Dapatkan Jutaan Rupiah dari Rumah dari Seorang Bloger menjadi Yutubber Bersama Paman Apiq

Dapatkan Jutaan Rupiah dari Rumah dari Seorang Bloger menjadi Yutubber Bersama Paman Apiq



Oleh : Mukminin

Kamis, 21 Mei 2020

Menjadi YouTuber saat ini dikenal sebagai salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Bagaimana tidak, para konten kreator yang berhasil meraup perhatian netizen, mampu menghasilkan uang yang tidak sedikit dari video-video yang mereka produksi dan kemudian diunggah di kanal Youtube.

Belum lama ini socialblade.com mengeluarkan nama-nama 10 Youtuber  Indonesia yang memiliki jutaan pengikut dengan potensi pundi-pundi jutaan dolar . Lantas siapa saja mereka, berikut adalah paparannya.


1. MiawAug
MiawAug adalah salah
satu pemilih channel gaming Youtube yang selalu punya hal untuk disimak dan menyita perhatian dari para gamers. Dengan 10 juta subscribers dia diproyeksikan bisa mendapat US$37, 2 ribu atau setara Rp 558 juta sebulan (dengan kurs Rp 15.000/dolar AS).

2. Zuni dan Family merupakan channel Youtube yang sering menampilkan percakapan dalam bahasa asing. Termasuk lagu-lagu anak-anak. Hinggai kini Zuni and Family telah diikuti oleh 7,8 juta subscriber dengan estimasi pendapatan hingga US$50,2 ribu atau sekitar Rp 746 juta sebulan.

3. Frost Diamond
Frost Diamond tidak sembarangan dalam memilih konten. Youtuber dengan nama lengkap Widyantara ini memiliki 9,83 juta subscribers lebih diproyeksikan mampu mengantungi US$41,9 ribu atau setara Rp 628 juta sebulan

4. Jess No Limit
Atlet e-Sport Jess No Limit (CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan)Foto: Atlet e-Sport Jess No Limit (CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan)
Jess No Limit diikuti 14,4 juta subscribers dengan ramalan penghasilan US$37,600 atau setara Rp564 juta sebulan

5. Yudist Ardhana
Dengan 8,2 juta subscribers, Yudist bisa meraup pendapatan US$31,3 ribu atau setara Rp 469 juta sebulan

6. Deddy Corbuzier
 Deddy Corbuzier (Hanif/detikHOT)Foto: Deddy Corbuzier (Hanif/detikHOT)
berbekal 9,31 juta subscribers diperkirakan mendapat pemasukan US$29,1ribu atau sekitar Rp 436,5 juta sebulan

7. Baim Paula
Baca: Geser Atta Halilintar, Baim Wong Kini Youtuber Terkaya RI?
Baim Wong (tangkapan layar instagram @baimwong)Foto: Baim Wong (tangkapan layar).
Lewat Youtube-nya 'Baim Paula' berhasil ditonton oleh (minimal) sebanyak 1 juta orang dalam 1 video. Bahkan di video no lainnya, ia mampu mendapatkan viewers (penonton) sebanyak 2-4 juta lebih.
Lewat 13,1 juta subscribers diramalkan mampu mendapatkan US$ 74.600 atau Rp 1,2 miliar sebulan

8. Gen Halilintar
Gen Halilintar punya 15,8 juta subscribers dan diproyeksikan mampu mengantungi US$29,9 ribu atau setara Rp 448,5 juta sebulan

9.  Raffi Ahmad memiliki channel Rans Entertainment dan memiliki 15,2 juta subscribers dengan potensi pendapatan $49,6 ribu atau setara Rp 744 juta sebulan.
Ini

10. Atta Halilintar
AttaHalilintar(Screensot @attahalilintar)Foto: 
Atta Halilintar dengan 23 juta subscribers atau yang terbanyak di Indonesia. Diperkirakan dia meraih penghasilan US$34,2 ribu atau setara Rp 513 juta sebulan

6 Cara Menjadi YouTuber bagi Pemula dan Mendaftarkan Google Adsense

Cara menjadi  YouTuber bagi pemula cukup mudah, namun harus dilakukan sesuai langkah. Memutuskan berkarier sebagai Content Creator di YouTuber tentunya harus disertai dengan ketetapan hati dan persiapan yang matang. Apalagi, jika kamu ingin menjadikannya sebagai pekerjaan utama.


