12 Oktober Hari Lahirku ke 55 ( Secara De Facto)

 12 Oktober  Hari Lahirku ke 55 

( Secara De Facto)






Oleh : Mukminin

Hari Selasa tanggal 12 Oktober 1965, setelah shubuh  menangislah dengan suara keras bayi yang keluar dari rahim seorang ibu yang sholeh yaitu emak Suwati dan dari pasangan seorang suami yang badannya tegap besar Kokoh pekerja keras  yang bernama Sukarno. Ya, itulah nama bapak dan emakku. Bayi itu diberi nama Mukminin karena dalam situasi negara gawat 12 hari setelah pertiwa biadab pemberontakan PKI yang terkenal dengan Gerakan 30 September 1965 PKI yang mengadakan kudeta terhadap negara dengan menculik para jendral yang berjumlah 7 orang dan 1 ajudan Jendral Abdul Haris Nasution yaitu Kapten  Piere Tendean.

Negara dalam keadaan gawat. Alhamdulillah 1 Oktober Jendral Nasution memerintahkan kepada Letjen Soeharto untuk menumpas PKI tanggal 1 Oktober 1965 dan berhasil maka tanggal 1 Oktober diperingati sebagi hati kesaktian Pancasila. 

Nama yang diberikan pada bayi itu adalah nama yang sangat baik diambil dari bacaan Al Quran dan sering kata itu muncul dan setiap doa nama itu dibaca oleh para imam masjid, orang-orang muslim yang berdoa di seluruh dunia. Bacaan itu adalah, "Allohummaqfir lil mukminina wal mukmininat wal muslimi wal muslimat......

Kata mukminin dalam KKBI adalah orang-orang yang bertaqwa. Ya bertaqwa. Orang tua saya mengharap.dan berdoa kepada Alloh agar kelak bayi yang lahir  itu jadi orang yang bertaqwa. 

"Terima kasih emak Suwati dan Bapak Sukarno atas pemberian nama.yang disematkan pada bayi yang lahir setelah pemberontakan PKI yang kedua 1965.



Kini Emak dan Bapakku telah kemabli dipanggil Allah SWT. 100 hari yang lalu emak menghembuskan nafas yang terakhir dalam usia 87 tahun Krn sakit mag kronis yang sudah menahun. Bapak Sukarna sudah 4 tahun uang lalu kembali ke rahmatlaoh dalam.usia 83 tahun karena sakit kangker paru-paru karena perokok berat. Kini aku sering seoalah-olah Emak dan Bapak masih disamping saya. Kadang saya masih menangis ingat kedua orang tuaku. " Ya Allah ampuni dosa dan kesalahan emak dan Bapak.saya, lapangkan kuburnya.

Berilah kenikmatan Jannah dalam makamnya, terimalah amal sholehnya yang telah membesarkan saya dan saudara-saudara saya, dan somaga dalam keadan meninggal Husnul khotimah.


Terima kasih Emak.dan Bapak yang telah berjuang suasah payah dan mati-matian seorang buruh tani dengan menyekolahkan dan menghidupi 5 anak dan 7 orang dalam satu keluarga. Dengan pacul dan sabit bapak Emak setiap hari kerja di sawah ladang orang.


Samua saudaraku hamya tamat sampai SMP karena tiada biaya. Ana pertama laki-laki Machfud naamanya lulusan  SMP, kedua perempuan Munawaroh lulus SMP telah dipanggil Alloh mendahului ema dan Bapak saya. Ketiga Mukminin yang dablek nekatan alias bonek sejak kecil terus berjuang dengan orang tua minta kukiah di D2  IKIP NEGERI SURABAYA 1985-1987 selepas sekolah guru di Jombang  yaitu SPG N JOMBANG tahun 1982-1985.

Adikku ke 4 perempuan lulus SMP, adikku terakhir perempuan Maspupah lulus SMP juga. Diantara Maspupah ada kakaknya  perempuan 

yang meninggal waktu lahir dan adiknya Maspupah ada lagi perempuan yang meninggal sudah berumur 3 tahun.

