Virus Semangat Menulis dan Terbitkan Buku di Kuliah Om Jay Merasuk dalam Jiwaku

Virus Semangat Menulis dan Terbitkan Buku di Kuliah Om Jay Merasuk dalam Jiwaku 


Oleh : Mukminin, S.Pd., M.Pd.

Tiada kata terlambat untuk menjadi seorang penulis. Sebaik-baikmya orang adalah yang mau berubah ke arah kebaikan dalam segala hal dan bermanfaat bagi orang lain. Karena Alloh tidak akan merubah suatu kaum kalau kaum itu tidak mau merubahnya sendiri. 

Kalimat bijak itulah yang memotivasi saya untuk segera  belajar menulis. Sudah puluhan tahun hati ini ingin menulis buku yang mungkin bisa bermanfaat bagi saya dan orang lain. Sudah lama saya corat-coret menulis di buku harian saya sejak usia SMP. Mamasuki usia 50 tahun keingingan menulis buku semakin kuat. Tapi bagaimana cara menulis dan memulainya? Itu pertanyaan yang muncul dalam hati. 

Sebuah pepatah mengatakan "Dimana ada kemauan di situ ada jalan". Dan adalagi pepatah "Manjadda Wajadda" : Siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil. 

Keinginan menulis saya tindak lanjuti dengan mengikuti workshop menulis sesi 2 di PBG Bojonegoro yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Bojonegoro tanggal 29 Februari 2020  dengan Nara sumber Emi Sedarwati, Ajun Pujang Anom, Salmet widodo dengan 81 peserta dengan menghasilkan Buku Antologi Pusat Belajar Guru Bojonegoro. Alhamdulilah ini buku pertama saya terbit. Dilanjutkan workshop menukis puisi 
 TBK Kinanthi tanggal 8 Maret 2020 saya berhasil terbitkan buku solo saya yang pertama dengan judul 55 Pantun Nasehat. Keduanya diterbitkan penerbit Kelompok Majas Bononegoro.


Karena haus ingin belajar menulis yang baik seperti penulis-penulis handal maka saya ikut daftar di kuliah On line gratis yang dilaksanakan oleh PB PGRI asuhan Bapak Wijaya Kusumah alias Om Jay nama kerennya. Alhamdulilah Om  Jay enerima saya dan dimasukkan gelombang 8. 

Setelah masuk Wa Grup Belajar Menulis Gratis PGRI gelombang 8 saya tetus selalu aktif mengikuti kuliah online dan petunjuk Om Jay lewat yutubnya. Yutube Om Jay yang pertama kali saya putar dan  dengarkan tanggal 29.maret 2020 sebagai berikut: 

Assalamualaikum W.W. 
Teman-teman yang saya sayangi dan banggakan selamat Anda bisa masuk.grup belajar menulis gratis yang diadakan PGRI bekerja sama dengan Kominitaa guruTIK, KKPI, dan komunitaa  sejuta   ngeblog dan diadakan 20 kali pertemuan dengan dosen-dosen hebat dan penulis nasional sehingga dapat ilmu dan.pengalaman. kita harus punya blog di internet boleh di blogspot, komapasiana, gurusiana atau wordlress. Dengan punya blog teman-teman bisa mendokumenkan tulisan di wa grup. Setelah srlesai kuliah on line wajib buat resume dan di uplaod ke blog. Ikatlah ilmu denagncara menuliskannya. Agar teman-teman dapat menulus dan menerbitkan buku. Pengalaman gelombang 1 sudah selesai menulis dan terbitkan buku dan dapat sertifikat 40 jam. Dan kita bisa jalan- jalan melihat tulisan tdman-teman di blog atau di wijayalab.com. sampai ketemu di WAG.

Pembelajaran on line Pertama dari Bapak Dedi Dwitagama tema 29 Maret 2020 dengan tema Belajar Ngeblog dan Jadi Yutuber. Dengan memotivasi saya dan peserta segera membuat blog dan menulia di blog. 
Dengan  kesimpulan blog dan yutube adalah fasilitas luar biasa untuk meninggalkan jejak agar bisa dikenang anak cucu kita dan semesta  raya. Bahwa kita pernah hidup dan meninggalkan jejak kebaikan. Materi yang kita uploud walau sampah buat kita bisa bermanfaat buat orang lain dan jika dilakukan berulang, maka menjadi sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama. Selamat mengisi hidup dengan kebaikan karena kebaikan berbalas kebaikan.

Om  Jay guru bloger ternama, yutubber ternama, bapak Setuja  guru bloger Indonesia berhati mulai. Ilmunya dicurahkan semua mendatangkan para bloger ternama, pembicara penulis nasional, para Rektor dan dosen ternama, guru berprestasi, Nasioanal yang memberi ilmu menulis di blog dan menerbitkan buku. Sehingga peserta menjadi penulis handal dan terus  berkarya menerbitkan buku di penerbit mayor dan indie. 
 Para Nara sumber memberikan pengalamanya panjangnya dengan berproses sampai sukses menjadi penulis handal yang menerbitkan buku berkelas, bahkan best uang ditetbitkan penerbit mayor.