Banyak orang yang menganggap pekerjaan menjadi seorang YouTuber hanyalah sebatas merekam video, mengedit, mengunggahnya, dan menerima pembayaran. Namun, ternyata pekerjaan ini tidak sesederhana dan semudah itu.

Youtuber sendiri merupakan istilah bagi seseorang yang membuat konten kreatif di channel YouTube secara konsisten. Sebelumnya, YouTube dianggap hanya dijadikan sebagai hobi atau sambilan, tetapi sekarang ini Youtube sudah menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan.


Tentang cara menjadi Youtuber:

1. Membuat akun terlebih dahulu. Sebelum membuat channel Youtube, kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Caranya dengan membuka situs Gmail dan ikuti panduan langkah-langkah mendaftarnya.

2. Selanjutnya, barulah kamu bisa membuat channel YouTube. Kamu bisa menggunakan nama pribadi atau nama yang mewakili isi dari konten-konten sebagai nama channel Youtube kamu. Setelah itu, barulah kamu bisa mengunggah konten Youtube.

2. Tentukan Tema Konten
Tentukan tema konten atau isi channel YouTube kamu. Ada berbagai macam konten yang bisa kamu jadikan pilihan. Mulai dari konten game, makanan, traveling, fashion, konten memasak, dan lain-lain.

3. Mengisi channel YouTube kamu dengan konten-konten yang menarik akan membuat orang sering menunjungi video yang kamu unggah. Hal ini tentunya akan membuat channel kamu semakin dikenal banyak orang. Buatlah konten yang kamu suka agar membuat video menjadi lebih mudah dan menyenangkan

4. Persiapkan Peralatan untuk Membuat Konten dan Share Konten Lewat Media Sosial. Untuk menghasilkan konten atau video yang berkualitas diperlukan ponsel atau komputer maupun kamera, kamu perlu alat penunjang lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan tema channel YouTube.

5. Share Konten Lewat Media Sosial. Sebagai Youtuber pemula, konten yang kamu buat tentunya tidak akan langsung ditonton oleh banyak orang. Untuk mendatangkan penonton, kamu bisa memanfaatkan berbagai media sosial yang kamu miliki untuk memporomosikannya.
membagikan video yang sudah diupload ke jejaring media sosial, seperti Facebook, Twitter,  Instagram kamu.

6. Merespons berbagai komentar dari subscriber. Kamu bisa membalas ke wa, komentar ataupun menyukai komentar tersebut.

Respons yang diberikan merupakan bentuk komunikasi tidak langsung antara YouTuber dengan penonton. Dengan membangun komunikasi seperti ini, channel YouTube kamu bisa lebih disukai, jumlah subscriber pun akan bertambah dengan sendirinya.

Selain itu, kamu juga bisa menambah jumlah subscriber dengan mengadakan giveaway untuk subscriber-mu. Tidak hanya untuk menambah minat orang untuk berkunjung ke channel YouTube kamu, hal ini juga sebagai apresiasi pada penonton yang telah setia menonton karyamu.

Mengunggah Konten Secara Konsisten

Cara menjadi YouTuber selanjutnya adalah dengan mengunggah konten secara konsisten. Konsistensi dalam membuat dan mengunggah video itu sangat penting. Semakin sering membuat video, maka semakin sering pula akun YouTube kamu muncul di beranda laman ini. Apalagi bagi orang yang sudah pernah menonton video yang diunggah sebelumnya.

Meski konten yang dibuat kurang menarik perhatian, akan ada saja orang yang penasaran dan mengklik video yang kamu buat. Dengan konsistensi, jumlah pengunjung pun akan bertambah dengan sendirinya, karena mereka mengapresiasi usaha kamu dalam membuat video.

Cara Mendaftarkan Google Adsense
Ilustrasi Internet ( Images)

1.Masuk pada Pengaturan Video Manager YouTube

Setelah mengetahui cara menjadi YouTuber, tentunya kamu juga perlu mengenali cara mendaftarkan Google Adsense agar memiliki penghasilan dari pekerjaan ini.

