Menulis di Blog Bersama Raimundus Brian Prasetya Bisa Terbitkan Buku

Menulis di Blog Bersama  Raimundus Brian  Prasetyawan Bisa Terbitkan Buku



Oleh. : Mukminin, S.Pd.,M.Pd.


Menulis buku adalah perbuatan mulia, dengan membaca tulisan seseorang kita mendapat pencerahan tentang ilmu penetahuan dan pengalaman. Sebaik-baiknya  orang adalah bermanfaat bagi orang lain. Maka tiada kata terlambat untuk berbuat baik.

Keinginan saya untuk menulis buku sudah puluhan tahun. Dengan tujuan berbagi pengalaman. Istri saya sudah lama memotivasi saya untuk segera menulis, termasuk pengalaman perjalanan haji dan meminpin jamah umroh ke tanah suci dan kisah-kisah orang-orang yang kurang mampu bisa berangkat umroh dan haji.

Sebenarnga sudah lama saya corat-coret menulis di buku harian saya sejak usia SMP. Mamasuki usia 55 tahun keingingan menulis buku semakin kuat. Tapi bagaimana cara menulis dan memulainya? Itu pertanyaan yang muncul dalam hati.

 Pepatah mengatakan "Dimana ada kemauan di situ ada jalan". Siapa yang bersungguh-sungguhh pasti berhasil.

Alhamdulilah setelah ikut workshop 2 kali terbitkan buku ini buku pertama 55 Pantun Nasehat dan buku ke-2 Antologi Pusat Belajar Guru Bojonegoro. 

Karena haus ingin belajar menulis yang baik seperti penulis-penulis handal maka saya ikut daftar di kuliah Online gratis yang diadakan  oleh PB PGRI asuhan Bapak Wijaya Kusumah alias Om Jay nama kerennya. Alhamdulilah Om  Jay menerima saya dan dimasukkan  gelombang 8.

Setelah masuk WA Grup Belajar Menulis Gratis PGRI gelombang 8 saya  aktif mengikuti kuliah online termasuk petunjuk Om Jay lewat yutubenya. Youtube Om Jay yang pertama kali saya putar dan  dengarkan tanggal 29 Maret 2020 intinya sebagai berikut:

Assalamualaikum W.W. 
Teman-teman yang saya sayangi dan banggakan selamat Anda bisa masuk di grup belajar menulis gratis yang diadakan PGRI bekerja sama dengan Komunitas guru TIK, KKPI, dan komunitas  sejuta  guru ngeblog dan diadakan 20 kali pertemuan dengan dosen-dosen hebat dan penulis nasional sehingga dapat ilmu dan pengalaman. Kita harus punya blog di internet boleh di blogspot, komapasiana, gurusiana atau WordPress Dengan punya blog teman-teman bisa mendokumenkan tulisan di WA grup. Setelah selesai kuliah online wajib buat resume dan diuplaod ke blog masing-masing. Ikatlah ilmu dengan cara menuliskannya. Agar teman-teman dapat menulis dan menerbitkan buku. Pengalaman gelombang 1 sudah selesai menulis dan terbitkan buku dan dapat sertifikat 40 jam. Dan kita bisa jalan- jalan melihat tulisan tdman-teman di blog atau di wijayalab.com. sampai ketemu di WAG.

Teman-teman yang saya sayangi dan banggakan selamat Anda bisa masuk di grup belajar menulis gratis yang diadakan PGRI bekerja sama dengan Komunitas guru TIK, KKPI, dan komunitas  sejuta  guru ngeblog dan diadakan 20 kali pertemuan dengan dosen-dosen hebat dan penulis nasional sehingga dapat ilmu dan pengalaman. Kita harus punya blog di internet boleh di blogspot, komapasiana, gurusiana atau WordPress Dengan punya blog teman-teman bisa mendokumenkan tulisan di WA grup. Setelah selesai kuliah online wajib buat resume dan diuplaod ke blog masing-masing. Ikatlah ilmu dengan cara menuliskannya. Agar teman-teman dapat menulis dan menerbitkan buku dan dapat sertifikat 40 jam. 

Pembelajaran online Pertama dari Bapak Dedi Dwitagama tema 29 Maret 2020 dengan tema Belajar Ngeblog dan Jadi Yutuber. Dengan memotivasi saya dan peserta segera membuat blog dan menulis di blog. Dengan  kesimpulan blog dan yutube adalah fasilitas luar biasa untuk meninggalkan jejak agar bisa dikenang anak cucu kita dan semesta  raya. Bahwa kita pernah hidup dan meninggalkan jejak kebaikan. Materi yang kita uploud walau sampah buat kita bisa bermanfaat buat orang lain dan jika dilakukan berulang, maka menjadi sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama. Selamat mengisi hidup dengan kebaikan karena kebaikan berbalas kebaikan.

