Berbagi Pengalaman Menulis dan Menerbitkan Buku Bersama Mukminin

 Usia 54 Tahun  Menulis dan Menerbitkan Buku  Bersama Mukminin



Oleh : Mukminin 

Tiada kata terlambat untuk menjadi seorang penulis. Sebaik-baiknya manusia adalah yg mau berubah ke arah kebaikan dlm sgl hal dan bermanfaat bagi orang lain. Karena Allah tdk akan merubah nasib suatu kaum, kalau kaum itu tdk mau merubahnya sendiri.

Kalimat bijak itulah yg menjjadi motivasi sy utk sgr menulis. Sdh puluhan tahun hati ini ingin menulis buku, sejak SMP sy sudah menulis buku harian sampai kuliah. 

Memasuki usia 54 tahun keingina menulis semakin kuat. Tapi bgmn cara menulis dan memulainya ? Itulah pertanyaan besar yg muncul dlm hati.

Sebuah pepatah mengatakan " Dimana ada kemauan di situ ada jalan". Dan "Manjadda Wajadda' ( siapa yg bersungguh-sungguh pasti berhasil).

Keinginan itu akhirnya saya  tindak lanjuti setelah ziarah haji ke Bu Emi Sudarwati oh luar biasa bukunya yg terbit sdh 300 lebih dan saya dimotivasi. "Pak Minin sgr menulis buku krn jenengan guru saya bhs Indonesia di SMP  pasti bisa, apalagi Bapak sering mengantarkan orang umroh ke Makah, bisa ditulis Pak!" begitu kata Bu EMI. " Ya MbaK insya Allah sy pingin sekali, bgmn caranya." begitu sahut saya.

"Ikut Workshop di PBG Bojonegoro Pak, sesi 2 sy daftarkan", kata Bu EMI. Sy katakan siap. Maka 29 Feb 2020 saya ikut diikuti 81 peserta dari Bojonegoro, Tuban dan sy sendiri dari Lamongan dg Narsum 3 org penulis hebat Yaitu Emi Sudarwati ( gupres pemenang Inobel 2016), Ajun Pujang Anom dan Slamet Widodo. Dari pertemuan itu langsung praktik menulis dibimbing Bu EMI   dulu murid saya di SMP dan menghasilkan Buku PBG MEMBAHANA Antologi Pusat Belajar Guru Bojonegoro penerbit Kelompok Majas.


Alhamdulilah buku karya  bersama sy  pertama kali  terbit, bangga rasanya. Karena terus ingin menulis walaupun belajar yg gurunya dulu murid saya tidak apa-apa.  Krn belajar jgn lihat siapa yg bicara tapi dengarkan apa yg dibicarkan. Sy ikut workshop kali kedua 8 Maret 2020 di TBK KHINANTHI di rumahnya Bu Emi. Pembimbing tetap 3 org spt di PBG. Alahamdulillah terbit buku solo sy 55 Pantun Nasihat diterbitkan  klpk Majas Bojonegoro.


Karena sy haus untuk belajar  menulis, maka  sy ikut kuliah online bersama Om Jay gratis lwt WAG PGRI sy dimasukkan gelombang 8. Tepatnya 29 Maret 2020 sy mengikuti membuka yutubenya Om Jay isinya sbb :

Kiah ini syb tulis dlm buku SEMANGAT MENULIS BERSAMA BU KANJENG ( antologi) bersama gel. 12. Judulnya Virus Semangat Menulis Merasuk Jiwamu hal.83.

Kisah ini syb tulis dlm buku SEMANGAT MENULIS BERSAMA BU KANJENG ( antologi) bersama gel. 12. Judulnya Virus Semangat Menulis Merasuk Jiwamu hal.

Kuliah online pertama narsum hebat  Om Dedi Dwitagama tentang Belajar Ngeblog dan Yutubber. Dengan memotovasi sy dan peserta untuk membuat blog dan menulus di blog untuk dikenang anak cucu kita dan semesta raya. Om Dedi mengatakan bahwa kita pernah hidup dan meninggalkan jejak kebaikan. Karena kebaikan berbalas kebaikan. Inilah kata-kata motivasi yg luar biasa menyentuh hati saya.

Saya dan semua peserta membuat blog untuk menyimpan tulisan dan hasil resume kuliah online dari para pakar. Dan setiap kali pertemuan resume wajib dikirim ke blog Om Jay. Wijayalabshcool.com. lalu dikirim ke grup menulis untuk saling kunjung dan memotivasi. Shg tambah semangat menulis dan cepat akrab walau lwt WAG.

Motivasi berupa mantera dari Om Jay sgt  luar biasa sampai hari ini sy sll ingat, " Menulislah setiap hari dengan hati,  buktikan apa yg terjadi", itulah mantera Om Jay.

