Pengusik Tengah Malam

 Pengusik Tengah Malam

#pentigraf5#

Sudah seminggu ini tidurku terganggu. Setiap malam, dari atap rumah terdengar suara gemerisik. Tingkah tikus kah? Tidak mungkin karena suara gerakannnya lambat. Atau si teklik¹ yang pernah aku dengar ceritanya saat di SD dulu. Suara langkah kaki berjalan di dalam kelas saat malam tiba. Kelasku ada di sebelah barongan.²

Paginya untuk memastikan, aku cek kondisi di atas genting. Dari balik karet talang, terlihat ekor hewan berkulit kasar. Entah hewan apa. Diam. Tak bergerak. Tidurkah? Aku tak berani membangunkan.

Aku panggil Cak Wit, pawang ular berbisa di desaku. Dengan perlahan, dia pegang ekor dan menarik keluar. Dengan tangkas, kepala hewan yang menganga dan siap menyerang itu ditangkap oleh tangan kuatnya. "Wah! Gendruwo³ nyambek⁴ ini bisa dijual, Pak Guru," ucap Cak Wit. Aku hanya tersenyum lepas sambil mempersilahkan untuk menjualnya.


Rumah Syiar Tlanak, 18092021.08.23


Cak Inin Mukminin

¹ cerita turun temurun di saat sekolah masih di kelilingi barongan.

² rimbunan pohon bambu di mana pada masa itu sering dibuat pagar desa.

³ makhluk halus yang digambarkan berbulu lebat

⁴ biawak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Di Usia 56 Tahun Aku Berkarya dan Berprestasi

Usiaku 56 Tahun Aku Tetap Semangat Berkarya