MGM Adalalah Solusi Bagi Guru yang Dirindukan Siswa, Bersama Bp Aris Ahmad Jaya, DVM, M.M.
Oleh : Mukminin
Hari, tanggl. : 16 April 2020
Pukul : 19.00 - 21.00
Pekerjaan sebagai guru adalah pekerjaan yang membanggakan bagi saya. Karena menjadi guru adalah cita-cita saya sejak SD. Makanya setelah SMP saya melanjutkan ke SPG Negeri Jombang terus melanjutkan ke IKIP Negeri Surabaya alhamdulilah bisa lanjut sampai S 2 UNISDA Lamongan. Pekerjaan guru sungguh mulia karena bisa membagikan ilmu pada siswa. Pekerjaan guru tidaklah semudah dibayangkan orang mengajar terus pulang. Padalah guru adalah harus bisa digugu dan ditiru. Tugas guru adalah mengajar, mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik ( wekepedia).
Menurut Ki Hajar Dewantoro Guru harus menjalankan 3 hal :
Ingin Ngarso Sung Tulodho, yang berarti di depan pimpinan harus memberi teladan
Ingin Madya Mangun Karso, yang bermakna di tengah memberi bimbingan
Tut Wuri Handayani, yang mengandung arti di belakang memberi dorongan.
Maka dalam perkembangannya karena guru adalah pekerjaan perofesi dengan mendapat tunjangan gaji sertifikasi maka berbondong-bondonglah masyarakat untuk menjadi guru.
Alhamdulilah malam ini Om Jay sebagai Fonder pembelajaran menulis bagi guru di Indonesia mengadakan pelatihan on line gratis mendatangkan pakar Motivator dengan tema Mengajar Gaya Motivator bersama Bapak Aris Ahmad Jaya. Mataterinya sangat bagus sekali memberi motivasi yang luar bias pada guru dengan mengingatkan kembali tugas dan peran guru dalam menghadapi siswa jaman now dan solusi-solusinya agar menjadi guru yang kehadirannya dirindukan siswanya. Mari kita ikuti lebih lanjut!
Profil Bapak ARIS AHMAD JAYA
Lahir di Pati, 23 Februari 1974
•Lulus dokter hewan dari IPB tahun 2000
•Meraih gelar Magister Manajemen dari UIKA Bogor 2015
Profesi
Sebagai pendiri dan sekaligus CEO di lembaga ABCo Sugesti Motivatindo
Sebagai motivator sekolah unggulan-unggulan di Indonesia
Malam ini benar - benar istimewa Om Jay mendatangkan seorang pakar Motivator bp Aris Ahmad Jaya. Usai sholat Isyak di masjid langsung sy duduk manis di ruang tamu dengan bersandar bantal merek.jambu ke pegang HP langsung ku buka. Tepat pukul 19.15 Om Jay sebagai mederator mumbuka dengan ucapan Assalamualaikum WW.
Teman- teman mari kita ikuti materi .alam ini bersama bp Aris Ahmad Jaya sang Motivator.
Monggo dipersilakan.
Assalamualaikum WW. Bapak ibu perkenalkan saya Aris Ahmad Jaya, saya seorang motivator, caranter building, cock sisekolah - sekolah unggul di Indonesia. Dengan adanya momentum anak -anak belajar di rumah, bapak ibu guru harus belajar kembali memiliki Seni menyampaikan pelajaran untuk dicintai dan dirindukan anak dan dalam menyampaikan pelajaran menjadi menarik.
Telah lebih 10 RB audien gaya motivator. Seperti momentum saat ini saya berbagi dengan Anda free silakan di bagi dengan teman - teman yang belum mengikuti training on line.
Banyak hal bagaimana Anda
1. Menjadi pribadi yang menarik dan menyenangkan.
2. Menjadi pribadi yang dirindukan curigen
3. Menjadi pribadi yang menginspirasi anak didik untuk mencintai Anda sebelum mencintai pelajaran yang anda berikan.
Pemateri menyampaikan bahwa ada 2 macam guru.
