Belajar menulis Gelombang ke - 8 Bersama Om Jay ( Pertemuan ke - 4)
Jum'at, 3 April 2020
Waktu pukul : 1900-2100 WIB
Tema : Momen Spesial Saat
Mengajar
Nara Sumber : BP. Munif Chatib
Peresume. : MUKMININ guru SMP NEGERI I Kedungpring, Lamongan
Sosok Munif Chotif
Munif Chatib, adalah seorang konsultan, praktisi pendidikan dan penulis buku pendidikan populer. Beliau lahir di Surabaya pada tanggal 5 Juli. Buku best seller yang ditulis beliau dengan judul “Sekolahnya Manusia” diterbitkan dan launching pertama kali di MP Book Point Jakarta pada tanggal 2 mei 2009, bertepatan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional. Saat ini Munif Chatib menjabat sebagai CEO NEXT EDU INDONESIA, sebuah lembaga konsultan dan pelatihan guru di seluruh Indonesia dan luar negeri.
Setelah salam Bapak Munif Chotib menyampaikan materi
Bagaimana Menulis Momen Spesial, mudah-mudah bisa dipraktekkan dengan harapan koleksi buku nasional tiap tahun terus bertambah.
Apa Momen Spesial Itu?
Makna momen special
Momen Special adalah kejadian khusus yang terjadi dalam proses pembelajaran antara guru dengan siswa baik di dalam maupun di luar kelas.Momen Special mempunyai potensi untuk masuk ke memori jangka panjang tak terlupakan seumur hidup.Momen spesial meliputi banyak hal. Di ambil yang paling besar yaitu :
1. Perubahan motifasi : Semula Siwa tidak punya minat menjadi berminat atau sebaliknya.
2. Perubahan kemampuan : Semula Siwa tidak mampu menjadi mampu atau sebaliknya
3. Perubahan sikap : Semula siswa tidak rajin ,menjadi rajin.
Kita sebagi guru seharus peka di dalam mengajar.
Di dalam kita mengajar itu ada tiga tahapan mengajar yaitu: a. Pendahuluan, b. kegiatan inti, c.penutup.
Setiap tahapan proses belajar mempunyai peluang terjadinya momen special untuk bisa menjadi bahan untuk menulis, maka guru harus peka. Satu kejadian momen spesial saja sudah jadi bahan menulis guru. Guru jangan kering bahan menulis.
Mengapa momen special harus ditulis?
ada tigal hal alasannya:
a. Pembaca tak akan lupa seumur hidup,sebab masuk memori jangka panjang.
b. Potensi menjadi tulisan yag dibaca dikenang, dibagi/ dishare, dan dicari
c. Mudah ditulis menjadi artikel bebas dan tidak ketat seperti artikel ilmiah.
Beliau menjelaskan ada lima pintu masuk momen belajar ke dalam long term memory. Apabila kita bisa masuk satu pintu, maka di situlah momen spesial kita akan dikenang. Lima pintu masuk itu adalah :
1. Fist Experiense : Kaitannya dengan pengalaman pertama siswa pasti dikenang sifatnya individu, ini akan menjadi kenangan lama
2. Relevan:
kejadian topik materi berhubungan dengan kondisi siswa, ini pasti dikenang lama.
3.Rehealsal : sesuatu yang diulang-ulang, akan diingat terus-menerus.
4. Emotional :
Perasaan yang ditimbulkan terkait emosi saat belajar : bahagia, takut, benci, panik, dan lain-lain.
5. Survivel:
belajar yang mengandung bagaimana bertahan dalam hidup).
Apabila kelima hal tersebut tidak kita dapatkan maka, sia-sialah kita mengajar.
Apa tahapan dalam menulis spesial ?
Tahapan menulis special momen :
1.Rekap / catat/ rekam, frasenya kejadian momen special pada waktu terjadi jangan tunda ( problem materi, kompetensi, sikap atau waktu pendahulan, isi dan penutup)
2. Elaborasi :
mencari data dan pendukung terhadap momen special
menulis dalam bentuk artikel bebas.
Tips menulis momen spesial:
1. Ketika muncul momen
momen pesial kita tulis rase/ kalimat dalam HP malamnya kita k embangkan jadi tulisan.
2. Tulis secara bebas, kita
kita kesampingkan aturan- aturan ejaan bisa bentuk cerita, informasi yang memudahkan kita
3. Kembangkan menjadi
Beberapa paragra dengan mengidentifikasi : a) masalahnya apa, b) cari tahu penyebabnya, c) cari tahu tentang dampak jika masalah tidak selesai, d ) dan hikmah kejian itu apa
4.Lalu.kita edit pelan-pe
lan
5. Cara memunculkan perasaan peka terhadap momen spesial dengan cara latihan setelah selesai mengajar 6.bertanyalah kepada diri kita sendiri : a. Adakah siswa yang tidak memperhatikan penjelasan kita ( kenapa) b. Apakah ada siswa yang membantah kita ( kenapa), dengan memperhatikan negatif karakter lebih mudah.
