Kisah Inspiratif di Usia Senja Produkti Menerbitkan Lebih 40 Buku Bersama Dra. Sri Sugiastuti, MPd.

Kisah Inspiratif di Usia  Senja Produkti Menerbitkan Lebih 40 Buku
 Bersama Dra. Sri Sugiastuti, MPd.



Oleh : Mukminin


Tiada kata terlambat untuk memperbaiki diri. Itulah kata-kata bijak yang sering kita dengar dan ucapakan. Hal itu tidak hanya cukup diucapkan tapi harus segera action , segera lakukan dalam segala   hal kebaikan. Seperti yang disampaikan oleh seorang guru yang sangat inspiratif dalam usia mendekati usia 50 tahun telah produktif berkarya dengan menulis dan menerbitkan lebih 40 buku. Marilah kita ikuti kuliah on line bersama beliau dalam pembelajaran menulis PB PGRI dalam asuhan Bapak Wijaya Kusumah atau terkenal dengan sapaan Om Jay.

Profil
• Terlahir dengan nama Sri Sugiastuti,  8 April 1961.
• sejak usia 1 tahun hingga lulus SMA tahun 1980 tinggal di Jakarta.
• Kuliah di UNS setelah lulus mengajar di Jakarta hingga tahun 1990.
• Hijrah ke Solo sejak tahun 1990 hingga saat ini.
• Kuliah S2 jurusan Pengkajian Bahasa Inggris UNS.
• Tahun 2010 terbit  2 buku , Buku “SPM Ujian Nasional Bahasa Inggris untuk SMK” penerbit Erlangga, dan buku antologi “ Diary Ketika Buah Hati Sakit”. Naskahnya sebagai pemenang ke 3.
•  Buku kroyokan lainnya bersama Kompasianer tahun 2014 “25 Kompasianers Merawat Indonesia” dalam rangka hari Kartini.
• Buku-buku yang terbit yang lainnya:
“ Indonesia Satu “. Beberapa buku antologi Muara Kasih Ibu, Move on, Go to 2020, dan Move on,  Parenting berjudul “Seni Mendidik Anak Sesuai Tuntunan Islami”, Novel Hidayah “ Kugelar Sajadah Cinta” dan “Deburan Ombak Waktu”  Tahun 2015 Buku “SPM Ujian Nasional Bahasa Inggris untuk SMK edisi baru, penerbit Erlangga. Tahun 2016 buku “ The Stories Cakes For Beloved Moms’ penerbit Indie Oksana dan tahun 2017 buku “ The Stories of wonder Women’ Penerbit Mediaguru. Tipuan Asmara (Novel), Wow Engish is So Easy Kids, Perempuan Terbungkas, (Novel) Catatan Religi Bu Kanjeng(Motivasi), Merawat Harapan (Parenting), The Power of Mother’s Prayer (Parenting) Masuk Surga Karena Anak (Parenting)
Kesehariannya ia mengajar, pegiat Literasi, •pengurus TPQ di masjid Al Fath, Blogger, •Komunitas berbagai kepenulisan baik online maupun offline, salah satunya aktif di blog Gurusiana dan Komunitas sejuta guru ngeblog. Pegiat Literasi Nusantara  dan Duta Bunda Baca Soloraya.
• Penulis bisa dihubungi di astutianamudjono@gmail.com , www.srisugiastutipln.com Akun FB Astutiana. M,@Astutiana.M. IG. Astutianamudjono. Atau WA 089692593804.

Luar biasa malam ini seorang ibu yang bernama Sri Sugiastusti berbagi pengalaman yang menginspiratif kepada peserta kuliah on line  bahwa di usia 50 tajlhin beliau berproses menjadi penulis yang handal denagan prinsip "Bate Late Than Never "
dan selalau berusaha untuk belajar, akhirnya ketagihan menulis buku dengan upgread diri sehingga bjadi.penulis handal.

Diceritkan.bahwa pada  tahun 2007 jeda 25 tahun   bisa kuliah S 2 saat itu harus berkenalan dengan internet, medsos, ke perpustakaan dan toko buku,  beliau menemukan sebuah buku "Menulis itu Gampang" karya Kang Esok. Dari buku itulah termotivasi harus bisa menulis.

Pada tahun 2009 beliau saat ikut rapat MGMP bahasa Inggris  ada temannya yang mengajak  menulis buku ajar penerbit Erlangga akhirnya sukses buku seri pendalaman buku SMK lebih kurang 6 bulan revisi.


