Tiga Manfaat dari Kegiatan Belajar Menulis di Grup Om Jay

Tiga Manfaat dari Kegiatan Belajar Menulis di Grup Om Jay


Oleh : Mukminin

Malam ini saya sedang berduka karena ibunda tercinta Suwati di Jombang meninggal dunia dalam usia 87 tahun. Tahli dimulai habis sholat magrib sampai menjelang Isak. Tamu terus berdatangan Samapai jam 22.00 malam 4 mobil dari Surabaya tamu tetangga mas Mahfud . Disela-sela menjamu tamu saya  sempatkan buka WAG 8 ternyata Bapak Agus Sampurno berhalangan. Ternyata dihandle Om Bambang. Dan ada tugas tantangan menulis. 
Saya ambil satu judul Tiga Manfaat dari Belajar Menulis di Grup PGRI Asuhan Om Jay. Biasanya kalau ada nara sumber berhalangan hadir karena Om Jay sakit tiba-tiba, kami semua dari grup 1 - 12  belajar menulis semua  mendoakan semoga Om Jay segera sembuh. 

Alhamdulilah semangat saya untuk belajar menulis setelah ikut workshop menulis sesi 2 yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan Bojonegoro 29 Februari 2020 dan workshop menulis puisi di TBM Kinanthi Boureno Bojonegoro berhasil terbitkan 2 buku. Satu buku solo saya perdanan berjudul 55 Pantun Nasihat dan Antilogi Pusat Belajar Guru Bojonegoro keduanya diterbitkan penerbit kelompok Majas Bojonegoro.

Secara tidak sengaaja di WAG TBK Khinanti saya baca poster Belajar Menulis PB PGRI asuhan Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd atau dengan nama keren Om Jay. Langsung sore itu karena semangat menulis semakin membuncah saya diberi No.Wa Jay oleh Bu Emi Sudarwati, langsung Om Jay say WA saya Mukminin dari SMP I Kedungpring Lamongan Jatim ingin daftar belajar menulis.Ternyata langsung dijawab oleh Om Jay dengan jawaban bisa bapak silakan. Saya jawab Alhamdulilah terima kasih Bapak. Betapa  bahagianya saya bagai ketiban daru ( keberuntungan besar)  bisa masukkan grup 8. Om Jay ternyata guru hebat sebagai founder pelatihan belajar guru menulis se-Indonesia yang diikuti ribuan guru dan non guru. Pelajaran kuliah on  line grup 8 dimulai bulan Maret sampai hari ini Juni 2020, sudah berjalan hampir 4 bulan. Banyak hal pelajaran dan hikmah  yang saya dapatkan dari belajar menukis bersama Om Jay.

Palajaran pertama, mendapat pelajaran membuat blog diajari Om Jay. Seumur 55 tahun baru kali ini mengerti tentang blog. Om Jay mengatakan dalam mengikuti belajar menulis peserta wajib membuat blog waktu itu membuat blogspot. Mengapa membuat blog tujuannya segera belajar menulis dan membuat resume dari mata sumber setiap malam pukul 19.00-21.00 dan dikirim ke blog. Tujuannya supaya tulisan Anda bisa dibaca orang lain untuk berbagi pengetahuan atau pengalaman.
Saya kebingungan untuk membuat blog, karena saya termasuk guru jadul (jaman lama) tapi semangat 45. Besoknya saya ke sekolah piket untuk mengontrol tugas daring praktek kelas 9 membuat puisi untuk dijadikan Antologi bersama guru. Saya dengam Bapak Falichul Hidayah gurunTI sebagai ketua Labkom SMP I Kedungpring. Alhdulilah saya dibimbing membuat blogspot dengan nama cakinin.blogspot.com. Mengapa menggunakan nama cak inin karena nama panggilan keren saya di rumah Jombang dan sekolah. Betapa bangganya punya blog untuk berbagi. 

Kedua, manfaat dari belajar menulis gelombang 8, setelah punya blog bisa mengirim resume kuliah on line dari Nara sumber hebat atau para pakar yang luar biasa setiap malam. Dan bisa mengirim tulisan sendiri dari tantangan menulis yang di buat Om Jay, setrta biasa menulis dari ide kita yang muncul baik artikel maupun puisi.
Om Jay salalu berpesan karena segudang pengalamannya menulis maka pantas orang yang ramah, lemah lembut, sabar, telaten, sdmangat membara untuk berbagi mu dengan membatangka Nara sumvmber hebat. Baik itu dosen.