Om  Jay guru bloger ternama, yutubber ternama, bapak Sejuta  guru blogger Indonesia berhati mulai. Ilmunya dicurahkan semua dengan mendatangkan para bloger ternama, pembicara penulis nasional, para rektor dan dosen ternama, guru berprestasi, Nasioanal yang memberi ilmu menulis di blog dan menerbitkan buku. Sehingga peserta menjadi penulis handal dan terus  berkarya menerbitkan buku di penerbit mayor dan indie.

Para Nara sumber memberikan pengalamanya panjangnya dengan berproses sampai sukses menjadi penulis handal yang menerbitkan buku berkelas, bahkan besarnya uang diterima dari penerbit mayor.

Peserta belajar menulis di WAG PGRI dari gelombang 1 sampai 12 sering diingatkan Om Jay lewat yutub beliau di WAG agar semua resume ditulis di blog dan segera diedit dan lengkap segera kirim ke web Om Jay. wijayalabschool.com  dan terbitkan buku. jadi jangan mengharap sertifikatnya tapi jadilah penulis handal. 

Motivasi Om Jay setiap hari Menulislah setiap hari dengan  hati buktikan apa yang terjadi. Ternyata tulisan Om Jay di blog diterbitkan menjadi banyak buku yang terjual laris manis.

Om Jay dari menulis dapat tambahan keuangan juga hadiah dari PTKnya yang jadi juara nasional. Ia bisa keliling dunia gratis, dapat kesempatan belajar menulis di China dan PTKnya diterbitkan penerbit Mayor. Om Jay dapat royalti  dari buku  untuk membuat rumah. Om Jay sering jadi pembicara penulis nasional. Keren.kan?Kemudian dari tulisan di blognya yang sudah banyak diterbitkan menjadi buku dan dijual laris manis.


Pengalaman pertama setelah mebuat Blog

Saya sangat bangga sekali setelah bisa membuat blog,  karena ini hal baru bagi saya dan guru-guru se-Indonesia. Dengan menggunkan nama kerena masing-masing. Bolg saya menggunakan nama cakinin.blogspot. com. Karane cak ini nama panggilan saya yang keren. Dengan mempunyai blog kita bisa memasukkan tulisan kita yang oertma resume kuliah on line setiap malam pukul 19.00-21.00 yanag sifatnya wajib.

 Yang kedua kita bisa berbagi pengalaman pengetahuan tentang apa saja bahkan termasuk puisi.
Dan lebih semanagat menukis, kata Om Jay menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Ini benar-benar membakar semaagat menulis saya  dan guru-guru. Lebih lanjut terbitkan buku Anda dari dari tulisan di blok.

Dengan memposting tulisan kita setiap hari baik resume atau tulisan pribadi maka kita sudah bisa berbagi kepada pembaca. Untuk itu Om Jay selalu menyarankan sering-seringlah berkunjung ke blog teman agar dapat pengalaman cara nulis cara meresume dari  erbagai orang sehingga kita dapat pelajaran dari sini untuk menemukan brand kita ciri tulisan kita.
Dengan salaing kunjung kita selalau suport teman -teman dengan kata-kata:

"Keren", 
"Mantab", 
"Mantul Resumnya",
"Tambah renyah tulisannya",  "Ayo terbitkan buku", Om Jay.

 Kata-kata ini yang menambah semangat menulis. Apalagi ketika tulisan saya dapat hadiah dengan 3 bloger rusume terbaik dari nara sumber Bapak Dr. Onno Wibowo Purbo dengan tema " Menulis dan Menerbitkan  Buku Digital"  dan dapat hadiah buku dari penerbit Andi Yogja menambah semangat menulis saya. Terima kasih Om Jay dan Penerbit Andi semoga semakain Jaya.

