KATA PENGANTAR SAMUDRA LITERASI

 KATA PENGANTAR SAMUDRA LITERASI



* Mukminin

Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari  hari ( Wikipedia ). Dalam konteks sederhananya literasi adalah bagaimana kita dapat menulis sehingga berwujud sebuah karya.

Dalam buku Samudera Literasi ini penulis menyajikan berbagai macam jenis tulisan mulai dari fiksi, non fiksi, puisi dan pantun. Sehingga bisa dijadikan acuan bagi penulis pemula untuk mengembangkan tulisannya. Bahasa yang penulis sajikan pun sederhana, sehingga dengan mudah bisa dipahami oleh pembaca.

Sebagai seorang pendidik tentunya kegiatan literasi menjadi sebuah keharusan, karena tiap hari kita menyuruh siswa-siswi kita untuk membaca dan menulis. Maka disini kita tentunya bukan hanya sebatas membaca dan menulis tapi lebih dari itu, harus menghasilkan sebuah karya yang bisa dibaca oleh siswa-siswi kita. Contoh lebih baik dari hanya sekedar ucapan. Sekarang generasi kita butuh contoh-contoh nyata, bukan hanya ucapan atau jargon-jargon. Misalnya: Ayo kita budayakan literasi, Berdayakan masyarakat kita dengan berliterasi, atau Jadilah seorang yang litterat. Padahal itu jauh dari kepribadian kita yang tidak senang membaca dan malas menulis.

Guru literat adalah guru yang mampu melakukan kegiatan membaca, menulis dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan literasi. Melalui kegiatan nya itu ia mampu meningkatkan kwalitasnya sebagai guru, dan ia juga mampu memotivasi dan meningkatkan prestasi-prestasi belajar siswa-siswinya.

Saya mengucapkan selamat kepada  Bapak Muh. Yasin, M.Pd. sebagai guru yang diberi tugas sebagi Kepala Sekolah SDN Nyabakan Timur III, Kec. Barang-barang,  Sumenep, Madura yang telah berhasil menerbitkan buku solo. 

Semoga dengan terbitnya buku ini bisa mendorong khususnya bagi guru-guru Sumenep Madura dan seluruh Nusantara untuk berkarya menerbitkan buku untuk menyukseskan Gerakan Literasi Nasional untuk kemajuan  bangsa. Salam [].

Lamongan, 5 Februari  2023


Mukminin, S.Pd., M.Pd. 

(Guru Penulis, Pegiat Literasi, Owner Kamila Press, Konsultan Umroh VIP dan Haji PLUS Arminareka Perdana).

HP/WA: 081330944498 

FB : Cak Inin Mukminin Arminareka Perdana 

Email: gusmukminin@gmail.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023