Kata Pengantar





Mukminin, S.Pd., M.Pd.

( Guru, Penulis, Penerbit Buku dan Pegiat Literasi dan Konsultan Umroh dan Haji Plus Arminareka Perdana )


Menulis adalah keterampilan tingkat tinggi. Pada umumnya semua manusia bisa menulis, tinggal mau atau tidak mau. Buktinya  setiap hari muncullah tulisan di berbagai Medsos,  apapun bentuknya. Keterampilan menulis perlu dilatih terus karena apa yang yang ditulis ada pesan yang harus tersampaikan pada pembaca. 


Menulis pada hakikatnya adalah suatu proses berpikir yang teratur, sehingga apa yang ditulis mudah dipahami pembaca. Sebuah tulisan dikatakan baik apabila memiliki ciri-ciri, antara lain bermakna, jelas, bulat dan utuh, ekonomis, dan memenuhi kaidah gramatikal ( Wikipedia).


Untuk menjadi penulis sukses diperlukan ketekunan, kesabaran dan komitmen yang tinggi. Sebab akan banyak tantangan dan rintangan yang akan menghadap. Namun yakinlah bahwa semua itu akan membuat para penulis akan mengerti arti kehidupan. Tinggalkan jejak jemari di era pandemi. Lalu bersiaplah menjadi penulis terkenal di era global.


Bapak Ahsanuddin, S.Pd., M.MPd.  adalah salah satu guru kreatif dari MTs Negeri 2 Jombang tepatnya di Pondok Darul Umum Rejoso Jombang yang mau menulis dan menerbitkan buku.  


Saya mengucapkan selamat kepada Bapak Ahsanuddin, S.Pd. M.MPd.  yang terus berkarya hingga saat ini, dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19, bisa menerbitkan  buku yang berjudul " Jejak Langkah Menuju Penulis Sukses".


Buku ini merupakan kumpulan hasil resume belajar menulis bersama Om Jay dan PGRI yang dilaksanakan secara gratis tanpa dipungut biaya.


Buku ini memuat teknik dan tips menulis dan menerbitkan buku yang diuraikan secara jelas dan mudah berdasarkan pengalaman  para pakar menulis. Sehingga pembaca dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari buku ini dan tergerak untuk menulis dan menerbitkan buku. 


Sekali lagi saya mengucapkan selamat atas terbitnya buku ini semoga semakin semangat untuk menerbitkan buku-buku selanjutnya. Dan semoga menjadi motivasi bagi kita guru-guru untuk selalu menulis dan menerbitkan karyanya yang berupa buku khususnya di Jombang dan umumnya guru--guru di seluruh tanah air.  Karena guru yang profesional adalah guru yang kreatif dalam mengajar, menciptakan pola-pola pembelajaran yang menyenangkan siswa dan mampu mempublikasikan tulisan atau karyanya baik dalam  bentuk karya ilmiah dan nonilmiah. 


Semoga Buku ini bermanfaat bagi pembaca dan pencerah yang  menggeliatkan dunia literasi di Indonesia. Gerakan literasi nasional harus kita hidupkan dengan semangat membaca dan menulis.


Salam Literasi


Lamongan, 22 Desember 2020

Cak Inin. 

Guru Penggerak Literasi Indonesia.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023