Manfaat Sedekah Subuh

 Manfaat Sedekah Subuh 






Oleh : Mukminin


Habis jamaah sholat subuh di masjid udara sangat segar sekali, karena kemarin siang dan sore daerah saya hujan di Kedungpring, Lamongan. Mungkin di daerah- daerah lainnya sama. Beberapa hari ini panas sangat menyengat yang benar-benar panas. Saya kemarin lusa lewat wa grup teman-teman SMP alumni 1982 daerah Jombang sama curhat "Cak Inin Lamongan apa panas seperti Jombang?", Kata Cak Matosin teman sebangku saya di waktu SMP. Sekarang pengusaha ayam potong. Saya jawab "Podo Cak Sin". 

Aku teringat pelajaran IPS waktu SPGN Jombang bahwa tanggal 11 September matahari tepat di katulistiwa. Otomatis daerah yang dilalui panas matahari panas menyengat. 

Pagi ini aku pingin menulis. Beberapa hari yang lalu aku membuka yutubbe Ustadz Syaekh Ali Jaber tentang sedekah subuh. 

Kenapa sedekah subuh itu penting? 



Bukan berarti tidak boleh bersedekah di Waktu lain.  

Semua sedekah boleh, di setiap waktu dan di setiap saat. 

Setiap hari,  hari Jumaat atau bukan hari Jumaat. 

Tetapi sedekah subuh itu termasuk dalam sedekah terbaik begitu tauziah Syekh Ali Jaber yang asli orang Arab yang sudah kerasaan di Indonesia dan sekarang sudah menjadi WNI sejak 2012.

Apa dasarnya? Lanjut Syekh Ali Jabar 

Kata Rasullah, setiap subuh Allah turunkan Malaikat mendoakan orang yang bersedekah subuh.

✓ Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda “Ya Allah, gantikan yang lebih baik bagi orang-orang yang infaq di waktu subuh"

✓Sedangkan satu lagi riwayat Bukhary “Ya Allah, berikan kerusakkan bagi orang yang menahan hartanya”

Setiap habis sholat subuh, isikan sedekah di dalam tabung  kotak masjid atau surau dan berdoalah. 

Niatlah di dalam hati dengan terperinci untuk dunia dan akhirat. 

"Ya Allah, dengan berkah sedekah ini mudahkan lah pekerjaan saya" 

"Ya Allah, dengan sedekah ini aku mohon sampaikan pahalanya untuk kedua orang tua ku" 

"Ya Allah, dengan berkah sedekah ini tenangkan hati dan jiwa aku supaya tidak emosi lagi". 

" Ya, Allah mudahkanlah kuliah anak-anak kami, berilah ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhrirat, jadikanlah anak yang Sholeh sholikhah".

Waktu mustajab selepas sholat subuh dan sebelum waktu syuruk. 

Maka segerakanlah, jangan terlepas waktu syuruk itu.

Usahakan atau  rutinkan setiap hari.

Biasakan sedekah subuh walau cuma Rp.1000 , walau dilakukan secara istiqomah disitu dapat doa malaikat, doa malaikat mustajab di sisi Allah.

Buktikan keajaiban sedakah subuh. Semoga kita bisa melaksanakannya



dan  Allah kabulkan do'a-do'a kita aamiin YRA. 

Semoga bermanfaat. 

Komentar

  1. terima kasih pa pagi-pagi sudah sedekah ilmu, semoga berkah selalu

    BalasHapus
  2. Terimakasih Pak..
    Jadi teringat pesan alm. Bapak saya.. (Masukkan ke kotak amal Mesjid walaupun 1000, namun rutin dan ikhlas)

    BalasHapus
  3. Ya insya Allaoh dilipangandakan berlebih.

    BalasHapus
  4. terima aksih pak kyai atas nasehatnya, semoga dapat saya amalkan dalam kehidupan sehari-hari, Semoga pak kyai selalu sehat dan terus mengajari kami yang masih jahiliyah ini, aamiin

    BalasHapus
  5. Sangat bwrmamfaat untuk sedekah subuh, semoga saya bisa menjadikan ini suatu kebiasaan. Aamiin

    BalasHapus
  6. InsyaAllah Cak Inin...semoga bisa mengamalkannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023