Selamat Berpuasa 9 dan 10 Muharam 1442 H


 

Selamat Berpuasa 9 dan 10 Muharam 1442 H


Oleh : Mukminin


Bulan Muharam adalah salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. Tanggal 1 Muharom adalah tonggak sejarah bagi umat Islam sedunia. Karena tanggal 1 Muharom sebagai tahun baru Islam atau disebut tahun baru Hijriyah. Dengan perhitungan Qomariyah atau peredaran bulan, sedangkan tahun Masehi dengan perhitungan matahari atau syamsiyah.


Penetapan tahun Hijriyah dilakukan ketika Sahabat Umar bin Khatab memegang tampuk pimpinan sebagai Kholifah penerus kepemimpinan Muhammad Rasulullah setelah Abu Bakar Asyidik yaitu tepatnya tahun 622 M yaitu hitungan tahun ke-7 H. Tangal 1 Muharam atau 1 Hijriah mengambil peristiwa yang bersejarah bagi umat Islam yaitu hijrahnya Muhammad Rasulullah dari kota Makah yang kafir pada waktu itu menuju Kota Madinah yang berdiri masyarakat Isalam dan berdaulat. Hijriyah berarti hijrah atau pindah dari keburukan menuju kebaikan. 


Setiap tanggal  1 Muharam samapai sekarang kita peringati sebagai tahun baru Islam yang sekarang bertepatan dengan 1442 H. Peringatan tahun baru Islam tidak cukup kita peringati denga acara serimonial saja, tapi kita ambil hikmahnya untuk hijrahnya diri kita,  hati kita dari keburukan menuju kebaiakan. Dari kurang baik tindakan, tingkah laku, ucapan, ibadah kita menuju kebaiakan dengan menjalaninya dengan suatau  proses.


Bulan Muharam adalah salah satu bulan suci yang didalamnya ada perintah sunah berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharam. Tanggal 9 Muharam yang dikenal sebagai puasa Ta'sua dan tanggal 10 Muharam sebagai hari 'Asyura. 


Mengapa kita disunnahkan untuk berpuasa? Karena pada tanggal 10 Muharam banyak peristiwa bersejarah yang sanagat istimewa  bagi kita sebagai umat muslim.


 Peritiwa yang terjadi antara lain: 

1. Taubatnya Nabi Adam A.S. diterima Allah SWT.

2. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat, usai dunia dilanda banjir super hebat yang menghanyutkan dan membinasakan sebagian besar manusia. 

3. Selamatnya nabi Ibrahim AS. dari siksa dibakar oleh Namrud.

4. Dibebaskan Nabi Yusuf dari penjara kerajaan Mesir.

5. Selamatnya nabi Yunus keluar dari perut ikan besar yang menelannya.

6. Nabi Ayub yang disembuhkan dari penyakitnya.

7. Nabi Musa dan umatnya yang diselamatkan Alalh dari pengejaran Fir'aun. Sehingga Fir'aun ditenggelamkan di Laut Merah dengan pasukannya.


Anjuran puasa Tasu'a 9 Muharam  sebagai  berikut : 


1.Pembeda dengan umat yang lain yaitu menyelisihi puasanya umat Yahudi, yang sama-sama puasa tanggal 10 Muharam sebagi terbebasnya atau Nabi  Musa dengan umatnya dari kejaran Fir'aun.


2. Melengkapi puasa Asyura 10 Muharam yang pahalanya menghapus dosa selama 1 tahun sebelumnya.


3.Puasa yang utama yang tertinggi di sisi Allah setelah puasa Ramadhan. " Seutama-utamanya salat wajib adalah salat pada sepertiga malam, dan seutama-utamanya puasa setelah puasa Ramadhan adalan puasa di bulan Muharam" ( HR. Muslim).


4. Menjalani sunah Rasul. Karena kita mencintai Rasul " Kalau saja aku hidup sampai tahun depan niscaya aku akan berpuasa Tasu'a 9 Muharam"  ( HR.Muslim). Namun  Rasululah meninggal tahun berikutnya sehingga tidak dapat melaksanakannya 


5. Merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah, dengan jaminan surganya. 


Semoga kita sebagai umat islam dapat menjalankan puasa Tasu'a dan Asyura yaitu tanggal 9 dan 10 Muharam, yaitu Jumat kemarin dan Sabtu hari ini untuk mengikuti sunahnya.  Semoga   puasa dan ibadah kita lainnya diterima Allah SWT sebagai tabungan amal Sholeh kita. 


Semoga bermanfaat.


* Disarikan dari berbagai sumber

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023