Ternyata betul Om Jay membuktikan dari tulisannya di blogg Setiap hari byk diterbitkan mjd buku dan laris manis menambah income keluarga Om Jay, bahkan ada yg diterbitkan di penerbit mayor,  Sampai Om Jay mendapat hadiah kUliah di China. Itulah keajaiban menulis setiap hari. Bahkan dapat Royalti bisa membuat rumah.

Memang Om Jay terkenal  sbg seorang bloger dan yutubber.Hasil resumi tanggal  27 April 2020 dg narsum Dr.Nono Wibowo Purbo bertema Menulis dan Menerbitkan Buku Digital, alhamdulilah diumumkan Om Jay 3 org blogger yg beruntung dpt hadiah buku dari penerbit Andi Yogya, saya termasuk yg beruntung mendapatkan hadiah itu. Menambah semangat sy untuk menulis.

Resume terbaik itu  sy dptkan setelah blog working ke semua teman-teman. Itulah tujuan saling kunjung blog shg mrndapat ilmu teknik menulis / meresume dari teman.

Dua  teman  saya yg resumenya saya ikuti dan baik menurut saya adalah ibu guru Tere dari NTT. Resumenya di blog, sgt luar biasa dikunjungi ratusan teman. Dan ibu Noralia Purwa Yunita  dari Semarang. Resumenya ada intro sebelum ke materi dan dikembangkan dg bhs sendiri.

Kisah menerbitkan buku bersama ( antologi) 

Om Jay mengajak 

belajar menulis gel. 8 Krn  situasi KBM dalam pandemi covid -19, maka guru-guru mengajar lwt daring. Om Jay meminta  pengalaman di lapangan masing-masing utk ditulis dan diterbitkan buku yg berjudul "Menciptakan Pola Pembelajaran yg Efektif di rumah" yg diterbitkan Tata Akbar Bandung. Yg ditulis  48 guru, nama sy paling akhir biar kelihatan ha ha ha .

Ini bukunya baru terbit sekarang awal.Oktober 2020

Ini buku-saya  pertma yg terbit Buku solo saya dan karya bersama 55 Pantu Nasihat dan Antologi Pusat Belajar Guru Bojonegoro diterbitkan Kelompok Majas.

"Belajar menulis dari gel.1 s.d. 12, yg paling aktif saling kunjung ( blog working) adalah gel. 8", begitu kata Om Jay. memang seru sekali, slg  mensupot tulisan blog teman-temannya, maka sy mengusulkan  membuat buku ' KISAH INSPIIRATIF SANG GURU", Om Jay setuju. Bu Noralia  sy tunjuk sbg editornya. Yang diikuti 26 guru. Menerbitkan buku antologi memang kadang agak berat krn menunggu lengkapnya naskah dari anggota. Buku ini dirancang 31 Mei 2020, alhamdulilah baru 4 Oktober 2020 baru lengkap dan deal masuk Percetakan sy Kamila Press..

Jadi kemarin 2 hari sy lembur meminta kekurangan naskah dan biodata anggota.

Tanggal 5 Juni 2020 menadapat kuliah online dg Narsum Ibu Sri Sugiastuti yg terkenal dg Bu Kanjeng tema Berbagi pengalaman menerbitkan buku. Bu Kanjeng dari Solo ini orang hebat di usia 50 th berproses menjadi penulis  handal dg prinsip " Barter Late Than Never". Dan sdh menerbitkan 40 buku lebih dg gaya penulisan 

mengalir, enak dan renyah spt Om Jay. Sy betul-betul tertarik. Maka hasil resum su kirim ke blog dan ke ibu Kanjeng 

https://cakinin.blogspot.com / 2020 / 06 / kisah-inspiratif-di-usia-senja-produkti.html

Terjadi komunikasi dg Bu Kanjeng sy ditawari untuk  patungan menerbitkan buku  " Semangat Menulis Bersama Bu Kanjeng". Saya jwb siap dan diikuti 42 guru. Alhamdulilah terbit.


16 Juni 2020 telah terbit 300 Buku antologi Guru dan Siswa SMP N1 Kedungpting hasil ujian Praktik Bahasa Indonesia  kls 9,  lwt Daring Krn Pandemi covid-19. Setiap Siwa dpt 1 buku.

Foto


Ini buku karya perdana yg terbit dari  guru dan seluruh siswa kls 9 di SMP saya terdiri 9 kelas 288 siswa.

Tanggal 19 Juni 2020 Bu Kanjeng ( Sri Sugiastuti) mengajak saya menerbitkan buku bersama Antogi Puisi dalam Pandemi Covid-19 dg harapan kehidupan New Normal. Sy ditunjuk dan dilatih jd kurator Utk Koordinator pengumpulan naskah dan bendahara. Terdaftar 43 guru. Ini pengalaman berharga bg sy ttg cara menerbitkan buku. Bu Kanjeng dan  Bpk Heronimus Bani ( Roni Bani) sbg editor. Cukup menguras perhatian dan penuh kesabaran dlm mengumpulkan naskah tmn2. Alhamdulilah sktr 2 bln terbtlah Buku Antologi Puisi "Rona Korona Duka dan Ria".