Jika telah memiliki akun Google dan channel YouTube, kamu bisa mendaftar Google Adsense. Langkah yang harus dilakukan adalah pengaturan video manager yang ada pada akunmu. Akan muncul pada gambar bagian pojok kanan atas pada gambar profil, lalu cari dan klik ‘Creator Studio’. Akan muncul tampilan ‘Buat Saluran’.

2.Upload Video

Selanjutnya jangan lupa untuk upload video di akun YouTube kamu minimal tiga hingga lima video. Video harus asli buatan sendiri dan buatlah konten yang menarik agar banyak yang suka dan subscribe. Perhatikan juga pada saat mengunggah video, pilihlah judul video dan deskripsi video serta tags yang sesuai dengan video yang kamu unggah.

3.Aktifkan Monetasi YouTube

Pilih menu ‘Creator Studio’, kemudian masuk ke menu ‘Saluran - Status dan Fitur’. Terdapat kolom ‘Monetisasi’ kemudian pilih ‘Aktifkan’. Kemudian beri tanda checklist pada semua kolom kotak yang tersedia, lalu klik ‘Saya Setuju’.

3. Beri tanda checklist pada kolom kotak dan klik ‘Monetisasi’. Kamu hampir selesai membuat akun Adsense dan video yang dikirim sedang dalam tahap peninjauan oleh pihak Google Adsense.

4..Kaitkan Adsense YouTube

Klik ‘Monetisasi’, kemudian klik ‘Bagaimana Saya akan Dibayar’ dan klik ‘Mengaitkan Akun Adsense’. Selanjutnya kamu bisa klik pilihan ‘Berikutnya’. Kemudian isi data, jangan sampai asal isi data saat mendaftar Adsense di Youtube. Kemudian pilih ‘Kirim Permohonan Saya’.

5. Pasang Unit Iklan di YouTube

Kamu akan menerima e-mail mengenai status pengajuan kurang lebih dalam waktu seminggu. Nantinya, jika pengajuan permohonan Adsense diterima, kamu akan mendapat surat pemberitahuan yang dikirim ke alamat e-mail.

6. Nikmati Penawaran Terbaik dari Google

Dengan membaca ulasan yang diberikan, kamu akan semakin bersemangat mencari penghasilan dari Google. Mendapatkan penghasilan dari Google bukan sesuatu hal yang mustahil. Asal kamu melakukannya dengan tekun dan konsisten, kamu akan dapat menikmati keuntungannya.

Selanjutnya YouTube memberikan syarat sebelum Anda benar-benar bisa melakukan monetisasi, yaitu akun sudah terverifikasi, mempunyai 1000 subscriber, tidak melakukan spamming, dan yang paling berat adalah sudah mendapatkan 4000 jam tayang selama 12 bulan terakhir.

Siang ini kita mendapat pencerahan dari Nara sumber yang luar biasa seorang pakar yutubber yang mendunia. Dari yutube yang ia buat dikunjungi ribuan bahkan ratusan ribu pengunjung. Dari karya yutube beliau menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya.

Bilau seaorang yang sangat kreatif, mati kita ikuti perkuliahan dengan beliau

Paman Apiq  memulai jadi blogger dengan  wordpress gratisan sejak 2008 dengsn alamat APIQQUANTUM.COM

Lalu 2012 Paman Apiq semakin aktif sebagi youtuber dengan beberapa canel
1. youtube.com/pamanapiq
2. youtube.com/edujiwa.
Semua membahas tentang pendidikan dan khususnya matematika kreatif👍🏼 dengan metode APIQ.
 https://socialblade.com/youtube/user/pamanapiq

Memang jadi youtuber lebih menggoda karena penghasilan dolar otomatis masuk rekening.
Taksiran penghasilan 1 canel beliau  di atas sekitar 100 sd 2000 dolar per bulan.
Berbagi ilmu matematika sambil dapat bonus dolar😅

Tips jadi blogger dan youtuber :

1. Gunakan program gratis. Misalnya saya pakai wordpress dan youtube
2. Kembangkan konten sesuai minat dan keahlian kita. Misalnya saya guru dan penulis matematika.
3. Pelajari statistik u improvement. Baik wordpress atau youtube menyediakan statistik yg berlimpah. Maka konten bisa terus mengalir.👍🏼

Barangkali itu pengantar dari saya. Berikut ini saya infokan lebih lengkapnya.
 Tentang  paman Apiw

AGUS NGGERMANTO : Kenalkan Belajar Matematika Yang Asyik & Kreatif Melalui Paman APiQ.