Peserta belajar menulis di WAG PGRI dari gelombang 1 sampai 12 sering diingatkan Om Jay lewat yutub beliau di WAG agar semua resume ditulis di blog dan segera diedit dan lengkap segera kirim ke web Om Jay. wijayalabschool.com  dan terbitkan buku. jadi jangan mengharap sertifikatnya tapi jadilah penulis handal. Dan syarat ambil sertifikat harus terbitkan dulu buku Anda. Kalau tulisan baik diterbitkan di penerbit mayor kalau tidak lolos dibantu Om Jay ke penerbit indie dengan biaya sendiri.

Motivasi Om Jay setiap hari Menulislah setiap hari dengan  hati buktikan apa yang terjadi. Ternya tulisan Om Jay si blog diterbitkan menjadi banyak buku yang terjua laris manis.
Dan Om Jay dengan menulis dapat tambahan keuangan dapat hadiah dari PTK nya yang jadi juara nasional. bisa keiling dunia gratis bisa dapat belajar menulis di China dan PTK nya diterbitkan penerbit Mayor. Om Jay dapat royalti  jadi buku  dapat bisa membuat rumah. Jadi pembicara penulis nasional. Keren.kan?

Kemudian dari.tulisan di blognya sudah banyak terbitkan menjadi buku dan dijual laris manis.  

Pesan-pesan dari para Nara sumber hebat
• Menulislah setiap hari dengan hati dan buktikan apa yang terjadi ( Om Jay)
• Mari kita menulis apa yang mau kita tulis, soal nanti ada yang baca atau tidak happy aja. Kepuasaan sendiri dulu, pembaca bonusnya ( Dedi Dwitagama)
• Komunikator uang luar biasa memperlakukan kata-kata sebagai komunitas yang paling lengkap dan supaya gurih  tambahkan metafora ( Agus Sampurno)
• Menulis itu melatih ketajaman pikiran dan memperhalus budi pemerti, maka menulislah, maka enkau "ada". ( Master Teacher Agung Pardini).
• Menulislah untuk mengukir sejarah dengan menulis berarti Anda pernah hidup. 
• Jika kau bukan anak raja, engkau bukan anak ulama besar maka jadilah penulis ( Imam Al Qhozali)
• Ikatlah ilmu dengan tulian.

Om Jay  menyebarkan virus kedua kepada saya dan peserta untuk terus menulis dan menerbitkan buku.

Setiap hari saya dan teman-teman harus tetap belajar menulis dan wajib membuat resume dari kuliah on line di WAG PGRI asuhan Om Jay. Lau diposting ke WAG untuk saling kunjung dan dikirim  ke web.OmJay  wijayalabschol.com. Dengan salaing  kunjung  banyak pengalaman cara membuat resume dan salaing motivasi. Om Jay terus motivasi. 

Hasil resumu kuliah on line tanggal 27 April 2020  dengan nara  sumber Dr. Nono Wibowo Purwo dengan tema Menulis dan Menerbitkan Buku Digital, alhamdulilah diumumkan Om Jay termasuk bloger yang beruntung 3 orang, saya  dapat hadiah buku dari Penerbit Andi Yogjakarta. Terima kasih Om Jay dan penerbit Andi semoga jaya. Dengan reward ini saya tambah semangat untuk menulis.
Suatu hari ada postingan di WAG gelombang 8 dari  Cerita Bu Kanjeng yang sungguh luar biasa cara mengungkapkannya dalam menghadapi Pandemi corona. Postingannya berkali-kali dengan cerita yang berbeda. Ternyata Ibu Sri Sugiati seorang penulis hebat ikut di dalam kuliah Om Jay yang nantinya salah satu Nara Sumber dalam grup menulis PGRI. Saya dapat tambahan ilmu cara menulis yang baik dari cerita Bu Kanjeng. 

Selanjutnya  gelombang 8  untuk  membuat antologi buku dikomandani Om Jaya untuk gabungan menerbitkan buku yang berjudul "Menciptakan Pola Pembelajaran yang Efektif di Rumah" penulis Wijaya Kusumah, Dkk. yang diterbitkan di penerbit Tata Akbar karena saya ketinggalan,  maka saya wa Om untuk ikut patungan. Orang yang baik pasti memberi kemudahan pada orang lain. Luar biasa Om Jay saya diberi no wa Ibu Hati untuk.menghubungi beliau. Alhdulilah disambut  baik Juga, saya dibolehkan ikut gabung kirim.artikel hasil pembelajaran daring dapal Pandemi Covit 19. Alhamdulilah 2 hari artikel saya jadi dan saya kirim ke  Bu Hati. Dan alhamdulilah buku  ketiga saya antologi puisi sekarang terbit. 


Kata-kata bijak dari para Nara sumber banyak sekali yang menjadi motivasi bagi peserta belajar Munulis di semua grup apalagi grup 8 dikakatakan Om Jay dalam siaran yutubnya,  bahhwa grup 8 lah yang paling seru komunikasi di wa saling suport dan saling kunjung ke blog. Maka untuk mengikat keakraban dan untuk kenangan grup dengan karena terinspirasi banyak Nara sumber hebat termasuk Catatan Bu Kanjeng karya Ibu Sri Sugiastuti yang luar biasa bagusnya,  maka saya mengusulkan.membuat buku antologi bersama grup 8. 