7. Jadilah guru dengan 3 peran : a. Bisa menjadi guru yang memberikan ilmu, b. Bisa menjadi orang tuanya, kita memberi nasehat, 3. Bisa menjadi sahabat siswa, dengan membuka diri untuk menerima curhat dari siswa dengan memperhatikan waktu
Simpulan:
1. Momen spesial adalah salah satu bahan untuk menulis bagi guru
2. Menuliskan dengan momen spesial yang sederhana, jangan takut salah baik ejaan maupun tata aturannya
3. Teruslah menulis dengan banyak membaca penulis best seller dan menulislah dengan hati
4. Menuliskan yang menginspirasi sehingga bermanfaat bagi orang lain
Waktu pukul : 1900-2100 WIB
Tema : Momen Spesial Saat
Mengajar
Nara Sumber : BP. Munif Chatib
Peresume. : MUKMININ guru SMP NEGERI I Kedungpring, Lamongan
Sosok Munif Chotif
Munif Chatib, adalah seorang konsultan, praktisi pendidikan dan penulis buku pendidikan populer. Beliau lahir di Surabaya pada tanggal 5 Juli. Buku best seller yang ditulis beliau dengan judul “Sekolahnya Manusia” diterbitkan dan launching pertama kali di MP Book Point Jakarta pada tanggal 2 mei 2009, bertepatan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional. Saat ini Munif Chatib menjabat sebagai CEO NEXT EDU INDONESIA, sebuah lembaga konsultan dan pelatihan guru di seluruh Indonesia dan luar negeri.
Setelah salam Bapak Munif Chotib menyampaikan materi
Bagaimana Menulis Momen Spesial, mudah-mudah bisa dipraktekkan dengan harapan koleksi buku nasional tiap tahun terus bertambah.
Apa Momen Spesial Itu?
Makna momen special
Momen Special adalah kejadian khusus yang terjadi dalam proses pembelajaran antara guru dengan siswa baik di dalam maupun di luar kelas.Momen Special mempunyai potensi untuk masuk ke memori jangka panjang tak terlupakan seumur hidup.Momen spesial meliputi banyak hal. Di ambil yang paling besar yaitu :
1. Perubahan motifasi : Semula Siwa tidak punya minat menjadi berminat atau sebaliknya.
2. Perubahan kemampuan : Semula Siwa tidak mampu menjadi mampu atau sebaliknya
3. Perubahan sikap : Semula siswa tidak rajin ,menjadi rajin.
Kita sebagi guru seharus peka di dalam mengajar.
Di dalam kita mengajar itu ada tiga tahapan mengajar yaitu: a. Pendahuluan, b. kegiatan inti, c.penutup.
Setiap tahapan proses belajar mempunyai peluang terjadinya momen special untuk bisa menjadi bahan untuk menulis, maka guru harus peka. Satu kejadian momen spesial saja sudah jadi bahan menulis guru. Guru jangan kering bahan menulis.
Mengapa momen special harus ditulis?
ada tigal hal alasannya:
a. Pembaca tak akan lupa seumur hidup,sebab masuk memori jangka panjang.
b. Potensi menjadi tulisan yag dibaca dikenang, dibagi/ dishare, dan dicari
c. Mudah ditulis menjadi artikel bebas dan tidak ketat seperti artikel ilmiah.
Beliau menjelaskan ada lima pintu masuk momen belajar ke dalam long term memory. Apabila kita bisa masuk satu pintu, maka di situlah momen spesial kita akan dikenang. Lima pintu masuk itu adalah :
1. Fist Experiense : Kaitannya dengan pengalaman pertama siswa pasti dikenang sifatnya individu, ini akan menjadi kenangan lama
2. Relevan:
kejadian topik materi berhubungan dengan kondisi siswa, ini pasti dikenang lama.
3.Rehealsal : sesuatu yang diulang-ulang, akan diingat terus-menerus.
4. Emotional :
Perasaan yang ditimbulkan terkait emosi saat belajar : bahagia, takut, benci, panik, dan lain-lain.
5. Survivel:
belajar yang mengandung bagaimana bertahan dalam hidup).
Apabila kelima hal tersebut tidak kita dapatkan maka, sia-sialah kita mengajar.
Apa tahapan dalam menulis spesial ?
Tahapan menulis special momen :
1.Rekap / catat/ rekam, frasenya kejadian momen special pada waktu terjadi jangan tunda ( problem materi, kompetensi, sikap atau waktu pendahulan, isi dan penutup)
2. Elaborasi :
mencari data dan pendukung terhadap momen special
menulis dalam bentuk artikel bebas.
Tips menulis momen spesial:
1. Ketika muncul momen
momen pesial kita tulis rase/ kalimat dalam HP malamnya kita k embangkan jadi tulisan.
2. Tulis secara bebas, kita
kita kesampingkan aturan- aturan ejaan bisa bentuk cerita, informasi yang memudahkan kita
3. Kembangkan menjadi
Beberapa paragra dengan mengidentifikasi : a) masalahnya apa, b) cari tahu penyebabnya, c) cari tahu tentang dampak jika masalah tidak selesai, d ) dan hikmah kejian itu apa
4.Lalu.kita edit pelan-pe
lan
5. Cara memunculkan perasaan peka terhadap momen spesial dengan cara latihan setelah selesai mengajar 6.bertanyalah kepada diri kita sendiri : a. Adakah siswa yang tidak memperhatikan penjelasan kita ( kenapa) b. Apakah ada siswa yang membantah kita ( kenapa), dengan memperhatikan negatif karakter lebih mudah.
7. Jadilah guru dengan 3 peran : a. Bisa menjadi guru yang memberikan ilmu, b. Bisa menjadi orang tuanya, kita memberi nasehat, 3. Bisa menjadi sahabat siswa, dengan membuka diri untuk menerima curhat dari siswa dengan memperhatikan waktu
Simpulan:
1. Momen spesial adalah salah satu bahan untuk menulis bagi guru
2. Menuliskan dengan momen spesial yang sederhana, jangan takut salah baik ejaan maupun tata aturannya
3. Teruslah menulis dengan banyak membaca penulis best seller dan menulislah dengan hati
4. Menuliskan yang menginspirasi sehingga bermanfaat bagi orang lain
Hebat Pak. Ajarin saya dong.
BalasHapusMtr swn. Monggo SM belajar
BalasHapus