Pengantar Buku Hikmah di Balik Tirai Kehidupan

 Kata Pengantar



* Mukminin


Menulis adalah mengungkap gagasan, opini dan ide dalam rangkaian kalimat untuk menyampaikan pikiran atau pandangan. Hasil tulisan itu dipengaruhi oleh suasana hati, dan latar belakang penulis.

Ada beberapa tujuan menulis antara lain: a). memberikan informasi kepada pembaca berupa fakta, peristiwa, pendapat maupun pandangan terhadap pembaca, b). Mempengaruhi atau meyakinkan pembaca bahwa apa yang ditulis itu benar adanya, c). Mendidik yaitu tulisan tersebut memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi pembaca, d). Menghibur pembaca yaitu tulisan yang berupa Satra:  Cerpen, Novel, dan cerita-cerita yang menghibur. 

Ide menulis yang inspiratif bisa berasal dari peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, pengalaman sendiri atau orang lain, tokoh terkenal dan inspiratif, lingkungan kerja, alam sekitar (hewan, tumbuhan, alam), dan benda-benda di sekitar, dll.

Dalam perjalanan kehidupan yang penuh liku dan menginspirasi ini perlu ditulis, dikemas, dihimpun dalam sebuah buku. Hal ini telah dilakukan oleh Ibu Sri Rahayu dengan menerbitkan buku dengan judul “Hikmah di Balik Tirai Kehidupan."

Bentuk tulisan dalam buku ini hampir seluruhnya berupa pendapat atau opini dari penulisnya yang tetap berpedoman pada Al- Quran dan sunah Rasul sebagai panutan sesuai keyakinan penulis. Sehingga ada hikmah yang perlu dipetik untuk  memperbaiki hidup dan kehidupan. 

Saya mengucapkan selamat kepada Ibu Sri Rahayu sebagai guru  inspiratif dari  SMP 55 Surabaya yang telah berhasil menerbitkan bukunya. Semoga menjadi pendorong guru-guru di sekolahnya dan guru-guru Indonesia untuk berkarya menerbitkan buku dalam rangka menyukseskan GLN (Gerakan Literasi Nasional) demi kemajuan peradaban bangsa Indonesia. Dan semoga  buku ini bisa memberikan  hikmah bagi pembaca. Salam.[]


Lamongan, Maret 2023


* Mukminin

(Guru Penulis, Pegiat Literasi, Owner Kamila Press, Konsultan Umroh VIP dan Haji Puls Arminareka Perdana KCP Lamongan). Penulis 36 Buku: 6 buku solo; Jurus Jitu Menjadi Penulis Andal Bersama Pakar; 55 Pantun Nasehat; Laron; Nusantara Berpantun; Dari Pengantar Jadi Buku, dan 30 buku antologi).

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023