Menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah dalam Pandemi Corona Bersama Wijaya Kusumah, M.Pd.
Menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah dalam Pandemi Corona Bersama Wijaya Kusumah, M.Pd.
Oleh : Mukminin
Dengan adanya virus corana yang mematikan yang berasal dari Wuhan China dan menjalar dengan sangat cepat dan mewabah di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia menjadikan semua sendi-sendi kehidupan dunia menjadi lumpuh. Perdagangan, Traveling, perhotelan, Transportasi, Biro Umroh, dan Haji plus, pendidikan menjadi terhenti.
Kita mengetahui tentang adanya wabah Corona ketika Presiden Jokowi pada pertengahan Maret 2020 menyampaikan tentang adanya pasien yang positif Corona seorang ibu dan anak yang dirawat di RS Suroso. Sebenarnya pasien tidak tahu. apakah terkena Corona atau tidak, sebab yang dirasakan hanya deman dan batuk pilek biasa. Untuk menghindari jatuhnya kurban yang semakin banyak dari tertularnya virus Covit 19 secara masif, maka, Kegiatan Pendidikan mulai pertengahan bulan Maret 2020 di beberapa daerah khususnya Propinsi Banten mengharuskan guru dan peserta didik belajar di rumah.
Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membatalkan pelaksanaan UNBK yang rencana akan di hapuskan pada tahun 2021, karena Covid-19, terpaksa pada tahun ini UN di hapuskan, untuk melindungi guru dan peserta didik dari penyebaran virus corona.
Oleh karena itu berbagai upaya dilakukan oleh guru dan peserta didik untuk belajar di rumah.
Bagaimana Menciptakan Pola Belajar Efektif dari Rumah Dapat Dilakukan ?
Banyak aplikasi yang menawarkan pembelajaran daring, rumah belajar, saba banten yang ditawarkan, namun guru-guru baru familier dengan google class room. Efektifkah pembelajaran tersebut ?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002: 885) pola adalah suatu system kerja atau carakerja sesuatu. Sedangkan menurut Kamus antropologi, pola adalah rangkaian unsur-unsur yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambar atau mendeskrifsikan gejala itu sendiri (Suyoto, 1985: 327).
Belajar adalah suatu proses perubahan kepribadian seseorang dimana perubahan tersebut dalam bentuk peningkatan prilaku, seperti peningkatan pengetahuan, keterampilan, daya pikir, pemahaman, sikap, dan berbagai kemampuan lainnya.
Menurut Skiner, pengertian belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlaku secara progresif.
Sedangkan C.T Morgan mendefinisikan belajar adalah suatu perubahan yang relative dalam menetapkan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman yang telah lalu.( https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-belajar.html)
Efektif bisa diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang diharapkan. Pengertian efektif merupakan suatu usaha yang dilakukan secara maksimal sesuai yang diharapkan, selain itu efektif juga bisa diartikan sebagai salah satu usaha yang tidak pernah lelah sebelum harapan yang di inginkan belum tercapai. (https://pengertiandefinisi.com/pengertian-efektif/).
Sementara rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah yang nyaman dapat memberikan kenyamanan bagi yang menepati rumah tersebut seperti hadis "Baiti jannati" artinya rumahku adalah surgaku.
Berdasarkan definisi-definisi diatas pola Belajar efektif dari rumah dapat diartikan :
sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat di gunakan untuk melakukan proses perubahan tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.
Dengan demikian peserta didik yang melakukan pola belajar efektif dari rumah dapat membuat rencana kegiatan belajar dengan membuat perencanaan, penjadwalan yang berlangsung terus menerus di dalam rumah. Jawal ini harus di ikuti secara konsisten, disiplin dan terjadwal. Rumah sebagai tempat tinggal dapat dijadikan sarana pembelajaran yang membuat nyaman bagi peserta didik. Penjadwalan kegiatan dapat di buat sebagai patokan untuk melakun kegiatan belajar misalnya dengan membuat jadwal dari mulai bangun tidur sampai ke tidur lagi. Contoh dengan membuat matrik kegiatan sebagai berikut:
Contoh Vidio Pembelajaran
https://www.youtube.com/watch?v=rLoXIASMKjQ&t=1811s
https://www.youtube.com/watch?v=rLoXIASMKjQ&t=1811s
Prinsip yang harus diperhatikan dalam menciptakan pola pembalajar dari rumah adalah :
1. Kegiatan pembelajaran harus menyenangkan semua. Siswa senang, orng tua senang dan gurunya juga senang.
2. Akses internet lancar, dan guu bisa menggunakan berbagai aplikasi yang sesuai dengan kondisi siswa di rumah. Gunakan teknologi yang ada untuk menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah. Bila adanya hanya WA Group, gunakan WA Group tsb dengan memadukan antara teks, foto dan video.
Om Jay menyarankan :
1. Bapak ibu untuk menulis melejitkan keterampilan menulis buku digital di blog
2. Siswa diajari menulis lewat lewat blog di internet. Sebab siswa dapat belajar menulis secara online melalui blognya masing-masing.
3. Siswa dibiasakan untuk menulis apa yang ingin disampaikannya, dengan begitu bukan hanya lisan saja yang terlatih, tapi juga tulisan.
https://www.youtube.com/watch?v=9uvfiZuh9vs
Sebelum pembajaran on line disudahi diadakan tanya jawab pemateri dengan peserta. Ringkasan tanya jawab sebagai beyikut :
Apabila sistem pembelajaran daring dirasa siswa dan guru kurang nyaman maka mungkin nanti akan terjadi pembelajaran blended learning, ada tatap muka di kelas dan ada tatap muka di dunia maya, oleh karena itu guru harus belajar sepanjang hayat supaya tdk tergantikan oleh teknologi modern.