Berdasarkan niatnya guru ada 2 macam : 1. GURU BETULAN adalah guru yang sejak awal ingin jadi pendidik, mengajar, menyampaikan ilmunya yang kehadirannya dirindukan siswanya
2. GURU KEBETULAN ini sebagian guru karena ada lowongan ngajar setelah lulus dari PT. Apakah salah guru kebetulan, tidak asalkan mau belajar terus menerus proses yang dihadapi akhirnya jadi guru yang dicintai muridnya.
Guru betulan dan guru kebetulan tidak jadi masalah buahnya akan manis kalau guru mencintai profesinya. Kehadirannya dicintai, kepergiannya dinantikan karena menginspirasi.
Setelah guru betulan dan kebetulan
Berdasarkan kinerjanya ada 3 tipe guru:
1. Guru Nyasar yaitu guru yang tidak punya tujuan, tidak punya arah, tidak punya energi sehingga murid-murid benci. Menjadikan jam dinding lambat bergerak karena jenuh. Guru nyasar lebih baik sadar dan segera
mengundurkan diri.
2. Guru Bayar adalah guru yang energinya karena gaji atau financeal. Mengajarnya tidak konsisten.
3. Guru Sadar sudah guru yang menjadikan murid mencintai kehadirannya, pelajarannya
, Kehidupannya dan kepergiannya dirindukan.
Mengajar Gaya Motivator adalah sebuah teknik bagaimana Anda menjadi guru yang profesional yang mengantarkan muridnya dapat ilmu sesuai dengan zamannya. Guru sadar menjadi kondktor kebaikan, menjadi konektor keilmuannya layak dicintai.
Peran Guru sesungguhnya ada 4:
1. Mengajar,
2. Mendidik,
3. Menginspirasi, dan
4. Menggerakkan.
Terkadang fokus guru hanya Mengajar yaitu memindahkan kurikulum pada anak, anda akan kalah sekarang bukan zamannya sekarang. Karena belajar bisa on line, lewat yutube dll. Maka anda harus masuk ke zona mendidik yaitu guru menjadi idola, teladan, guru adalah bisa digugu dan ditiru, anda memasukkan nilai - nilai , norma baik dan dipraktekkan seperti disiplin, jujur, menolong dapat, dipercaya berbagi. Guru yang mendidik, adalah guru yang menginspirasi, siswa men jadikan anda history bagi mereka. Anda menjadi inspirasi dan keteladan, maka anda inspirator bagi mereka. Anda mudah untuk menggerakkan mereka untuk mengerjakan apa aja. Jafi guru harus bisa mengajar, mendidik, menginspirasi dan menggerakkan mereka.
5 Langkah MGM adalah bisa merubah cara berpikir dan pola laku dalam mengajar murid
Langkah 1. Jadilah Guru yang Menarik
Jadilah Guru yang menarik dan menyenangkan yang punya daya tarik dan anak merindukan Anda. Dengan,
a. latihan menjadi pribadi yg menarik baik di ruang kelas maupun diluar kelas. Ada pintu pada murid yaitu pintu yaitu pintu mengizinkan dan tidak mengizinkan.
Jangan paksa anak mengikuti Anda tetapi Anda mengikuti mereka. Ubah di-, menjadi me-. Dari guru dilayani menjadi melayani.
Trik membuka pintu anak mengizinkan :
1. Anda masuk dengan senyum pada murid Anda dengan senyum 1225
2. Mulailah dengan salam yang berbeda.
Siswa yang jawab salam saya doakan nilai bagus, terbaik, genius berguna bagi agama, Nusa dan bangsa. Maka jawabnya aamiin. Baru kita "Assalamualaikum WW."
3. Berikan apresiasi/ penghargaan, contoh : "Anak - anak sekalian bapak bangga mengajar di kelas ini karena lebih semangat dari kelas lainnya". Kemudian sebelum pelajaran dimulai murid diajak bermain game bisa ambil di yutube. Game tepuk tangan. Anak - anak kalau saya tepuk 1 x maka Anda tepuk 2 x. Kalau saya tepuk 2 x Anda tepuk 3 x. Kalau saya tepuk 3 x maka Anda tepuk 1 x. Katan bagus anak - anak sangat memperhatikan sekali.
3. Apresiasi Prosesnya " Tangkap basah kebaikkannya, tempa besi selagi panas. Besi susah ditempa kalau tidak panas. Contoh : anak datang tepat waktu maka katakan
" Bagus Anda hadir tepat waktu Anda akan jadi orang sukses".
