Kata Pengantar Buku

Kata Pengantar Buku

AKSI NYATA GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN GUNUNGKIDUL (GSM)."karya Ibu Eni Setyowati.


* Mukminin

Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan peserta didik di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup, menurut GBHN 1973. 

Pendidikan berkaitan erat dengan mendidik. Mendidik adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak supaya mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya ( Ki Hajar Dewantara). 

Mendidik sasaran utamanya adalah siswa atau anak didik. Anak didik atau peserta didik adalah amanah bagi seorang guru atau mentor yang harus dididik, dijaga, dan  dibina, serta dipersiapkan dengan sebaik-baiknya sebagai generasi penerus masa depan bangsa. 

Pendidikan pada dasarnya adalah memanusiakan anak didik. Memanusiakan dengan mengembangkan bakat dan potensi peserta didik sesuai kodratnya masing-masing. Sebagaimana ajaran Ki Hajar Dewantara yaitu asah, asih, asuh dengan semboyan Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani, serta berdasar filosofi pendidikan yang menuntun, bertani, bermain, dan berhamba pada anak. 

Untuk membentuk jati diri  anak didik berkarakter mulia yang tangguh dan berprofil pelajar Pancasila, salah satu usaha yaitu lewat Gerakan Sekolah Menyenangkan.

Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) berusaha menciptakan kondisi sekolah yang menyenangkan dan memerdekakan peserta didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya. 

Buku yang berjudul “AKSI NYATA GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN GUNUNGKIDUL (GSM)."karya Ibu Eni Setyowati adalah sebagai sebuah catatan dan dokumen tentang aksi-aksi nyata darie Grakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di sekolahnya di daerah Gunungkidul Yogyakarta. GSM ini dilakukan oleh sekolah-sekolah sasaran POPe bekerjasama dengan Yayasan Sekolah Menyenangkan mengusung jargon Berubah, Berbagi, Berkolaborasi, pinunjul. 


Saya mengucapkan selamat kepada ibu Eni Setyowati, S.Pd. sebagai guru hebat di SDN Wiladeg Gunungkidul, dan sebagai penulis yang sukses melaksanakan GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN dan berhasil merakit menjadi karya buku yang bagus.

Semoga buku ini menjadi motivasi dan contoh bagi guru-guru di Indonesia sebagi  aksi nyata dari Gerakan Sekolah Menyenangkan yang membawa perubahan pendidikan yang lebih baik, menyenangkan, dan berkolaborasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yang menuju generasi emas. Selamat[].

 .

Lamongan, 9 Mei 2023

* Mukminin, S.Pd., M.Pd.

(Guru, Penulis, Pegiat Literasi, Direktur Kamila Press, Tim Pengembang Puisi 2.0 Jawa Timur dan Indonesia Timur, dan Konsultan Umroh VIP dan Haji Pulsr Arminareka Perdana KCP Lamongan).

Komentar

  1. Wah... terimakasih byk cak inin atas kt pengantarnya...sukses selalu kagem cak inin dan Kamila pressnya....

    BalasHapus
  2. Terima kasih. Sami2 bu ENI sukses selalu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023