Penulis hebat, Rektor hebat, Para guru prestasi Nasional, dan Direktur Penerbit buku. Termasuk Nara sumber Om Jay  ternyata guru luar biasa dari hasil tulisannya yang dikirim ke blog. Dan menggakari guru se-Indonesia ngeblog. Maka deretan prestasinya mendapat gelar Blogger ternama Indonesia, guru sejuta blogger,  guru berprestasi nasional, Dan mentor literasi nasional, pakar IT nadional dan Yutuber handal.
Pesan Om Jay setiap hari  kepada peserta Menulislah setiap hari buktikan apa yang terjadi.  Dan peserta wajib  kirim semua resume dari Nara sumber setiap hari ke blognya sendiri-sendiri lalu kirim ke ema Om Jay, yaitu omjaylabs@gmail.com. 
Dari kuliah on line setiap malam pukul 19.00 -21.00 maendapat iku terbaru yang luar biasa kalau di kuliah jutaan biayanya. Tapi Alhamdulilah dalm lockdown dan work from home karena wabah corona, maka guru-guru melaksanakan pembelajaran daring dari rumah dan guru bisa mendapat tambahan ilmu dari Nara sumber tentang ilmu menulis.

Dari postingan blog say dan teman- teman dari resume Nara sumber Om Jay mengharuskan saling kunjung blog dan memberi saran dan saling menyemangati. Betapa bahagianya ketika tulisan baik resume maupun artikel kita yang dikirim ke blog dan WAG gelombang 8 mendapat komentar dari teman-teman dengan berbagai komen. Ada yang komen: 

"Mantab sekali"
"Mantul resumnya" 
"Alhamdulillah luar biasa" 
"Hebat dapat ilmu baru"
'Semakin renyah resumnya 
Hebat cak inin"

 Betapa berbunganya hati ini ketika banyak.yang memberi komen yang saling mensupot temannya. Akhirnya saling kinjung blog dan saling komen. Saya belum puas kalau belum mendapat komen banyak dari teman-teman gelombang 8. Saya belum puas kalau  Om Jay belum komentar, maka saya punya akal resum yang di blog juga saya kirim ke wa Om Jay. Komentar Om jay kadang  mantab, mantul sudah bangga hati saya karena yang komen Pakar menulis sekaligus bapak bloger sejuta guru. Komen Om Jay yang sangat saya rasakan ketika resum materi nara sumber Bapk Onno tema  ...  blog saya termasuk terpilih  menjadi 3 blogger yang beruntung tulisannya mendapat hadiah buku dari penerbit Andi Yogjakarta. Inillah menjadi spirit bagi saya untuk lebih greng semangat untuk menulis, dan menulis lagi.
Pesan Om Jay setiap hari  kepada peserta Menulislah setiap hari buktikan apa yang terjadi.  Dan peserta wajib  kirim semua resume dari Nara sumber setiap hari ke blognya sendiri-sendiri lalu kirim ke ema Om Jay, yaitu omjaylabs@gmail.com. 
Dari kuliah on line setiap malam pukul 19.00 -21.00 maendapat iku terbaru yang luar biasa kalau di kuliah jutaan biayanya. Tapi Alhamdulilah dalm lockdown dan work from home karena wabah corona, maka guru-guru melaksanakan pembelajaran daring dari rumah dan guru bisa mendapat tmmambahan ilmu dari Nara sumber tentang ilmu :
1. Menulis blog 
2. Ilmu menulis 
3.  Menerbitkan buku di penerbit mayor dan minor 
4. Cara membuat blog banyak pengunjung
4. Tips menjadi penulis handal 
5. Tips menjadi guru Teladan

Dari hasil kunjung itu saya  mendapat ilmu cara membuat resume yang terbaik dari teman-teman. Saya menemukan di gelombang 8 ibu Tere dan ibu Nora yang paling baik cara menulis resume. Saya selalu kunjing blog teman-teman dan saya ikuti kedua ibu ini. Sehingga say menemukan gaya menulis saya sendiri. 

Ketiga, hikmah dari belajar menulis bersama Om Jay adalah mendapat ilmu cara menerbitkan buku yang baik. Dari para pakar Rektor hebat, dosen hebat, penulis hebat, guru prestasi Nasional dan Direktur Penerbit Andi Yogjakarta, serta Om Jay yang sudah menerbitkan banyak buku. Baik menerbitkan di pdnerbit mayor maupun minor. Dan Om Jay selalu berpesan baik lewat yutubnya setiap hari dan lewat komen di blog selalu mengingatkan jangan hanya berharap dapat sertifikasi saja tetapi terbitkan buku Anda.