Di balik sosoknya yang rendah hati, lulusan Teknik Elektro ITB ini memiliki kemampuan matematika yang ingin ia bagikan ke semua orang. Ia membuka kursus matematika bernama APiQ (Aritmatika Plus Inteligensi Quantum). Ia kemudian memilih kanal Youtube untuk menyebarkan virus cinta matematika. Dan sejak membuka Youtube Channelnya di tahun 2008, jutaan penonton telah menikmati pelajaran matematika yang mudah dan menyenangkan.

Agus Nggermanto, kini akrab dipanggil Paman APiQ oleh siswa-siwa yang belajar matematika dengan metode APiQ. Sebelum muncul karakter Paman APiQ, para siswa itu memanggilnya dengan istilah beragam, Pak Agus, Mas Agus, Kak Agus, Om Agus, Pak Angger, Mas Angger, dan lain-lain. Karakter Paman APiQ muncul seirama dengan hadirnya 3 karakter anak kandung matematika, yaitu Al, Geo, dan Meti. Masing-masing karakter anak lucu ini mewakili cabang matematika Aljabar, Geometri, dan Aritmetika.

Istilah APiQ sendiri ia munculkan sekitar tahun 2000-an, tetapi konsepnya sudah sejak tahun 1990-an ketika Agus masih SMA di Tulungagung dan dilanjutkan kuliah di ITB. Konsep dasar APiQ adalah menampilkan matematika dengan cara yang mudah masuk akal bagi anak. Dengan begitu, anak-anak menjadi memahami konsep matematika dan menjadikan anak-anak lebih berprestasi. Metode APiQ sejak awal sudah dapat diaplikasikan dengan memberikan hasil anak-anak yang lebih senang belajar matematika dan berprestasi. Hanya saja struktur yang rapi mulai disusun di tahun 2000-an dan menjadi lebih sistemis lagi tahun 2008. Sampai sekarang APiQ masih terus melakukan inovasi-inovasi tiada henti untuk membantu pura-putri Tanah Air untuk lebih mudah belajar matematika.
,...................



Agus Nggermanto kenalkan Belajar Matematika yang Asyik dan Kreatif berikut ini :

http://bestyoungindonesia.blogspot.com/2016/08/agus-nggermanto-kenalkan-belajar.html?m=1

https://pamanapiq.com/youtuber/

https://gaya.tempo.co/read/1305689/paman-apiq-tempat-belajar-matematika-asyik

https://www.youtube.com/watch?v=wKrlJm3sRM0&list=PLcz6MrU25lf27UPkSVKpt4KiK1M_K1-sI

https://youtu.be/wKrlJm3sRM0

https://www.youtube.com/playlist?list=PLcz6MrU25lf3Ct4wU1U4pgnC_tJrzc-ta

Paman Apiq menambah dengan beberapa contoh pengalaman pribadinya sebagai youtuber :

Cara meningkatkan kualitas video :
1. Dengan editing. Banyak youtuber pemula mengira bahwa edit video adalah hal paling penting. Sebenarnya tidak. Kita hanya perlu mengedit video sampai cukup bagus. Tidak perlu maksimal. Cukup optimal.

Dulu saya edit video pakai camtasia, di komputer. Lalu lebih mudah pakai inshoot di hp. Bahkan lebih praktis hanya pakai mobizen editor saja. Hanya memotong dan menggabungkan video saja.

 Caranya, setelah buat video dengan mobizen lalu buka video dengan mobizen. Ada pilihan edit – gambar mirip pena. Klik maka kita dengan mudah bisa editing.

Makin mahir seorang youtuber maka ia akan efisien dalam editing. Bahkan saya sendiri berusaha untuk menghindari edit video. Caranya?

