Kata Pengantar Buku Bergerak dan Mennggerakk

 Kata Pengantar

* Mukminin

Menulis adalah merupakan kegiatan menuangkan gagasan, pemikiran, ilmu, dan pengalaman hidup dari seseorang dalam bentuk komunikasi tulis yang mudah dipahami serta mampu membangkitkan emosi pembaca. Menulis bisa berupa fiksi dan nonfiksi, bergantung pada kemauan penulis.

Tidak semua orang yang pandai dalam berbicara, pasti bisa menulis. Karena menulis itu sebuah keterampilan yang tertinggi dari empat keterampilan lainnya. Yaitu mendengar, membaca, dan menyimak. 

Menulis itu mudah jika ada niat kuat dan terus berlatih. Seseorang akan bisa menulis dengan mudah jika dibarengi dengan banyak membaca  literatur, menyimak, dan bertanya jawab dengan  para ahli di bidangnya. 

Sesuai dengan pendapat Harnowo, "Penulis yang baik, karena menjadi pembaca yang baik." Serta bergabung dan bergaul dengan komunitas menulis. Pepatah mengatakan jika  Anda ingin wangi, maka bergaullah, bertemanlah dengan penjual minyak wangi. Jika Anda ingin menjadi penulis maka bergabunglah dan bergaul dengan komunitas menulis.

Buku yang berjudul  "Bergerak dan Menggerakkan adalah memoar kedua karya  dari Ibu Sumintarsih, M.Pd. yang menggambarkan perjalanan guru literasi dari perjalanan sejak kecil. Buku ini terdiri dari dua bagian besar. Pertama BERGERAK yaitu proses literasi ketika di bangku SMP sampai menjadi penulis. Yang kedua MENGGERAKKAN  ketika menjadi guru bahasa Indonesia menggerakkan literasi di lingkungan sekolahnya. 

Saya mengucapkan selamat kepada Ibu Sumintarsih, M.Pd.yang luar biasa sebagai guru SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto yang sekaligus sebagai penulis dan penggerak literasi yang telah berhasil menerbitkan karya bukunya.

Semoga buku ini bermanfaat dan menjadi motivasi yang menggerakkan guru-guru Indonesia untuk menulis dan menerbitkan karyanya demi kemajuan bangsa. 

Salam Literasi [].

Lamongan, 27 April 2023

* Mukminin, S.Pd., M.Pd.

(Guru, Penulis, Pegiat Literasi, Direktur Kamila Press, Tim Pengembang Puisi 2.0 Jawa Timur dan Indonesia Timur, serta Konsultan Umroh VIP dan Haji Plus Arminareka Perdana KCP Lamongan).

Komentar

  1. Alhamduluillah, terima kasih, Pak. Buku saya diantarkan dengan indah.Semoga menjadi buku yang bermanfaat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023