Menulis dan Menerbitkan Buku Digital Bersama Dr. Onno Wibowo Purbo



Senin, 27 April 2020
Pukul 13.00 - 15.00

By Mukminin. cakinin.blogspot.com

Profil
Onno Widodo Purbo lahir di Bandung 17 Agustus 1962 adah seorang tokoh dan  pakar dibidang teknologi dan informasi, penulis, pendidik, dan pembicara seminar. Sebagai seorang aktivis Onno dikenal dalam upaya memperjuangkan Linux. Karya inovatifnya diantara ya adalah wajanbolic, sebagai upaya koneksi internet  rumah tanpa kabel dan RT/TW-NET sebagai jaringan komputer  swadaya masyarakat untuk menyebarkan internet murah, serta penerapan open BTS.

Untuk lebih akrab kunjungi
https://www.youtube.com/channel/UCvYfBQdMzsWTbNAsgJEC7Ig

https://lms.onnocenter.or.id/moodle/course/view.php

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih segala kebutuhan manusia sangat mudah dicari di internet. Sehingga teknologi internet menyebabkan pola hidup manusia berubah. Manusia sekarang tidak bisa lepas dari perangkat elektroniknya.

Buku-buku yang telah diterbitkan dengan bahan kertas kini telah dikonversi ke dalam buku digital atau ebook. Sehingga  buku digital telah menjadikan informasi yang disebarkan lebih cepat dari pada buku konvensional.

Buku digital banyak diminati banya orang karena praktis dan mudah dibawa kemana- mana. Buku digital lebih mudah diakses dengan menggunakan HP, laptop, komputer dll.

Di sini dipaparkan Bp Onno tentang menulis dan menerbitkan buku.

Bagaimana cara menulis dan menerbitkan buku diigital?

Teknik paling cepat adalah mencari kata- kata atau topik dengan banyak membaca.

Tidak mungkin penulis bisa menulis dengan baik tanpa banyak membaca buku. Untuk menulis jangan lupa gunakan rumus 5 W + I H:
1. What
2. Where
3. When
4. Who
5. Why, dan
6. How

Selanjutnya pemateri menyampaikan kalau buku kita bisa laku dijual maka ada 3 cara:

Pertama dengan ngobrol saja

. Kita ngobrol saja di Twitter, fb, instagram tentang apa saja. Sambil tanya jawab ke pembaca atau masyarakat. Masyarakat butuh apa. Kalau sudah tahu apa yang dibutuhkan bisa kita jadikan buku.

Kalau kita jadi guru SD, SMP, atau SMA kita ngobrol dengan anak dan kita lihat waktu KBM nanti muncul dari pembicaraan dan tingkah lakunya bisa dijadikan buku.

Kedua dengan cara  menterjemahkan.

Maha siswa saya waktu kuliah saya wajibkan  selain ikut ujian juga harus menulis buku. Alhamdulilah satu semester bisa terbitkan 2 buku.

caranya mahasiswa mengunduh di digital Library milik Pak Onno yang masih dalam bahasa Inggris dengan mengabil satu pesatu topik kemudian dijadikan satu dukumen. Selanjutnya mahasiswa menerjemahkan dalam bahasa Indonesia berupa kalimat-kalimat yang disusun dalam paragraf-paragraf dengan kata-kata sendiri yang enak dan mudah dipahami. Jangan lupa mencamtumkan referensinya maka jadilah buku.

Ketiga biasakan membuat catatan-catatan .

Buatlah catatan apa saja bisa di web, bisa di Wikipedia kebiasaa Pak Onno. Tulis satu persatu kumpulkan lama-lama menjadi buku. Kalua 1 hari satu catatan maka 30 hari kita kumpulkan jadilah buku.

Selanjutnya Pak Onno menyampaikan kalau menulis jurnal Ilmiah harus benar-benar memperhatikan refrensinya.

Untuk bisa diterbitkan di jurnal internasional maka  bisa menggunakan ketik wab. Search menu https : //scholar.gogle.com.
 Cara memperoleh informasinya bahasa asing yang berkualitas dengan cara masuk gogle scholar lalu masukkan kata kincinga, lalu muncullah file-file yang kita butuhkan lalu klik kanan cute.

cute. Tetapi yang lebih baik tolong dibaca dulu abstraknha apakah sudah sesuai atau belum dengan tulisan kita. Pak Onno menuliskan daftar refrensi bisa sampai 34.

Apa yang dibutuhkan penerbit, supaya buku kita terbit?
1. Judul. Tulis saja judulnya penerbit nanti yang mnuayka covernya.  Kalau judul kurang pas akan diganti oleh penerbit.
2. Kata pengantar. Buaglqk kata pengantar boleh lebih dari satu. Kata pengantar penulis bisa ditambah kata pengantar kepala sekolah dan bisa juga ditambah kata pengantar dari kepala dinas pendidikan.
3.Daftar Isi.  Buatlah daftar isi yang sistematis urut bab demi bab kemudian sub bab masing masing bab.
4. Materi Lengkap. Tulislah materi secara lengkap bisa menggunakan word. Tidak usah di lay out dan halaman. Penerbit yang malakukannya. Untuk foto dan gambar simpanlah di file sendiri.
5.Tentang Penulis. Buatlah satu paragraf saja yang berisi identitas, pendidikan, karya,

Lebih lanjut pemateri menyampaikan

 Bagaimana cara  mencetak buku digital

sangat sederhana sekali, tinggal Save As PDF. Kaluau  sudah jadi buku digital tinggal share atau uplouf ke web atau WA. Buku digital harus ber - ISBN. Sekolah bisa mengeluarkan sendiri, caranya sekolah mengusulkan dan mengisi formulir ke Perpustakaan Nasional di
https://isbn.perpusnas.go.id/. Perpusnas akan mengeluarka izin agar sekolah mengeluarkan no. ISBN.

Pesan Bp Onno untuk mengambil konten yang memiliki copyraight jangan swnbarangan digunakan sebab akan fatal berhadapan dengan hukum. Sebaiknya gunakan konten yang berbasis creative commons, di sini tersedia  untuk orang lain secara legal dan dapat digunakan masyarakat luas. Bisa diambil https://creativecommons.org/

Kesimpulan menerbitkan buku itu mudah dengan 3 langkah:
 1. Banyaklah membaca buku maka tulisan Anda akan berbobot lalu tuangkan dalam rumus 5 W + 1 H.
2. Buku diterbitkan itu bukan karena kualitas tapi karena buku itu laku dijual. Untuk itu lakukan 3 cara :
a. Ngobrol- ngobrol di internet, FB, wa, twitter, degan tanya jawab nanti pasti muncul bacaan apa yang dibutuhkan masyarakat pembaca.

b. Menerjemahkan dari topik-topik baha Inggris kita kumpulkan jadi satu ke bahasa Indonesia dengan bahasa kita sendiri dengan baik.

 c. Biasakan membuat catatan-catatan setiap hari kita kumpulkan dan kita jadikan buku.

Semoga bermanfaat

Salam blogger pemula.
By Mukminin guru SMP I Kedungpring, Lamongan

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023