Saluton Kaj Benvenon

 Saluton Kaj Benvenon 

Antologi Puisi KPO 22

(Virus Literasiku Menular ke Anak Bungsuku)



Oleh : Mukminin

Virus Corona menyerang dunia termasuk Indonesia. Corona memporak-porandakan semua sendi kehidupan mulai dari perdagangan, sehingga pabrik-pabrik terhenti produksinya, perhotelan, perhubungan, penerbangan pesawatpun terhenti  kendaraan bus-bus terhenti total tidak beraktivitas, sehingga semua harus bekerja dari rumah dan banyak PHK jadi pengangguran. Aktivitas sekolah,  kuliah pun terhenti dari tatap muka menjadi PJJ.   

Pandemi Covid-19 merubah tatanan kehidupan yang mulai menyerang ke Indonesia bulan Maret 2020. 

Bulan Maret 2020 aku ikuti kuliah belajar menulis gel.8 bersama PGRI asuhan Om Jay. Tiap habis sholat isyak pukul 19.00- 21.00 aku selalu ikuti dan ada tanya jawab. Habis sholat subuh kuselesaikan tugas resume lalu ku kirim email  Omjaylabschool@gmail.com dan ku share ke grup untuk saling komentar. 

Anakku yang bungsu Filo Sofia Kamila Mukmin ( Emil panggilannya di rumah, Filo panggilan.di kampus ) karena waktu kuliah belum mulai bulan Maret- Agustus. September baru mulai ada kuliah on line, maka untuk kesibukan anakku belajar ikut pelatiahan membuat puisi yang nantinya akan diterbitkan jadi buku antologi.

Tiap hari membuat puisi yang rencananya akan membuat buku antologi solo bahkan sudah memesan temannya untuk dibuatkan cover bujunya dan sudah jadi.

Ternyata benar kita tidak usah menyuruh anak, ketika kita melakukan kegiatan yang bermanfaat dan sungguh-sungguh dan ada hasil,  anak pun secara langsung mengikutinya. 

Contoh saya menerbitkan buku solo perdana 55 Pantun Nasehat terus lanjut mengikuti pelatihan belajar menulis bersa Om Jay gel. 8 anak saya pun ingin menulis puisi dan. mengikuti bimbingan on line menulis puisi.

Alhamdulilah setelah Jumatan sekitar jam 14.00, 28 November 2020 ada paketan diantar katanya cod belum bayar 14.000, saya katakan ya siap terima kasih. Lalu kubuka ternyata buku Antologi Puisi karya anakku dan kawan-kawan nya yang ikut bimbingan menulis puisi. Warna cover bagus hijau muda bertuliskan judul " Saluton Kaj Benvenon" ada gambar anak laki dan perempuan dan di bawah sendiri bertuliskan " Antologi Puisi KPO 22". Cover belakang warna hitam ada tulisan judul lagi dan satu puisi dan para penulis antologi. Lalu ku tanya "Mbak judulnya artinya apa?", karena saya penasaran sampai saat ini tidak pernah membaca dan mengenal kata itu. "Artinya selamat datang Yah, itu bahasa Spanyol", begitu jawab anakku. 

"Oh,begitu" gumamku. Buku ini ditulis 

Tatag Gunarso, dkk.

Tebak buku 144 halaman dan ditulis 44 peserta dengan 132 puisi.

Selamat Mbak Emil anakku yang di ITS semester 7 semoga skripsinya segera terselesaikan) sudah menghasilka karya 1 buku antologi dan segera disusul buku solo antologi puisi.






Komentar

  1. Selamat Mbak Emil...
    Mengikuti jejak sang Ayah cinta Literasi...

    Cihuuyyyy 👍

    BalasHapus
  2. Selamat buat putrinya cak inin, sukses buat semuanya
    Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. pas dengan Cak Inin

    BalasHapus
  3. Selamat buat mbak Emil,Cak Nin sudah ada yang mewarisi ya,sukses selalu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023