Untuk keberhasilan pembelajaran daring yang efektif kepada siswa yang terkendala tidak memiliki HP atau jaringan yang lemot bgm solusinya?
solusinya gunakan teknologi yg ada. kalau yg ada kertas atau buku, maka gunakan itu, sebab mau tdk mau, suka atau tdk suka, siswa dan guru akan dipaksa menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan SDM unggul.
Kalau ada siswa yang belum.kerjakan tugas, jangan dipaksa, biarkan mereka mengerjakan tugasnya dengan sukarela. Kita cukup mengingatkan saja bila ada murid atau siswa yg belum mengumpulkan tugasnya, ortu harus diberitahu karena kerjasama guru dan ortu sangat penting dalam pembelajaran yang efektif dari rumah.
Menciptakan belajar efektif dari rumah harus direncanakan dan terjadwal. Bagaimanapun efektif belajar harus membiasakan diri untuk konsisten disiplin dalam mengikuti jadwal yang sudah dibuat. Peserta didik yang terbiasa menggunakan penjadwalan belajar di rumah akan mengalami perubahan tingkah laku yang sangat signifikan. Sementara peserta didik yang tidak menggunakan perencanaan dalam pembelajaran bahkan tidak pernah mau belajar akan memperoleh penilaian yang tidak maksimal. Oleh sebab itu menciptakan belajar efektif dari rumah harus di bimbing oleh orang tua atau guru, sehingga peserta didik terbiasa dan konsisten dengan jadwal yang dibuatnya sendiri.
Mengingat siswa belum bisa mengikuti pembelajaran sesuai jadwal secara konsisten banyak dari para wali siswa mngeluhkan untuk pmbelajaran dr rumah siswa tidak menurut kata orang tua sehingga tugas-tuga tidak dapat terselesaikan dengan cepat.akhirnya pembajaran ini di rasa tidak efektif.
Maka tindakan kita sebagai guru harus melakukan evaluasi dan refleksi diri, mungkin ada yg kurang tepat disampaikan kpd murid. Kolaborasi guru sangat penting dalam memecahkan masalah ini, oleh karena itu komunikasi degan teman sejawat sangat diperlukan dalam menciptkan pola pembelajaran yang efektif dari rumah. Pembelajaran jarak jauh harus membuat murid dekat dengan gurunya, bukan justru menjauhkan murid dengan guru. Perlu ada komunikasi dengan orang tua murid yang terus menerus.
setiap penjadwalan disesuaikan dengan kesepakatan guru di sekolah tsb dengan memeprhatikan gaya belajar siswa.
Kesimpulan materi hari ini adalah dalam menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah, guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi siswa di rumah dan disesuaikan dengan kondisi guru di rumah. Artinya, komunikasi guru dan siswa dari rumah masing-masing harus membuat mereka saling berinteraksi dan berdiskusi sehingga pembelajarn menjadi menyenangkan dan bermakna. Semua itu bisa dilakukan bila kegiatan Pembelajaran jarak jauh dibuat secara terjadwal. Kegiatan harus membuat siswa menjadi mandiri dan menemukan kemerdekaan belajar yang menyenangkan
Pola Pembelajaran Efektif di Rumah Bisa Terlaksana dengan Apabila 4 Usur Terpenuhi dengan Baik yaitu:
1. Guru
2. Siswa
3. Orang tua
4. Jaringan internet yang bagus
Guru harus pandai merencanakan, melaksanakan, dan mengevalusi pelaksanaanya dengan kerjama dengan siwa dan orang tua yang saling kumunikasi dan tersedianya jaringan internet yang bagus.
Maka yang terjadi murid senang belajar di rumah orang tua senang anaknya bisa belajar dan mengirim tugas-tuhasnya, sekaligus guru senang pembelajarannya berjalan dengan baik dan lancar.
Pola Pembelajaran Efektif di Rumah Bisa Terlaksana dengan Apabila 4 Usur Terpenuhi dengan Baik yaitu:
1. Guru
2. Siswa
3. Orang tua
4. Jaringan internet yang bagus
Guru harus pandai merencanakan, melaksanakan, dan mengevalusi pelaksanaanya dengan kerjama dengan siwa dan orang tua yang saling kumunikasi dan tersedianya jaringan internet yang bagus.
Maka yang terjadi murid senang belajar di rumah orang tua senang anaknya bisa belajar dan mengirim tugas-tuhasnya, sekaligus guru senang pembelajarannya berjalan dengan baik dan lancar.
mantul resumenya, https://wijayalabs.wordpress.com/2020/05/18/menciptakan-pola-belajar-yang-efektif-dari-rumah-bersama-omjay/
BalasHapusMakasih om Jay mhn terus bimbingannya. Om Jay mentor memang Luar biasa
Hapussemangat terus pak untuk menulis. semoga bisa menerbitkan buku yang ketiganya
BalasHapusAamiin. Sy yakinpak Heri juga bisa terbitkan buku
HapusKaya referensi pak inin.. menginspirasi gaya tulisnya, siippp
BalasHapusMakasih Bu semangat
HapusMantul, komplit nian Pak
BalasHapusMatur swn mari smgt menulis terus untuk.berbagi
HapusTambah bagus pak tulisannya,,syukaaaa 😊
BalasHapus