Saya ajukan ke Om Jay ternyata dijawab joz, bagus lanjutkan tapi kisah inspiratif saja jangan puisi biar laku dijual. Kaluau bisa kita terbitkan di penerbit mayor.  Cak inin  komandannya. Terus saya hubungi Bu Nora untuk membantu mengkoordinir dan mengedit. Bu Nora siap. 
Alhamdulilah 38 orang setuju ikut terbitkan buku Antogi Kisah Inspiratif dan terbentuk grug wa antologi dan batas akhir kirim naskah 20 Juni 2020. sudah 23 orang kirim naskah.
  
Hasil resume  kuliah on line  Bu Sri Sugiastuti dengan tema Berbagi Pengalaman Menerbitkan Buku,  hari Jumat 5 Juni 2020 saya kirim ke wa grup 8 dan  saya kirim ke wa  Bu Sri Sugiastuti, 

https://cakinin.blogspot.com/2020/06/kisah-inspiratif-di-usia-senja-produkti.html

Luar biasa malam ini seorang ibu yang bernama Sri Sugiastusti berbagi pengalaman yang menginspiratif kepada peserta kuliah on line  bahwa di usia 50 tahun beliau berproses menjadi penulis yang handal dengan prinsip "Bate Late Than Never "
dan selalau berusaha untuk belajar, pada  tahun 2007 jeda 25 tahun   bisa kuliah S 2 saat itu harus berkenalan dengan internet, medsos, ke perpustakaan dan toko buku,  beliau menemukan sebuah buku "Menulis itu Gampang" karya Kang Esok. Dari buku itulah termotivasi harus bisa menulis. Akhirnya ketagihan menulis buku dengan upgread diri sehingga menjadi penulis yang  handal. Bu Sri Sugiastuti srlalau  Ikut workshop-workshop menulis buku. Bukunya yang telah terbit 40 lebih.

Penulis bisa dihubungi di astutianamudjono@gmail.com , www.srisugiastutipln.com Akun FB Astutiana. M,@Astutiana.M. IG. Astutianamudjono. Atau WA 089692593804.

Alhamdulkah direspon dengan  luar biasa. 
 Kemudian di wa pribadi saya ditawari orang  baik, boleh saya  bimbing kalau ada kesulitan. Saya jawab terima kasih siap. Ternyata beliau menawarkan ke saya untuk patungan terbitkan buku srmangat menulis bersama Bu Kanjeng. Rejiki datang mengapa ditolak. Langsung saya jawab sip ikut Bu. 

Maka sudah ada 43 peserta yang ikut terbitkan buku dan alhamdulilah saya diberi kesempatan. Dan peserta dapat sertifikat dan 2 buku. Satu "Buku Antologi semangat menulis bersama Bu Kanjeng"  dan bonus Bu Bu Sri Sugiastuti ," Cerita Corona Bu Kanjeng.
Saya termotivasi Bu Sri Sugiastuti untuk igin terbitkan buku solo kedua saya Buku Kisah Inapiratif.

Dan sekarang  16 Juni 2020 sudah Terbit buku ketiga saya Antologi Puisi Gitu dan Siswa SMP.K Kedungpring Goresan pena ( Dalam Pandemi cmCovit 19) katdna juga untuk seluruh Siwa kelaa IX maka.saya cetak 300 eksrmplar. 

• Tiada kata terlambat untuk menulis, tulislah segera apa yang Anda suka, Anda lihat, Anda baca dan Anda rasakan untuk berbagi kebaikan ( Cak Inin  Mukminin, 2020)
• Torehkan penamu dari hikmah jejak kakimu siapa tahu itu jadi penolongmu ( Cak Inin Mukminin, 2020)

Semoga bermanfaat !

Komentar

  1. Keren sekali... Kapan aku bisa menerbitkan buku solo. Sangat menginspirasi

    BalasHapus
  2. Hebat pak mukmin...semoga yg lain..segera menyusul...pak mukmin...menerbitkn karya2

    BalasHapus
  3. Mari smgt ikuti Mentor Om Jay

    BalasHapus
  4. Luar biasa cak inin.. Smngat kereen.. Sukses yaak

    BalasHapus
  5. Hebat pak mukmin...semoga yg lain..segera menyusul...pak mukmin...menerbitkn karya2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin msh bljr Bu spt Bu Kanjeng usia Tdk jd penghalang

      Hapus
  6. Top bpk, unt menjadikan suatu buku penuh dg perjuangan y

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah blognya ramai dan.menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksih ketulatan.virus om Jay Nara sumber dan Bu kanjeng

      Hapus
  8. Balasan
    1. Mksih ayo terus menulis utk berbagi dan keabadian

      Hapus
    2. Mksih ayo terus menulis utk berbagi dan keabadian

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023