# Menggerakkan Literasi di Sekolah membuat buku antologi guru dan siswa kelas IX. Saya sebagai ketua dan koordinator:

 # Menggerakkan Literasi di Sekolah  membuat buku antologi guru dan siswa kelas IX. Saya sebagai ketua dan koordinator:


1. Pada tahun pelajaran 2019-2020 ujian praktik bahasa Indonesia kelas IX saya  ditunjuk kepala sekolah SMP I Kedungping Lamongan sebagai ketua untuk mengkoordinir ujian praktik siswa membuat puisi dari sebanyak 9 kelas dari kelas IX A - IX I. Ujian praktik dilakukan bulan Maret 2020 dengan  guru-guru bahasa Indonesia sebagai penguji ( 6 orang). Pelaksanaan ketika masih tatap muka, Minggu berikutnya kena Pandemi Covid-19 sehingga disambung lewat Daring ( online).

Alhamdulilah Setiap siswa membuat 1 puisi sesuai dengan undian yang di dapat yaitu tema: narkoba, rokok, lingkungan hidup, kawasan kumuh, banjir, hutan dan sampah. 

Siswa membuat satu puisi dan bawahnya ditulis biodata siswa: nama siswa, kelas/ no. Absen, alamat, no. Hp dan motto.

Kemudian naskah puisi tiap kelas dikirim online ke sekretaris kelas. Semua sekretaris kelas dikirim ke saya dalam bentuk file word atau  flashdisk untuk saya edit dan jadikan satu file naskah buku. Lalu kami terbitkan 300 buku Ber-ISBN dengan judul " Goresan Pena" ( Dalam Pandemi Covid-19) 

Antologi Puisi Guru dan Siswa SMP NEGERI I KEDUNGPING. Penulis dari guru: Sri Wahjuni, S.Pd.,M.Pd. ( Kepala Sekolah), Mukminin,S.Pd. M.Pd., Dra. Ismin Pudji Wiludjeng, dan Siswa Kelas IX ( 270 Siswa). Buku ini sebagai kenangan lulusan dan mengembangkan literasi sekolah. Setiap penulis, kepala sekolah, guru dan siswa mendapat 1 buku. Serta diarsipkan di perpustakaan Darul Amiq ( perpustakaan digital dan bersifat Nasional)  5 buah. Buku dicetak A 5 tebal buku 267 halaman dengan nomor ISBN 9786237731587.

Surat tugas dari kepala sekolah 


Buku Antologi Puisi 







Sertifakat Penulis buku Antologi 





Launching Buku Antologi Puisi 






Seluruh Siswa kelas IX dari IXA,-IX I mendapat Buku Antologi satu sebagai kenangan  hasil karyanya.


2. Pada tahun pelajaran 2020-2021 ujian praktik bahasa Indonesia kelas IX saya  ditunjuk lagi oleh  kepala sekolah SMP I Kedungping Lamongan, sebagai ketua untuk mengkoordinir ujian praktik siswa membuat kisah inspiratif dari sebanyak 9 kelas dari kelas IX A - IX H dalam ujian praktik dilakukan bulan Maret 2021 dengan  guru-guru bahasa Indonesia sebagai penguji dalam tatap muka dan daring/ online ( 6 orang) karena dalam  pandemi Covid-19  belum berakhir. 

Setiap siswa membuat 1 kisah inspiratif  sesuai dengan yang dialami dan didengar siswa, dan bawahnya ditulis biodata siswa: nama siswa, kelas/ no. Absen, alamat, no. Hp dan motto.

Kemudian naskah kisah inspiratif dari seluruh kelas dikirim online ke sekretaris kelas masing-masing.  Semua sekretaris kelas mengirimkan  ke saya dalam bentuk  file word atau  flashdisk untuk saya edit dan jadikan satu file naskah buku. Lalu kami terbitkan 270  eksemplar  dengan  judul " Aku dan Kisahku" Antologi Puisi Guru dan Siswa SMP NEGERI I KEDUNGPING LAMONAGAN. Saya terbitkan di peberbit Kamila Press Lamongan milik saya. Tebal buku 432 halaman dengan  nomor  ISBN 97862253199. 

Penulis dari guru: Sri Wahjuni, S.Pd.,M.Pd. ( Kepala Sekolah), Mukminin,S.Pd.,M.Pd. dan   Siswa Kelas IX ( 235 Siswa). Buku ini sebagai kenangan lulusan tahun pelajaran 2020-2021 dan mengembangkan literasi sekolah. Setiap penulis, kepala sekolah, guru dan siswa mendapat 1 buku. Serta diarsipkan di perpustakaan Darul Amiq ( perpustakaan digital dan bersifat Nasional)  5 buah. 


 Foto  surat tugas 






Bimbingan yang saya lakukan dengan anak kelas IX di Perpustakaan Bahrul Amiq menjelang ujian Praktik membuat buku antologi kisah inspiratif. Buku antologi Puisi karya anak kelas IX tahun yang lalu 2019-2020 saya gunakan sebagai model / contoh (  ketika KBM tatap muka terbatas dalam Pandemi Covid-19). 

Cover dan buku yang telah terbit 


Foto anak-anak kelas IX setelah pengumuman lulus semua mendapat buku antologi Kisah Inspiratif "Aku dan Kisahku".

Cover dan buku yang telah terbit 










Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023