Ketiga dari menulis di blog kita bisa terbitkan buku baik pribadi maupun bersama. Buku pribadi otomatis dari resume atau buku solo sendiri. Alhamdulilah dari saling kunjung blog maka sepakat bersama Om Jay  terbitkan buku antologi :

1. Belajar Efektif di Rumah bersama peserta gelombang 8 dengan Wijaya Kusumah dkk.
2. Antologi Kisah Inspiratif bersama peserta gelombang 8 saya dan Bu Nora Purwalita sebagai koordinatornya.
3. Semangat Menulis Bersama Bu kanjeng, Fatimah,dkk
4. Antologi Puisi New Normal, Mukminin, dkk bersama Bu Kanjeng
5. Antologi kisah Pengalan Menulis di Bolg Bisa Terbitkan Buku, Raimundus Brian, dkk Bersama Bu Kanjeng

Kisah terbitnya buku-buku itu adalah sebagai berikut;

Suatu hari ada postingan di WAG gelombang 8 dari  Cerita Bu Kanjeng yang sungguh luar biasa cara mengungkapkannya dalam menghadapi Pandemi corona. Postingannya berkali-kali dengan cerita yang berbeda. Ternyata Ibu Sri Sugiastui seorang penulis hebat ikut di dalam kuliah Om Jay yang nantinya menjadi salah satu Nara Sumber dalam grup menulis PGRI. Saya dapat tambahan ilmu cara menulis yang baik dari cerita Bu Kanjeng.

Selanjutnya  gelombang 8  untuk  membuat antologi buku dikomandani Om Jaya untuk gabungan menerbitkan buku yang berjudul "Menciptakan Pola Pembelajaran yang Efektif di Rumah" penulis Wijaya Kusumah, Dkk. yang diterbitkan di penerbit Tata Akbar

Om Jay dalam siaran yutubnya mengatakan  bahhwa grup 8 lah yang paling seru komunikasi di wa saling suport dan saling kunjung ke blog. Maka untuk mengikat keakraban dan untuk kenangan grup dengan karena terinspirasi banyak Nara sumber hebat termasuk Catatan Bu Kanjeng karya Ibu Sri Sugiastuti yang luar biasa bagusnya,  maka saya mengusulkan membuat buku Antologi Kisah Inspiratif bersama grup 8 dengan dibantu Bu Nora Purwalita untuk koordinasinya dan diikuti 39 oang dengan Om Jay.

Hasil resume  kuliah on line  Bu Sri Sugiastuti dengan tema Berbagi Pengalaman Menerbitkan Buku,  hari Jumat 5 Juni 2020 saya kirim ke WA grup 8 dan  saya kirim ke wa  Bu Sri Sugiastuti,

https://cakinin.blogspot.com/2020/06/kisah-inspiratif-di-usia-senja-produkti.html

Luar biasa malam ini seorang ibu yang bernama Sri Sugiastuti atau nama keren Bu Kanjeng berbagi pengalaman yang menginspiratif kepada peserta kuliah online  bahwa di usia 50 tahun beliau berproses menjadi penulis yang handal dengan prinsip "Batter Late Than Never " dan sudah menerbitkan lebih 40 buku.

Kami melalui blog sudah saling sapa. Akhirnya saya terinspirasi.
Kemudian di WA pribadi saya ditawari orang  baik,  boleh saya  bimbing kalau ada kesulitan. Saya jawab terima kasih siap. Ternyata beliau menawarkan ke saya untuk patungan menerbitkan buku Semangat Menulis Bersama Bu Kanjeng. Reziki datang mengapa ditolak. Langsung saya jawab sip ikut Bu.

Maka sudah ada 42 peserta yang ikut bergabung menerbitkan buku "Semanagat Menulis Bersama Bu Kanjeng".Dan peserta dapat sertifikat dan 2 buku. Satu buku Antologi semangat menulis bersama Bu Kajeng dan bonus Bu Bu Sri Sugiastuti ," Catatan Corona Bu Kanjeng."

Selanjutnya Bu Kanjeng memberi tawaran saya sebagai kuratornya  untuk menerbitkan  buku bersama "Antologi Puisi New Normal, Mukminin, dkk. Maka saya izin Om Jay disilahkan karena Bu Kanjeng sudah lebih dahulu izin Om Jay.
Saya sangat termotivasi maka saya umumkan di grup WAG sudah ada 20 orang lebih yang daftar dengan biaya 125 k dapat buku antologi puisi new normal dan buku antologi  Lembayung Rindu ( Melawan Corona), Dr.H.Marzuki,M.Pd.dkk serta dapat sertifikat. 
Semanagat untuk menerbitkan buku solo kedua saya yang bertema  Kisah Inspiratif kini mulai termotivasi.

