Pembelajaran Daring yang Ideal Bersama Bp. Wijaya Kusuma Alias Om Jay




Oleh : Mukminin

Hari, tanggal : Selasa, 21 April 2020
Pukul.             : 19.00 - 21.00


Malam ini Founder pelatihan menulis guru-guru se- Indonesia seorang blogger ternama Om.Jay begitu nama keren yang sudah tak asing lagi di telinga kita. Om Jay adalah nama hoky kali. Hahaha. Saking terkenalnya peserta  yang ikut pelatihan  gelombang 1-9 yang berjumlah ratusan orang. Wow ...keren...

Om Jay menyampaikan pembelajaran lewat ZOOM ada 56 peserta yang bisa masuk, tapi sanagtenyiedihkan.bagi saya karena kali.ini gambar muncul.tenggelam, suara putus-putus.hanya beberapa gambar om.jay dan  peserta laki- laki, perempuan yang nongol. Bisu lagi padahal biasanya saya bisa ngikuti degan lancar. Memang jaringan tidak bersahabat.

Tapi Kui terus demi mencari ilmu. Banyak teman- teman peserta yang chat " gambar tidak  tampak, Dira putus-putus, krek-krek. Terus Kuikuti saja.

Kata-kat Om Jay, "Selamat malam semua Alhamdulilah sudah belajar lewat aplikasi Zoom semoga bermanfaat malam ini". Karena ada gangguan maka Om Jay menampilkan slide pembelajaran daring.









Om Jay mengajak peserta melihat slide yang dibskigan di WAG. Slide pertama muncul wajah bapak kita yang terkenal Wijaya Kusuma, M.Pd. sebagai Sekjen Ikatan Guru TIK PGRI dengan badan gemuk wajah ramah penuh senyum berkumis dengan ciri khas kopyah putih selalu nempel di kepala pak haji. Slide kedua tampak gambar Om Jay foto bertiga  dengan guru-guru dbg pemenang Inobel sorak 2017, Luar biasa Om Jay...

 Selanjutnya Om Jay mengingatkan kita untuk jadi penulis sesuai apa yang dikatakan Budi Hakim "Jangan menunggu ide datang baru menulis, menulislah dulu maka ide akan datang padamu". Luar biasa motivasinya utk menjadikan kita penulis.

Selanjutka guru blogger mengingatkan kita selain terbitkan buku yang dicetak dari pembelajaran ini kita juga menulislah buku digital  on line di blog karena sodah zamannya pembelajaran Daring.

Lanjut slide berikutnya ada pembelajaran biasa di dunia nyata dengan tatap muka memanfaatkan OHP dan belajar lewat Labkom.

Pembelajaran Daring lebih efektif dan dapat terjangkau dalam situasi pandemi covit 19 dengan pembeljaran on line lewat WAG seperti Om Jay lakukan dalam pembelajaran menulis guru-guru se- Indonesia yang kita lakukan ini. Om Jay berkali-kali memotivasi peserta imtuk memanfaatkan betul karena ini mahal ratusan ribu rupiah biayanya. Tapi berkat kemurah BP blogger, fuonder Pembelajaran menulis guru gtaris pembelajaran ini gratis tis tidak dipungut biaya. Oleh karena itu dwngan 20 x pertemuan tambah 10 x pertemuan harus bisa terbitkan 2 buku, satu resume satu buku bebas fiksi atau non fiksi.

Untuk pembelajaran daring dengan siswa dalam kondisi ini guru bisa menggunakan aplikasi zoom, webex untuk pembelajaran teleconfrens dengan tanya jawab bagi sekolah atau guru yang memungkinkan. Bisa Google Class Room.

Bisa juga seperti yang digunakan Prof. Eko Indrajit dalam pembelajaran kita Live Yutobe Chanel dengan tema menulis buku dalam seminggu, itupun kalau memingkinkan.

Yang penting sekarang pembajaran daring guru dan siswa di rumah gunakan pembelajaran yang mudah terjangkau saja bagi guru dan siswa. Apalagi banyak yang berada di pedesaan kadang tidak ada sinyal, kadang anak tidak bisa beli pulsa, ada yang belum punya HP. Maka pembelajaran daring lebih bisa diterima kita gunakan WAG, dan dalam  kenyataan kalau satu dua anak terkendala jaringan wa, atau tidak bisa beli pulsa bisa tugas dikumpulkan manual ke gurunya. Yang penting pembelajaran dari g tetap jalan begitu pesan Om Jay.
Slide terakhir ada pembelajaran dagang kurma on line dan pembelajaran worka on line.

Terus diadakan dialog dengan beberapa peserta se Indonesia yang bisa masok ke zoom ada peserta dari Kalimantan yang mau beli buku Om Jay catatan harian blogger harga Kirimnya 100 ribu lebih mahal dari bukunya. Samapai peserta ngakak ha ha ha. Ada peserta dari Madura dari luar Jawa yang intinya tetap semagat untuk terbitkan buku.

Pesan Om Jay terakhir.

Alhamdulilah semoga ilmunya bermanfaat. Om Jay mengatakan saya baru kirim ke bapak ibu file slide presentasi power poin  tentang pembelajaran dalam jaringan yang ideal. Silakan bapak ibu melihat slide presentasinya dan bapak ibu tuliskan resumenya
Buku say "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi" . Buku ini harganya kalau di toko buku Gramedia, dan dibeli online Rp100.000,00. Untuk alam Om Jay  berikan gratis buat bapak ibu semua. Saya  mohon dibaca selama seminggu dan dibuat resensi bukunya selama 6 hari.  Kemudian posting di blog masing-masing.

Tugas yang kedua tulislah pembelajaran daring yang sudah anda dilakukan di sekolah bapak ibu. Tulislah dengan baik sehingga nanti setiap orang tidak akan sama untuk pembuatan karyana karena temapat dan situasinya berbeda. Jangan lupa dimasukkan ke blog masing-masing dan kirim ke email Om Jay.

Resume ditulis dari pengalamannya masing-masing selama pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan atau pembelajaran online. Hal yang kedua Omjay berikan bapak-ibu buku saya. Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Buku ini harganya kalau di toko buku Gramedia, dan dibeli online Rp.100.000 (seratus ribu). Malam ini saya berikan gratis buat bapak ibu semua dan mohon dibaca selama seminggu dan dibuat resensi bukunya. Kemudian posting di blog masing-masing.

Untuk besok materinya adalah proses menulis dan menerbitkan buku dari penerbit Andi Yogyakarta yang disampaikan oleh bapak Edi S Mulyanta, wakil direktur produksi penerbit Andi Yogyakarta. Teman-teman silakan  bertanya kepada  beliau tentang proses mencetak buku di penerbit Sndi.

Om Jay menyampaikan apa saja yang ingin Anda ditanyakan silahkan Bapak Ibu bisa japri  Omjay.

Buku Om Jay yang baru terbit silakan beli atau baca  di catatan harian seorang blogger, kwmudian  Bapak Ibu juga bisa membaca buku Omjay tahun 2012 yang diterbitkan oleh penerbit mayor, yaitu penerbit Indeks Jakarta biar ada gambaran penulisan.

 Omjay ucapkan terima kasih dan kalau ada pertanyaan-pertanyaan Bapak Ibu bisa  langsung lewat jalur japri atau  lewat WA atau lewat email di omjaylabs@gmail.com dan jangan lupa posting blog nya dengan tulisan terbaru. Sekian terima kasih.

Wassalamu'alaikum WW.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023