Penyembelihan Hewan Qurban

Penyembelihan Hewan Qurban



Oleh : Mukminin

"Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah ( sebagai ibadah mendekatkan diri kepada Allah)" QS. Al-Kausar:2.


Kemarin baru saja sholat Idhul Adha bertepatan hari Jumat. Jamaah haji yang terpilih 10.000 orang mendapatkan kenikmatan yang luar bisa kareana mendapat bonus pahala Haji Akbar. Saya sholat Idhul Adha  dengan istri dan anak bersama tetannga kampung halaman saya di  desa Segodorejo, Sumobito, Jombang. Tiga puluh satu tahun saya tidak sholat di kampung saya karena tugas mengajar dan menetap di Lamongan. Kebetulan malam takbiran habis isyak keluarga memperingati 40 hari ibu meinggal sehingga saya menginap.

Hari ini cuaca cerah sekali, Sabtu 1 Agustus 2020 adalah hari tasrik pertama 11 Dzulhijah 1441. Sekitar jam.07.00 panitia penyembelihan Qurban di Masjid Nurul Huda Tanak Utara atau Buyut, Kedungpring siap melaksanakan tugas. Sudah siap 3 sapi dan 6 kambing. Satu sapi dari teman yang punya klinik, apatik danswalayan. Satu dari arisan 21 orang tiga tahun jangkanya. Satu lagi dari dadakan 7 orang gabungan beli sapi. Alhamdulillah pemahaman Qurban  semakin meningkat. Sesuai perintah agama untuk mendekatkan diri kepada Allah dan berbagi. 
Kebetulan saya ikut gabunga 7 orangdi grup tengah yang menyembelih 2 sapi. Dan masjid selatan Nurul Yakin 2 sapi.

Saya ikut membantu sebagai sekretaris dan pebagian daging. Ketika saya datang agak terlambat saya ikut mengamankan sapi kedua yang disembelih. Sapi sudah rebah di lapangan selatan masjid enam orang memegagi ada yang kepala, buntut dan badannya. Takbir dikumandangkan, Allohuakbar 3, Laila haillallah hualla huakbar Allahuakbar wakilah hilham, betkali-kali dan ustadz Karsito menyembelih sapi dengan pedangnya yang tajam. Leher mau putus sapi bergejolak dan kakiku dan teman-teaman terpental. 





Teman-teman memegangi lagi lebih kuat 5 rnit kemudian sapai sudah tidak bergerak. 

Enam kambing sudah dikukiti dengan digantung. Sapi yang pertama sudah dipotong Tinggal satu lagi. Saya menuju ke depan masjid tempat memotong daging. Petugas pemotong sudah mulai memotong daging kambing dan tilang-tulangnya degan pisaudan pecok. Di bawah  terop yang bagus dan permanen. Jumlah panitia sekitar 60 orang denga tanda keplek. Panitia adlah prngurus masjid, remaja maajid dan jamaah sholat rowatif  5 waktu. Panitia diberi tanda keplek  dengan harapan panitia lebih tertib dari tahun yang lalu. 
Saya terus menimbang dengan teman-teman sampai 15 kali dan ikut saya selingi i ikut memotong daging. Alhamdulilah jumlah daging sapi dapat 529 kg dan daging kambing tidak saya timbang ducampur dengan daging sapi pembagianya. 

Jam 09.30 makan bersama. 
Perhitungan diperkirakan kan dapat 460 bungkus daging 1/2 kg dari daging Qurban. Ternyata lebih. 460 kantong dibagikan ke warga dan panitia. Sohibul Qurban yang  yg sendiri dapat sampil 1 atau kaki 1. Yang gabungan arisan yang 7 orang dapat @ 4 kg. Yang gabuungan 14 orang yg ikut arisan@ 2  kg. Sisa 60 kantong daging 1/2 kg dibagikan jamaa sholat Dzuhur. Panitia dapat tambhan 1 kantong daging plus irisan hati kecil dan tulang. Semua dibagi adil.  

untuk Majid Tlanak selatan menyembelih 2 ekor sapi. Dan grup  pemuda Muhamadiyah di tengah menyembelih 2 ekor sapi. Alhamdulilah tahun saya bisa berqurban dandapat bagian 3 kg daging super dan 10 bungkus 0,75 kg untuk tetannga kanan kiri rumah.  Alhamdulilah sukses panitia qurban ini lebih daripada tahun lalu. Dan pembagaun berakhir jam. 12.30.  Semoga amal sohibul Qurban diteri Alloh SWT dan kita diberi keluasan  rizki tiap tahun bisa qurban. Aamiin YRA.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023