungan intim dengan pasangan kita. Kalau  ada koment yang tidak bagus hapus daja videonya. Itulah  salah satu cara tetap produktif tidak usah usah mikir ingin sempurna, karena  tidak  pernah akan sempurna posting kita.


12. Pukul  21.00 Om Dedi   menyimpulkan:
Blog dan yutube adalah fasilitas luar biasa untuk kita meninggalkan jejak agar bisa dikenang anak cucu kita dan semesta raya, bahwa kita pernah hidup dan meninggalkan jejak kebaikan, materi yg kita uplot walau sampah buat kita bisa bermanfaat buat orang lain dan jika dilakukan berulang, maka kita kan menjadi sebaik-baiknya manusia yang bermanfaat bagi sesamanya.
 Selamat mengisi hidup dengan  kebaikan, karena  kebaikan berbalas kebaikan, pertanyaan selanjutnya, silahkan japri saya.  See u on the real world.


Terima kasih atas ilmu yang disampaikan sangat bermanfaat sekali bagi kita semua.

Peresmian
MUKMININ, S.Pd., M.Pd.
Guru SMP NEGERI I Kesungprig, Lamongan, Jatim. Email gusmukminin@gmail.com. # cakinin.blogspot.com

Komentar

  1. Alhamdulillah ....luar biasa. Semoga menginspirasi saya dan yang lain untuk segera rajin menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas Heri smg mas Heri dan kawan2 sgr menulis sj ini sy baru latihan

      Hapus
  2. Alhamdulillah...dapat ilmu
    Dan Bismillah, ini adalah pertama kali nulis komentar di blog...
    Saya juga baru tau, lho sy kok bisa nulis komentar di sini?berarti apakah sy sudah punya blog?
    Maaf ini adalah benar2 uji coba sy...
    Afwan n jazaakumullah khairan yg bisa mmbantu mnjelaskn kpd sy

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023