Kini alhamdulilah Mukminin sudah selesai S2 tahun 2012. Karena saking Boneknya. Dan sudah berkeluarga selama 24 tahun dengan pendanpingnya Umi Winarti seorang Bidan Desa yang menikah tanggal 6996 dengan dikarunia 2 anak perempuan yang pertama Filo Sofia Kamila Mukmin di ITS Surabaya semester 7 alhamdulillah sebagai mahasiswa berprestasi 2017-2020 sampai hari ini. Juara 2 internasional  di Bandung 2019 Menemukan pengawet buah dari Kulit kerang. Yang kedua Annisa' Hanifa Mukminin ini baru masuk kuliah di kedokteran hewan Unair yang waktu SMA sekolah di SMA N TARUNA NALA JATIM di Malang 2 kali juara Taekwondo antar siswa dan mahasiswa 2019.




Orang bertanya-tanya mengapa tanggal 6 Juli teman-taman mengucapkan selamat Ualng tahun kepada saya. Ya benar karena tanggal lahir di ijazah saya dari SD - S2 tanggal itu. Secara De Yure saya lahir 6 Juli 1965 untuk data apapun. Tapi secara De Facto.berdasarkan  catatan harian Emak saya di sebuah buku notes warna hijau yang dibuka Emak di hadapan mata saya pada tahun 1979  bahwa semua saudara saya nama dan tangagl lahir ditulis di buku itu denga huruf Arab Pegon. Saya dibacakan Mukminin lahir hari Selasa tanggal 12 Oktober 1965. 

Ketika itu saya menulis untuk mengisi blangko ijazah atau STTB saya serahkan kepada Bapak Abd. Malik guru wali kelas 6 saya, SDN Segodorejo, Sumobito, Jombang ternyata ijazah saya tanggal lahir salah yaitu tertulis 6 Juli 1965. Saya protes tapi ya,  sudahlah saya terima dari pada ribet ngurus blangko ijazah dan sebagainya. Tapi saya tahu tanggal lahir saya yang asli.

Beberapa kejadian yang membanggakan di usia 55 tahun ini. 

1. Alhamdulilah sudah saya terbitkan buku solo perdana saya 55 Pantun Nasihat sebagai hadiah ulang tahun saya. 

2. Telah terbit 8 buku antologi bersama guru-guru hebat PGRI asuhan Om Jay

3. Profil saya dimuat  di koran Jawa Pos Radar Lamongan "Mukminin Tidak Mau a

Kalah dengan Penukja Muda.

4. Segera terbit buku solo saya kedua Jurus Jitu Menjadi Penulia Andal Bersama Pakar

5. Menjadi penerbit dan telah menerbitkan 7 buku teman denga ratusan buku. Dan kini 3 buku proses terbit. 

6. Menerima tantangan dari Om  Jay untuk menjadi Nara Sumber  belajar Menulis Via daring bersama PGRI yang diikuti hampir 1000 orang sebab saya bukan.ahli atau pakar hanya cerita pengalaman saja. 









Alhamdulilah saya tetap belajar menulis dan mengikuti banyak grup dana tetap membantu teman-teman yang menerbitkan buku. 





Setiap kali saya ketemu teman dan murid-murid saya alahamdulillah dikatan "Pak Mukminin awet muda ya, saya muridnya muridnya nututi tua, rambut putih, pak Mukminin masih hitam" , begitu kebanyakan bicara murid-murid saya. " "Alhamdulilah semoga tetap sehat saya dan sampeyan dan umur panjang, rizkinya lancar", begitu sahut saya. Dan umur yang bermanfaat. Aamiin Yra.







Komentar

  1. Barakallahu fi umrik pak Mukminin, semoga selalu sehat dan sukses..

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah. Selamat ulang tahun cak inin. Semoga selalu sehat dan bahagia bersama keluarga tercinta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin YRA. Terima kasih Om Jay sht dll bersama keluarga

      Hapus
  3. Met Milad ya pa..
    Barokallah Fiumrik...

    BalasHapus
  4. Selamat ulang pak.... Semoga sehat selalu dan semakin sukses kedepannya...

    BalasHapus
  5. Selamat ulang pak.... Semoga sehat selalu dan semakin sukses kedepannya...

    BalasHapus
  6. Barakallah fii umrik cak Inin, selalu sukses, terima kasih sudah sharing ilmunya.

    BalasHapus
  7. Met milad cak.. Semoga makin sukses. Aminn

    BalasHapus
  8. barakallah fii umrik cak inin... smoga makin sukses

    BalasHapus
  9. Barakallah fii umrik Cak Inin, sehat selalu, sukses, terima kasih sudah berbagi ilmu menulis.

    BalasHapus
  10. Halo pak Imin, karya-karya yang luar biasa. Selamat and congratulation

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023