Pada 15 Juni kuliah on line belajar menulis kedatangan nara sumber yang hebat   yaitu Raimundus  Brian Prasetya dengan tema ngeblog. Inti Materi yang disampaikan yang terkesan bagi saya adalah:

1. Pak Brian membangkitkan Semanagat belajar yang luar biasa. Ini  yang beliau katakan,
"Saya ngeblog di blogger.com sejak tahun 2009. Maka sharing saya malam ini seputar ngeblog di blogger.com. dan sedikit kisah menerbitkan buku",

"Saya sendiri masih terus belajar tentang cara menulis yang baik dan menarik. Maka dari itu saya bergabung dengan grup belajar menulis Om  Jay".

2. Beliau suka berbagi walau berawal dari sama-sama peserta. Hatinya  tergerak membantu Bapak Ibu yang mengalami kesulitan dalam membuat dan menggunakan blog. Karena punya pengalaman ngeblog sejak tahun 2009.

3. Bersyukur dapat teman bloger banyak dan mengharap tetap eksis di grup untuk saling sering dalam menulis

4. Mengingatkan kepada  peseta belajar menulis   jangan terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap.

Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima.

Beliau  luruskan, mari kita kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup ini yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja.

5. Memberi teladan dan menginspirasi sebagai guru muda dalam kuliah on line bersma teman-teman telah menerbitkan 4 buku Solonya yaitu: 
1. Blog Untuk Guru Era 4.0
2. kau Literasi Guru Masa Kini
3. Ini Ceri
4.Menerjang Tantangan Menulis  Setiap Hari


2. As 4.
Setelah sepakat terbitakn buku Semanagat menulis bersama Bu Kanjeng. Ada tantangan baru lagi menerbitkan buku antologi kisah atau pengalaman belajar ngeblok bersama  Bapak Raimundus Brian Prasyawan, maka saya ikut. Alhamdulilah diikuti 20 peserta lebih 

Inilah yang menambah greget saya untuk terus menulis dan menerbitkan buku lagi baik buku  solo maupun antologi bersama. Dan saya mulai menginspirasi teman-taman baik di WA ini dan di instansi saya kerja SMP I Kedungpring, serta WAG teman-teman guru MGMP Bahasa Indonesia  SMP negeri atau swasta se-kabupaten Lamongan dan WAG sekolah guru negeri Jombang (SPGN Jombang 1985 , WAG alumni IKIP Negeri Surabaya 1987 dan WAG alumni S2 Bahasa dan Sastra Indonesia 2012 serta anak-anak didik siswa-siswi SMP I Kedungpring tahun pelajaran 2019-2020 dengan berhasil terbitkan buku Goresan Pena ( Dalam Pandemi Covit 19) Antologi Puisi Gurua dan Siswa SMP I Kedungpring. Buku ini karya saya yang ke-3.

•Tulislah apa yang Anda lihat, Anda dengar, Anda baca dan Anda rasakan siapa tahu bermanfaat untuk orang lain ( Cak Inin Mukminin).

• Menulislah dengan hati  untuk berbagi pengalaman siapa tahu sebagai penolongmu di hari akhir (Cak Inin Mukminin).

Semoga Bermanfaat!

Komentar

  1. Luar biasa cak inin..hebat.. Jd greget jg niih pingin nulis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trima kasih mari menulis dan terbitkan buku

      Hapus
  2. Balasan
    1. Trima kasih Bu kanjeng mhn bimbingannya Om Jay dan Bu kanjeng

      Hapus
  3. Super....hebat pak mukmin...sukses selalu

    BalasHapus
  4. Trima kasih smgt Bu Ati mari terbitkan buku

    BalasHapus
  5. menulislah dari hatimu, maka engkau akan bertemu dengan pembaca setiamu

    BalasHapus
  6. Siap om Jay mhn bimbingannya

    BalasHapus
  7. Pengalaman yang luar biasa bersama omjay dan Narasumber super lainnya ..sukses pak 🙏🏻

    BalasHapus
  8. Trima kadih Bu Aidil. Ayo terbitkan buku

    BalasHapus
  9. Sukakk sama pesan wasiat terakhir tentang menulis, sangat bermakna..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ayo menulis dan terbitkan buku siap bantu

      Hapus
  10. Hebat bapak ini... sukses terus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinari menulis dan terbitkan buku siap membantu

      Hapus
  11. Mantap pak resumenya, salam literasi

    BalasHapus
  12. Salam.terima kasih mari terbitkan buku solo/ tunggal kita. Siap bantu ke penerbit

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023