Foto


5 Juli 2020 buku Antologi Musim Ketiga terbit ( hasil worshop di TBM KINANTHI Bu Emi Sudarwati ) Bojonegoro


Sabtu, 11 Juli 2020 profil saya di muat di Jawa Pos Radar Lamongan. Judul Mukminin Tak Mau Kalah dengan Penulis Muda. Saya merasa senang seumur hidup di muat di koran baru 2 x, pertama pengumuman masuk PTN th 1985 waktu itu namanya SIPENMARU, sy diterima di IKIP NEGERI SURABYA D2 anugrah yg luar biasa anak buruh tani  desa bisa kuliah di kota. Waktu itu IKIP dambaan untuk jadi guru. 

Yg kedua profi dan  foto sy di muat di koran Radar.  Pagi-pagi ucapan selamat dari teman guru satu sekolah dan tmn MGMP BHS Indonesia Lamongan mengucapkan , " Selamat Abah Mukminin masuk koran", sy  jawab alhamdulillah. Dan di WAG DINAS SMP I Kedungpring dan WAG MGMP di-posting foto saya di koran. Padahal sy Tdk punya langganan koran.

28 Juli 2020 buku saya terbit. Saya  bergabung Pak R.Brian Prasetyawan dan Bu Sri Sugiastuti untuk terbitkan buku antologi Pena Digital Guru Melenial.


5 Agustus 2020 setelah beberapa buku sy terbit sy menyebarkan VIRUS LITERASI di sekolah sy SMPN I Kedungpring Lamongan dg melaksanakan Worshop Menulis dan Menerbitkan Buku. Kepala Sekolah mendukung dan sy sbg ketua hrs datangkan narsum.dan kepala dinas pendidikan Lamongan. Maka sybundang Narsum hebat PBG dari Bojonegoro Bu EMI Sudarwati dkk. Alahamdulillah sukses berjlan dari jam 08.00 sd 15.15. Bu Emi pulang kandang karena mengajar gutu-gurunya waktu SMP dulu. Dg tujuan guru bisa menulis dan terbitkan buku. Insya Alloh menghasilkan buku antologi Cerita Sang Guru.


Bapak ibu guru hebat Indonesia, Alhamdulillah Sampai saat ini 7 buku sy  telah  terbit. Semaga ada manfaat di dunia literasi.



Ini Dua buku sy proses cetak. Satu buku solo hasil kuliah online bersama Om Jay, satu Antologi KISAH INSPIRATIF SANG GURU, dari belajar menulis gel.8


Sekarang kisah saya

BELAJAR JADI PENERBIT

Setelah cover Buku saya judul  Jurus Jitu Menjadi Penulis Handal Bersama Pakar saya share ke  grup-grup menulis, alhamdulillah ternyata ada yg nyantol Ibu Rasita Kepsek dari Bengkulu minta diterbitkan bukunya dg cetak 20 buku. Ini murapkan tantangan dan kesempatan yg harus sy ambil. Dan sy belajar jadi penerbit dg nama KAMILA PRESS. Dalam 3 Minggu buku terbit dg cover dan mutu yg bagus,  kertas bookpaper. Setelah sy posting bukunya Bu Rasita, teman-taman susul-menyusul ikut minta bukunya diterbitkan di saya. Trima kasih atas kepercayaannya. 

Inilah buku-buku yg sdh sy terbitkan







Ada yg cetak 10 buku, 30 buku, bahkan Pak H.Rusmin kepsek SMAN Banjarmasin mencetak buku Kisah Nyata Berjuan Melawan Covid-19 ( kisah  Pak Rusmin dg istrinya kena Corona berjuan sampai sembuh ) mencetak 100 buku.

Tiba-tiba Alah turunkan Rizki datang dg tidak disangka-sangka, ketika ngopi di sekolahan Bpk Poniman ketua PGRI Jember telpon sy minta bukunya Pengabdian PGRI Untuk Negeri minta dicetak 200 buku, saya jawab siap.

Dan luar biasa bpk Suharto yg diuji sakit di rmh sakit sekitar 3 bulan, setiap hari  menulis dan diterbitkan buku GBS Menyerangku (Kisah Nyata Seorang Guru Bergulat Melawan Penyakit Langka dengan Menulis) menerbitkan ke Kamila Press 50 buku cetak pertama dan sudah terjual. Kemudian mencetak lagi 30 buku sudah dipesan. Luar biasa betul kata-kata mantra Om Jay, "Menulislah setiap.hari dengan hati buktikan apa yang terjadi". 