Kepada ketua kelas katakan, "Bapak bangga terhadap Anda. Anda calon leader masa depan". "Kelas ini kelas favorit saya bangga mengajar di kelas ini'.
Dengan memberi Anda diberi, sehingga tidak membosankan. Jadilah konektor keberhasilan.
Langkah ke 2 Temukan titik lebihnya, temukan nilai unggulnya.
Saudara pemain bukan penonton.
Guru yang Guru hebat memberi kesempatan dari keunggulannya yang dimiliki siswa. Kegiatan lainnya akan mengikutinya biar murid tidak minder. Contoh, Amin anak yang pandai matematika, katakan pada dia, kamu keren hebat kamu akan jadi orang sukses dengan matematika dan lebih hebat pelajari pelajaran lainnya. Biar lebih percaya diri.
3. Langkah Menemukan Kehebatan nilai plus pada Siswa kita.
1) Anda harus mampu memberikan momentum kesempatan hebat masing - masing siswa Anda. Siswa menjadi duta sekolahan Anda
Memberi kepercayaan mereka berharga walau bukan juara. Anak yang pandai Pramuka dikirim
training. Anak yang pandai olah raga dikirim bertanding ke sekolah lain. Jangan orang itu - itu saja. Bagaimana orang lain bisa menjadi mutiara hebat. Pasir biasa bisa menjadi mutiara karena diolah kerang mutiara. Guru hebat adalah menjadi kerang mutiara bagi anak didiknya.
2) Libatkan mereka menjadi pemain bukan penonton. Jadikan Siwa history, bagian sejarah hidupnya. Libatkan ide atau gagasannya untuk ikut tanggung jawab. Contoh seandainya Anda jadi wali kelas apa yang Anda lakukan biar kelas lebih hebat.
Siswa akan berproses hargai prosesnya bukan hasil akhir. Gagal adalah peristiwa bukan orangnya.
3) Berikan lebel positif untuk siswa. Berikan secara umum atau per individu. Contoh secara umum, kelas ini adalah kelas yang terampil, bertanggung jawab. Ketika saya ngajar di sini keren berenergi, kelas kalian adalah kelas lebah yang bermanfaat tidak pernah merusak. Contoh Individu, mana Imron yang jenius anak leader masa depan dapat dipercaya. Lebel membangun persepsi positif, kata-kata adalah proposal hidup, kata-kata adalah doa.
Pemateri menyampaikan tolong buku nyutub saya Dengan bahasa cinta seorang guru mendapatkan cinta dari anak didiknya!
https://youtu.be/Zx0oR7WsE84
Dengan Bahasa Cinta yang Cerdas
Seorang Guru akan mendapatkan Cinta dari Anak Didiknya
5 Bahasa Cinta yang layak Anda pelajari dan Praktekkan....
Silahkan lihat penjelasan satu per satu dari Bahasa Sentuhan Cinta.
1. https://youtu.be/UAZ02bxlzyM
Bahasa cinta APRESIASI.
2. https://youtu.be/39raqyvipcE
Bahasa Cinta KOMITMEN dan Keteladanan
3. https://youtu.be/AdXLTi1-pPs
Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA
4. https://youtu.be/U8uyPVhRFTQ
Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL
5. https://youtu.be/xVBnh4TsPgw
Bahasa Cinta HARGAI HAL HAL KECIL
SILAHKAN KLIK, SUBSCRIBE DAN SHARE
Mr Sugesti Indonesia
Sebelum penyampaian materi ditutup, BP Aris Ahmad Jaya membuka tanya jawab dengan peserta pembelajan masalah-masalah yang dihadapi guru dalam mendidik siswa.
Pemateri menutup dengan memberi kesimpulan sbb:
Selamat menjadi guru yang diidolakan, guru yang dicintai, guru yang dirindukan, guru yang menginspirasi, dan menjadikan bagian sejarah atau history bagi murid-muridnya. Selamat berjuang selama menjadi bagian hebat dari bag hebat atas masa depan murid-murid Anda.
Wassalamu'alaikum W.W.
Siap semoga kita jadi guru yang dirindukan
BalasHapusAamiin yra. Mtr p heri
BalasHapus