Akhirnya ilmu uang saya serap dan dapatkan dengan teman-teman mulai timbul dari grup 8 karena wa yang paling bagus dan ramai saling kunjung blog dan mensupot dari grup belajarenulis dari gelombang 1-12 adalah gelombang delapan. Teman-teman bersama Om Jay dibulan Juni ini sepakat menerbitkannbuku  antologi "Belajar Efekti di Rumah dalam Daring di Pandemi Covit.19 dengan  koordinator Bu Hati dengan bimbingan guru Om Jay alhamdulilah saya bisa ikut susulan. Saking semangatnya terbitkan buku antologi kisah inspiratif gelombang 8 dari inisiatif saya terus izin Om Jay, dijawab jooz lanjutkan. Saya minta bantuan Bu Nora sebagai koordinator karena tulusannya bukunya bersam Pfof. Indrajit tantangan satu Minggu menerbitkan buku ke Andi Yogja lolos. 
Ketika ketemu Nara dumber Bu Sri Sugiastuti penulis hebat menerbitkan 40 buku lebih yang terkenal dengan nama keren Bu Kanjeng. Maka say kirim resume saya ke blog, wa grup 8 dan saya kirim ke wa Bu Kanjeng, maka bolg saya ditanggapi denga luar biasa, bagus resumnya nyak.juga orang ini. Dilanjutkan mau saya bimbing. Saya saut langsuo dengan kata siap. Matena saya beberapa kali kirim puisi ke WAG, maka saya tawari ikut tetbitkan buku Antologi semangat belajar yang diikuti 43 guru dengan kurator moderator Bu Siti Fatimah dari Aceh. Cover di share yang ikut silakan daftar dengan kirim 1 artikkel semangat bajajar menulis bersama Bu Kanjeng dalam Asuhan Om Jay di grup samangat menulis. Dengan biaya 125 k dapat 1 buku antologi semangat bealar dan 1 buku Bu Kanjeng dalam menghadapi Corona. Maka saya ikut bergabung. 

Saya baca cover, lalu saya tanyakan  Bu Kanjeng di cover namanya kok hanya Bu Fatimah? dijawab Bu Kanjeng Bu Fatimah sebagai kuratornya. Saya paham akhirnya. Bu Kamjeng juga ingin menyemangati teman-teman, maka saya langsung ditawari jadi kurator untuk terbitkan antologi puiai new normal say kawal dengan Om Kay. Maka saya jawab siap. Alhamdulilah pengumuman saya shetr ke gruprnukis grup 8, grup antologi kisah inspiratif dan saya share ke grup ....guru. Alhdulillah sudah 14 orang yang daftar dan beberapa sudah kirim puisi dan transfer. Dengan biaya 125 k dapat 2 buki. Satu antologi puisi new normal.dan 1 buku antologi puisi dalam Pandemi Corona. Dan Semoga buku-buku tersebut segera tercetak.
Dan alhamdulilah buku say ketiga  tanggal 16 Juni 2020 kemarin buku hasil pembelajaran daring dalam Pandemi Covit 19 SMP I Kedungpring dengan judul Goresan Pena (Dalam Pandemi Covit 19) Antologi Puisi Guru dan Siswa SMP Kedungprimg Lamongan berhasil tercetak 300 eksemplar dan sudah dilauncing di apel dihadapan gutu-guru, stap TU dan anak-anak kelas 9. Dan buku dibagi ke Siwa 250 eksemplar, dibagi ke guru-guru dan dimasukan ke perpustakaan sekolah dan ke perpustakaan kabupaten. 

Sekian semoga bermanfaat

Komentar

  1. Wow..kisah yg komplit dan menginspirasi..pak

    BalasHapus
  2. Mtr swn baru buat jam 6 Krn td malam tahlil ibu

    BalasHapus
  3. Trimakasih pak. Goresan bapak hebat dan mantul menginspirasi saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksih mari semangat walau keadaan berkabung

      Hapus
  4. Alhamdulillah cakinin akhirnya ketemu juga...oh iya cak tulisannya kaya ada paragraf ganda?...coba dibuka lagi edit posting...maaf lho...sekedar saling menguatkan

    BalasHapus
  5. Cskinin tulisannya semakin cetar dan kriuk

    BalasHapus
  6. Turut berduka cita ya pa...
    Mantul tulisannya...

    BalasHapus
  7. Terima kasih Bu smgt Menulislah setiap hari buktikan apa yg terjadi Om Jay

    BalasHapus
  8. Turut berdukacita ya pak,
    Tulisannya sangat menginspirasi untuk menulis

    BalasHapus
  9. Masaya Allah pak, tulisan bapak begitu luar biasa... saya harus banyak belajar nih... supaya bisa mengikuti jejak bapakšŸ„°

    BalasHapus
  10. Mksih belajar menulis terus Bu. Smgt

    BalasHapus
  11. Tulisannya mengalir nggih pak...

    BalasHapus
  12. Luar biasa..sekolah saya belum bisa menghasilkan bukum

    BalasHapus
  13. Semangat cak inin..posisi berfuka msh tetap berkarya.. Ikut berduka cita gih..

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah.tulisannya luar biasa bagus, terus lah berkarya hingga bisa meraih mimpi indah untuk menerbitkan buku, Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023