Tingkatkan kualitas video dengan persiapan lebih matang. Dengan rapinya semua bahan maka kita bisa langsung bikin video lalu tanpa edit sudah bisa kita upload ke youtube. Video ini sudah bagus dan optimal.

2. Matangkan persiapan.

Persiapan saya yang paling penting adalah desain power point. Bila perlu lengkapi dengan transisi dan animasi ppt. Lalu buka dengan polaris. Rekam dengan mobizen. Upload ke youtube. Sukses!

3. Meningkatkan kualitas konten video lebih penting dari editing video.

Caranya coba perhatikan komen dan respon dari video Anda yang paling berhasil. Lalu buat video lagi yang lebih baik dari itu.

Saya mengamati untuk konten matematika para penonton lebih suka cara-cara yang mudah – bukan cara yang hebat dan sulit. Maka saya buat video dengan konten matematika cara mudah. Sukses.

Penonton ingin berkomentar tapi bingung. Maka bagian akhir dari video saya isi dengan pertanyaan ringan yang berhubungan dengan materi. Maka penonton terpancing menjawab soal mudah itu sekaligus menulis komen.

Cara murah dan efisien memproduksi video adalah:

✓ Siapkan desain ppt, buka dengan polaris,
✓ Rekam dengan mobizen. Itu cara saya. Anda mungkin perlu cara yang berbeda. Maka temukan.
✓ Untuk memproduksi satu video durasi 5 menit maka saya perlu persiapan di ppt atau polaris 15 menit, lalu merekam 5 menit, dan upload ke youtube 5 menit juga. Dalam satu hari saya biasanya memproduksi 3 – 5 video untuk youtube.
✓ Irama produksi video menjadikan youtuber bahagia. Keuntungan jadi youtuber adalah kita bisa berkarya sekaligus bahagia. Bila Anda jadi youtuber lalu stress karena kejar tayang itu rugi besar. Jadilah youtuber sekaligus bersenang-senang. Rahasianya temukan irama produksi video khas Anda sendiri.

Irama produksi menunjukkan keragaman dalam memproduksi video di saat yang sama konsisten juga. Misalnya saya rata-rata memproduksi video 3 – 5 judul tiap hari. Bila hari libur saya kadang libur kadang produksi, suka-suka saja. Bila sedang sibuk dengan suatu kerjaan lain maka saya cukup produksi 1 video saja atau tidak sama sekali di hari itu. Semua itu pilihan bagi saya. Bisa saya kerjakan bisa saya tinggalkan. Pilih yang paling nyaman. Itulah youtuber. Sukses dan bahagia.

✓ Dalami analytic sedalam samudra Atlantic. Analytic dan trending memberi ide kepada kita tanpa akhir. Apa saja video paling diminati penonton Anda? Apa saja respon mereka? Apa video paling trending kali ini? Dari mana penonton sampai ke video Anda? Apa yang paling dicari oleh penonton?

Analytic memberi data yang lebih dari cukup – meski tidak lengkap. Manfaatkan analytic untuk kemajuan canel Anda. Kembangkan kreativitas tanpa batas.

✓ Video baru lebih sukses video lama terpercaya. Dari analytic maka kita bisa membuat video baru yang lebih sukses. Video yang lama masih terpercaya ditonton ulang banyak orang. Keunggulan youtube adalah video yang sudah 10 tahun masih bisa ditonton ribuan orang. Apakah media lain bisa begitu?

Dari analytic penonton saya suka dengan matematika yang mudah maka saya buatkan video cara mudah perkalian yang sukses ditonton lebih dari 3 juta view.


Penonton saya berminat dengan tema jarimatika. Maka saya buatkan video Super Jarimatika yang sudah ditonton 1,7 juta view.


Tahun 2019 adalah tahun pemilu. Banyak orang perlu tahu bagaimana cara quick count. Maka saya buatkan video tentang quick count yang sudah ditonton jutaan kali hanya dalam 2 hari dan sempat masuk trending youtube.


✓Mengapa jadi youtuber? untuk memberi dampak positif. Kecil atau besar yang penting berdampak positif. Saat kita fokus memberi dampak positif maka wajar saja bila diri kita terdampak positif juga.

✓ Ayo jadi youtuber positif. Raih sukses dan bahagia bersama-sama.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023