Untuk Menerbitkan Buku Kita Perlu Model

 Untuk Menerbitkan Buku Kita Perlu Model 


Oleh : Mukminin

mo·del /modél/ n 1 pola (contoh, acuan, ragam, dan sebagainya) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan: rumahnya dibuat seperti -- rumah adat; 2 orang yang dipakai sebagai contoh untuk dilukis (difoto): pernah aku menjadi -- lukisan; 3 orang yang (pekerjaannya) memperagakan contoh pakaian yang akan dipasarkan: gadis -- yang cantik-cantik itu memperagakan pakaian dari bahan batik; 4 barang tiruan yang kecil dengan bentuk (rupa) persis seperti yang ditiru: -- pesawat terbang;

-- dasar pola utama: ia menggunakan jenis tari bedaya sebagai -- dasar ciptaannya ( KBBI online ).

Model adalah contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan. 

Setiap peseta belajar menulis bersama Om Jay dan PGRI yang dilaksanakan secara gratis tanpa dipungut biaya dari gelbang 1-17 pasti ingin bisa menulis dan menerbitkan bukunya.

Setiap hari Selasa, Rabu dan Jumat malam pukul 19.30 - 21.00 peserta mengikuti kuliah dari para pakar menulis dan membuat resume lalu dikirim ke blognya sebagai tabungan menulis untuk terbitkan buku. Setelah mengikuti 20 kali pertemuan naskah bisa dijadikan buku. Ada yang sampai 30 pertemuan lebih. Ilmu meresumi juga sudah diberikan oleh Nara sumber atau shareng dengan sesama teman.

Peserta mengumpulkan 20 naskah atau lebih dari resume untuk dijadikan satu dalam file yang akan diterbitkan menjadi buku  dengan mengedit naskah untuk benar-benar pantas, dan enak dibaca bagi orang lain.

Kadang-kadang penulis pemula seperti saya dulu  tetap masih bingung bagaimana cara menyusunnya ? Dari judul buku, urutannya buku : kata pengantar, daftar isi, urutan naskah ( mana naskah yang didahulukan mana yang kemudian), membuat sinopsis, biodata penulis, dan daftar pustaka.

Untuk masalah itu maka saya dulu beli bukunya Om Jay, buku Catatan Harian Seorang Guru Blogger, yang saya jadikan  model untuk menulis buku karena lebih nyata dan mudah bukan hanya teori saja yang kita masih meraba-raba.




Alhamdulilah setelah buku solo saya kedua yang  berjudul JURUS JITU MENJADI PENULIS ANDAL BERSAMA PAKAR terbit  buku ini banyak dibeli teman-teman guru yang tersebar ke seluruh Nusantara sudah terkirim 60 buku lebih. Dan menurut Pengantar Dr. Ngainun Naim buku ini memang keren. Dan Alhamdulillah banyak teman guru yang testimoni buku Jurus Jitu Menjadi Penulis Andal Bersama Pakar ini benar-benar bermanfaat untuk menggugah peserta segera menulis dan menerbitkan buku. Dan buku ini juga bisa dijadikan model untuk menyusun naskah reseme menjadi buku. 

Ini testimoni sebagian teman-teman yang beli buku Jurus  Jitu Menjadi Penulis Andal Bersama Pakar.










Pak Budi Idris dari Sumatra dan Pak Ahsanuddin  dari Jombang juga tidak ketinggalan buli buku saya untuk dijadikan model. Ternyata keduanya berhasil terbitkan bukunya. Saya ucapakan selamat dalam kata pengantar  buku Beliau. 










Memang model sangat diperlukan bukan saja menerbitkan buku, mau  membuat rumah saja pasti kita sudah mencari model setiap kita lewat jalan raya atau jalan-jalan di kota kota kecamatan atau kabupaten, atau kota kita selalu mengambil foto rumah yang kita anggap cocok dan baik. Bukan satu rumah itu yang kita foto tentunya banyak setiap ada rumah yang bagus, pasti kita foto kita abadikan. Bahkan kita juga beli majalah arsitektur yanag sudah ada ukuran, model dan bentuknya. Lalu kita oleh dengan pasangan kita untuk mulai mendesain rumah kita sesya dengan lokasi tanah, kebutuhan dan keuangan baru kita ke ahli tukang gambar rumah atau  Arsitek. Kita akan mendapat gambar lengkap sesuai permintaan  kita. Baru kita mulai mengerjakan bangunan, ambil tukang  sesuai dengan disain kita.

Semoga buku ini bermanfaat bagi banyak orang   menjadi penulis andal dan bisa segera menerbitkan bukunya.

Yuk segera miliki buku yang keren ini untuk dijadikan model Menerbitkan buku. 

( Penerbit buku Kamila Press Lamongan 081330944498). 



Komentar

  1. Mantaps dan setuju harus punya model biar pembaca tertarik. Sukses selalu cak inin

    BalasHapus
  2. Dalam membuat buku pertama diperlukan buku panduan atau rel agar buku kita tidak mengecewakan isi dan bentuknya.
    Buku jurus jitu menerbitkan buku milik cakinin ini bisa dijadikan model untuk menulis buku
    Terima kasih cak

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Terima kasih Bpk kepsek Suparno yg luar biasa

      Hapus
  4. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia, ::))
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile :d
    Whatshapp : +85515373217 :* (f)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023