Demikian cerita pengalaman sy sbg penulis pemula di usia 54 tahun dan baru menulis buku Januari  2020 dan menerbitkan buku. Mhn maaf agak panjang smg bermanfaat.

Foto

Kesimpulannya 


Tips menulis dan menerbitkan buku N M A T M I :

1. NIAT KUAT DAN NEKAD  ( Nawaitul) menulis itu berbagi ilmu dan pengalaman  / menulis itu ibadah 

2. MENCARI MENTOR 

•Carilah pembimbing penulis sukses, 

• Kalau ingin sukses bergaullah dg orang sukses ( kalau ingin wangi bertemanlah dg bakul minyak wangi) 

3. A T M 

AMATI (amati penulis sukses / mentor, cara dan gaya penulisannya)

TIRU

 •Tiru / ikuti apa dan bgmn yang dilakukan penulis sukses / mentor.

• Tiru dlm arti menuri dg modifikasi. Judul boleh sama,  isi dan penyampaian pasti berbeda

MANUT 

• Ikuti semua intruksi yg disarankan mentor,  apa yg dilakukan mentor  sampai jadi penulis sukses.

• Ikuti bgmn cara menerbitkan buku ke penerbit

Ikuti pesan :

• Menulislah setiap hari dengan hati buktikan apa yg terjadi( mantera Om Jay).

• Lahap  baca semakin cepat menulis

• Ikatlah ilmun dg Tulisan ( Ali bin Abi Tholib) 

• Menulislah dalam kesibukan (  Master Emcho) 

•Tiada kata terlambat untuk menulis, tulislah segera apa yang Anda suka, Anda dengar, Anda lihat, Anda baca dan Anda rasakan untuk berbagi kebaikan ( Cak Inin  Mukminin, 2020)

• Torehkan penamu dari hikmah jejak kakimu siapa tahu itu jadi penolongmu ( Cak Inin Mukminin, 2020)

• Kalau kamu ingin panjang umurmu, maka menulislah ( Cak Inin Mukminin 202 )

4. ISTIKOMAH

Beristikoamah untuk selalu menulis setiap hari walaupun 3 paragraf,  satu paragraf, Satu Puisi, Satu kalimat, satu kata-kata.bijak.

✓ pilihla waktu yg tepat sesuai kondisi masing-masing ( bisa habis sholat subuh yg masih Fress, bisa disela-sela pekerjaan, atau waktu istirahat, atau kapanpun  ada kesempatan)

Harga Penerbitan Buku di Kamila Press...

(Harga sewaktu-waktu bisa berubah )

A. Untuk cetak buku A5 70-80 halamn cetak 10 buku termasu biaya lay out, edit, cover sampul dan ISBN 750.000. 

B. Untuk cetak buku A5.   100 hlm. 10 Eksplar ( 10 buku)  Biaya termasuk lay out, edit, cover sampul dan ISBN Rp 775.000 plus ongkir.

C.  Biaya cetak buku A5 cetak 10 buku 125 halaman 847.000 

Plus ongkir. 

D.  Pak buku jenengan 150 halaman cetak A5 ( 10 eksemplar) termasuk biaya layout, edit, cover buku, USBN Rp 970.000.

Plus ongkir

D .Untuk.cetak buku A5. 250.halm. 10 buku ( eksplar) 1.100.000

#  Setelah Catak 10 buku dg halaman dan harga tsb. 


Lebihnya dihitung harga cetak ulang :

1.  Cetak buku 70-75  hlm harga  @21.000

2. 100 hlm. Harga @ 23.500

3. 140 hlm harga @ 27.000

3. 150 hlm @ 30.000

4. 250 hlm. Harga @ 40.000

5. 300 hlm. Harga @  45.000

 Smg bermanfaat !

Mohon maaf atas sgl kesalahan. Kalau ada kesalahan dan kekurangan adalah dari saya, kebenaran adalah dari Tuhan. 

Semoga sedikit berbagi ilmu ini bermanfaat bagi kita semua. 

Terima kasih atas perhatian Guru-guru hebat,  mhn maaf atas sgl kekurangannya.

Kututup dg pantun 

Pantun ke- 45 ( dalam buku 55 Pantun Nasihat karya Mukminin 2020)  

Jalan-jalan ke kota Kandangan

Minum susu enak rasanya

Jangan Anda berpangku tangan

Singsingkan baju langsung berkarya 

Billahitaufik walhidayah, ihdinassirothol mistaqiiim 

Wassalamualaikum w.w.

Demikian cerita pengalaman sy sbg penulis pemula di usia 54 tahun dan baru menulis buku Januari  2020 dan menerbitkan buku. Mhn maaf agak panjang smg bermanfaat.













Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023