Pada tahun 2010 buku tersebut terbit dengan 2 penulis 1 penasehat Ibu Ely Sofa dari penerbit. Dari buku itulah beliau merasakan keuntungan dan kepuasan, buku tingkat nasional untuk SMK kelas 3. Ibu Sri  menikmati royalti persemester uang mengalir ke rekeningnya.

Nama pena yang digunakan adalah  astutianamujiono sesuai dengan bolgnya di Kompasiana. Bu Sri sebagai penulis pemula menulis saja apa yang ada dipikirannya dengan menghasilkan 410 halaman, tulisan ini  mengisahkan ibunya waktu remaja sampai bertemu ayahnya dan ceritanya Bu Sri samapai usia 50 tahun.

Beliau menulis 25 buku antologi dengan teman-teman literasi di blog. Dengan belajar  dari teman-teman akhirnya menemukan ciri kepenulisannya  sendiri.

Dalam proses penerbitan 3 buku Solonya 2013 waktu bertemu Om Jay. Salah satu bukunya berjudul Parenting "Ku Gelar  Sajadah menceritakan kisah ibunya waktu remaja sampai kehidupan Bu Sri usia 50 tahun, menyelesaikan S 2, dan kisah haji 2006. Buku ini sebagai biografi mini dan dijadikan sebagai buku pedoman jika beliau menerbitkan buku lagi tinggal mengambil dari sini lalu beliau kembangkan.

Buku berikutnya Parenting Seni Mendidik Anak yang bersifat islami  diterbitkan penerbit Semi Mayor denagn tanpa biaya. Beliau diberi 100 eksemplar buku dengan diakon 40 % terjual habis dan dapat royalti dari penerbit 2017.

Beliau sangat getol belajar menulis dengan  mendatangkan tutor sendiri, mengikuti pelatihan daring dan luring dengan manfaatkan silaturokhim dengan berbagai profesi penulis. Beliau berpedoman  Pepatah yang mengatakan bahwa kalau Anda ingin jadi penulis bergaulah dengan penulis, kalua Anda ingin wangi bertemanlah dengan penjual minyak wangi.

Seiring berjalannya waktu  beliau naik kelas diajak mengisi berbagai acara bedah buku. Ada 1 buku yang beliau cetak di percetakan Indie lebih 1000 eksemplar dengan judul The Stories  of Wonder Woman kisah motivasi perempuan  tangguh mencapai ridho Ilahi. Buku ini saya tulis 8 bulan dari buku True Story bentuknya Faksi yaitu Fakta tapi Fiksi. Tujuannya untuk memotivasi perempuan agar semangat, sabar, syukur, ikhlas menghadapi berbagai cobaan tidak putus asa.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bukunya pernah masuk nominasi nasional 2018 dalam kegiatan Gerakan Guru Menulis Buku ada donasi penggerak dari anak-anak muda judul buku "Perempuan Terpungkas" 
yang mengisahkan perempuan tahun 70-an di Solo yang kehidupannya disia-siakan orang tuanya, dan berjuang mencapai happy ending. Buku lainnya buku parenting masuk nominasi 10 besar berjudul "Merawat Harapan" yang isinya bagaimana merawat anak dari usia dini samapai dewasa. Walaupun tidak dapat juara buku itu sebagai jejak beliau dan sebagai pengukir sejarah.

Dalam video singkat ada buku beliau Woow English is So  Eas Kids,  buku ini luar biasa untuk mereka yang ingin belajar bahasa Inggris pemula SD, atau bapak ibu pemerhati pendidikan  tebalnya 488 halaman, 70.unit.

Ada buku dari Bu Sri sebuah novel tipis dengan judul Tipuan Asmara buku ini banyak dialog dan  terinspirasi dari kejadian di FB kejahatan yang berkedok di mensos  untuk menipu. Motivasi beliau agar pengguna Mensos seperti FB tidak mudah tertipu berbagai hal. Di contohkan beliau ada yang ngaku janda kaya kesepian untuk mencari mangsa untuk di tipu markasnya di Malaysia. Setelah intim ujung-ujungnya kita diperas uang atau disuruh jual narkoba.

Tentang buku antologi banyak komunitas yang Bu Sri ikuti sebagai asupan gizi,  termasuk grup Om Jay, grup orang-orang hebat yang bergerak di literasi seperti Sahabat Pena Kita, Penggiat Literasi Nusantara, Asosiasi Guru Menulis dan Ibu-ibu Doyan Nulis, jadi ada 20-25 grup beliau ambil hikmahnya.

Dalam kumunitas ini beliau 2 -3 bulan bisa terbitkan antologi, kemudian ini baru proses ke dapur penerbitan setelah belajar menulis bersama Om Jay ada 37 sub judul yang yang berhubungan dengan corona, insya Alloh Juli sudah terbit.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023