RESUME MATERI
Mendesain Pembelajaran Jarak Jauh yang Efektif

Host : Bp. INDRA CHARISMADJI
Pemerhati dan Praktisi Edukasi 4,0, Direktur Eksekutif Cerdas ( Center for Education Regulations & Development Analysis)

4 pilar pendidikan UNESCO : a. Learning to know ( belajar untuk mengetahui) b. Learning to do (belajar untuk melakukan sesuatu) c. Learning  be ( belajar untuk menjadi sesuatu)  d. Learning to life together (belajar untuk hidup bersama)

Maka sat ini adalah masa  yang paling tepat mengatur ulang arah dunia pendidikan yang tersesat jauh dari tujuan.

 Manset guru dalam.pembelajaran harus dirubah  bahwa dunia pendidikan harus kembali mengajarkan  cara belajar (  Learning How to Learn)0,  bukan belajar tentang sesuatu Learning What to Learn ) semua ini tercermin dari isi pembelajaran daring seminggu ini guru masih berkutat konten atau materi yang dibuat untuk memberi tahu peserta ndidik dari pada
 Membiarkan mereka untuk mencari tahu sendiri, belajar untuk hidup bersama dengan pendekatan yang berbeda dengan masa pra internet. Guru bukan satu-satunya sumber belajar. Pendidikan cukup memfasilitasi sumber belajar yang dapat dipercaya bukan hoax.

Secara proses, model pembelajaran sudah diatur dalam
Permendikbud  No. 22 / 2016 tentang Standar Proses dengan prinsip sebagai berikut :
1. Dari peserta didik diberi tahu  menuju peserta didik mencari tahu;
2. Dari guru satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar;
3. Dari pendekatan tekstual.menjadi proses sebagai penguatan penggunaan metode ilmiah;
4. Dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi;
5. Dari pembelajaran parsial menuju pembelahan terpadu;
6.Dari pembelajaran yang menekankan jawaban tunggal pembelajaran dengan jawaban sebenarnya yang multi dimensi;
7. Dari pembelajaran berbasis media menuju pembelajaran
Aplikatif;
8. Peningkatan dan keseimbangan antara ketrampilan fisikal (hardskills)  dan ketrampilan mental ( sofskills);
9. Pembelajan yang mengutamakan pembudayaan dan pembelajaran sepanjang hayat;
10. Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai  dengan.mberi keteladanan ( Ing nagari sungai Tulodo), membangun kemauan ( Ing masuk Mangun Karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelahan (tut Wuri handayani);
11. Pembelajaran yang  berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat;
12. Pembelajaran yang menerapkan
Prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah peserta didik, dan di mana saja adalah
kelas;
13. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas belajar;
14. Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya peserta didik.

Apa fungsi guru di abad 21 ?
Yaitu kolaborasi guru dan murid tidak tergantikan  dengan memperhatikan infrastruktur, infostruktur, dan infokultur sekolah.

Sehingga paradigmanya:
a. Guru bukan memberi tahu tetapi mendorong siswa mencari tahu sesuatu dan kreatif
b. Guru bukan satu-satunya sumber belajar tapi banyak berbagai sumber belajar lewat internet.
C. Pembelajaran konten bisa berubah, tapi kompetensi harus banyak baik daring maupun luring desain pembelajarannya ada 14 point' dalam standar proses.

Revolusi Industri 4,0 semakin banyak pekerja yang digantikan mesin. Anak SD sebanyak 800.000  ( 65% SD  tidak bisa disiapkan cari kerja. Siapkan anak SD sejak dini untuk mencipta (C6)

#Tagian on line pada proses bisa mengikuti materi
#Anak SD ada menteri pelajangan ada benda gas, padat, cair, anak-anak disuruh membuat proyek di yutube dengan menjelaskan intinya anak jangan disuapi tapi mencari sendiri.
# Infrastruktur harus kita
Menggunakan akun sekolahan domain  sch lebih mudah jangan pakai gmail sulit.

Poin terakhir di era Sekarang ini fungsi guru tidak berubah sebagai Leader contoh di depan ( Ing Ngarsopuro Sing Tulodo) anak belajar guru harus belajar tentang teknologi. Guru memotivasi siswa dengan semangat belajar Masa kini dengan daring dan luring ( Tut Wuri Handayani). Tugas-tugas anak membuat foto folio, aplikasi, animasi membuat flog dengan memasukkan ke yutube dan membuat blog.

Kesimpulan
Ingat apapun bentuk pembelajaran yang Anda lakukan harus berdasarkan 4 pilar UMESCO.
Bujan apa yang dipelajari tetapi bagaimana belajar mendesain pembelajaran. Buka pembelajaran on line saja, sumber belajar luas manfaatkan teknologi yang ada.

Peresume

MUKMININ, S.Pd., M.Pd.
Guru SMP NEGERI I KEDUNGPRING, LAMONGAN JATIM

Komentar

  1. Mantap cak...sedikit typo di paragraf ke tiga. Mind set tertulis Mand set.
    Saya tertinggal kelas. 5 menit menjelang usai br masuk

    BalasHapus
  2. Sip. gunakan teknologi yg ada dan membuat siswa dpt berinteraksi dgn gurunya

    BalasHapus
  3. Semua peserta wajib membuka link ini dan memberikan komentarnya, sebagai bukti telah ikut menyimak pembelajaran jarak jauh yang disampaikan oleh pak @Indra Eduspec , silahkan klik https://wijayalabs.wordpress.com/2020/04/02/bagaimana-membuat-disain-pembelajaran-jarak-jauh/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Kopdar 3 RVL di BBGP Batu Paling Bergensi

KATA PENGANTAR Buku Jejak Langkah Pena Sang Muda