Aku Bengong

Aku Bengong 

Pada jam 20.30 aku dengan istri dan 2 temanku yaitu Romi dan Yuli habis silaturokhim ke rumah Danang. Karena waktunya makan perutku lapar. Langsung saja mobil Rush saya parkirkan di langganan Angsle * dan Ronde* biar badan hangat.

Aku minta Angsle dan Ronde karena lapar. Istri minta angsle. Romi dan Yuli sama minta angsle. Ketika saya  ambil angsle saya bicara dengan penjual yang laki-laki. Saya kok curiga 2 orang wanita berjualan satu tempat, satu angsle satu ronde dan ada 4 anak laki-laki seusia lari-lari di lokasi warung.

"Mas putranya berapa?" tanyaku."13 anak Pak," jawabnya. Aku terkejut, biasa nafsu kepo muncul......dan ketika dia menjelaskan bahwa semua itu dari 4 isteri, aku menjerit dan terkejut. Ada cubitan keras di perut oleh tangan isteriku. Ada sisa angsle kesedak di leher. Hek.. 


Rumah Syiar Tlanak, 8112021.20.38

Cak Inin Mukminin


* Angsle atau wedang angsle adalah minuman khas Jawa Timur yang menyerupai kolak. Penjual angsle tradisional dulu berkeliling kampung hanya pada malam hari, karena angsle yang hangat pas disajikan saat malam hari atau saat hujan. Wikipedia. 

* Ronde adalah makanan tradisional China dengan nama asli Tāngyuán (metafora dari reuni keluarga yang dibaca tuányuán). Ronde terbuat dari tepung ketan yang dicampur sedikit air dan dibentuk menjadi bola, direbus, dan disajikan dengan kuah manis. Rasanya agak pedas jahe dan rasa  hangat di tubuh. Wikipedia.


Komentar

  1. Keren banget pak. Salam literasi;
    aleepenaku.com

    BalasHapus
  2. Kangen wedang ronde waktu tinggal di Yogya 😋

    BalasHapus
  3. Angsle, mungkin hanya istilah yang beda. Jika dihadapkan pada makanannya, bisa mengenali. Betapa kaya Indonesia dengan budayanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak D dingin2 yuk kita minum Ronde dan angsle

      Hapus
  4. Cak Imin kalau bisa berlaku adil bisa loh punya istri 4 orang hehehe

    BalasHapus
  5. Ahlinya pentigaraf......semangat cak , nti buat antologi pentigraf pasti seru deh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023