DI USIA 57 TAHUN TETAP SEMANGAT BERKARYA, MENGGERAKKAN LITERASI, DAN MENJADI TL UMROH

DI USIA 57 TAHUN TETAP SEMANGAT BERKARYA, MENGGERAKKAN LITERASI,  DAN  MENJADI TL UMROH 



Oleh: Mukminin, M.Pd.*


Hidup bahagia, sukses di dunia dan akhirat pasti dambaan semua orang. Semua orang bisa mencapai suksek asal mempunyai keyakinan. Ya, Yakin. Tanpa keyakinan yang kuat tidak akan tercapai. Dari mana kesuksesan akan tercapai jika dirinya sendiri tidak yakin. Oleh karena itu kesuksesan butuh niat 

kuat dan keyakinan dalam diri sendiri dan usaha yang sungguh-sungguh, seta fokus  untuk menggapainya dengan berdoa yang sungguh-sungguh.  Bukankah setiap selesai shalat kita pasti berdoa kepada Allah minta kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat serta dijauhkan dari api neraka, "Robbana atina fiddunya Hasanah, wafil akhirati hasanah waqina.adabannar". Dan ingat sebuah hadis Nabi, "Aku (Tuhan) sesuai prasangka hambaku."

Untuk mencapai sukses jangan  lupa "DUIT." 

D= DOA

U= Usaha

I= Ihtiyar 

T= Tawakkal Allallah. 

Siapakah  orang yang dikatakan sukses?r Oang sukses adalah orang yang berhasile mewujudkan mimpi dan rencananya, sehingga menjadi orang yang banyak bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. Karena itu sebaik-baiknya orang adalah orang yang banyak bermanfaat bagi orang lain. Kesuksesan itu bisa  berupa prestasi. 

Prestasi diperoleh dari usaha yang telah dikerjakan seseorang. Prestasi dapat dicapai dengan mengandalkan kemampuann Itelektual, emosional, dan spiritual, serta ketahanan diri dalam menghadapi situasi segala aspek kehidupan. 

Ciri khas orang yang berprestasi selalu mencintai pekerjaannya, memiliki inisiatif dan kreatif, pantang menyerah, serta menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh atau kerja keras dan disiplin. 

Prestasi yang dapat dicapai oleh seseorang, antara lain: Prestasi Belajar, Prestasi Kerja, Prestasi Seni, Prestasi Olahraga, Prestasi Lingkungan Hidup.


Usia boleh tua tapi semangat harus tetap muda. Sehingga hidup lebih bermanfaat.Tiada kata terlambat untuk mencapai kesuksesan. Apapun bentuk kesuksesan itu.

Alhamdulilah di tahun 2022 di usia saya yang ke-57  tahun saya masih berkarya dan berprestasi. Di usia 55 tahun saya mulai niat kuat untuk menjadi penulis, maka saya belajar menulis bersama PGRI asuhan Founder Bapak Wijaya Kusuma alias Om Jay berhasil menerbitkan buku, berhasil menjadi Penerbit buku, Menjadi Nara sumber belajar menulis Buku di beberapa grup literasi.

Saya juga mengikuti berbagai grup Liteasi, Belajar Menulis di PGRI, Pengurus Rumah Virus Litearsi dengan asuhan dan Founder Drs. Moh. Khoiri, M.Si  (Dosen Unesa), Grup Sastra 3 asuhan Dr. Tengsoe Tjahjono (Dosen Unesa, Penggagas sastra 3).

Selain sebagi penulis buku, Owner penerbit buku Kamila Press, nara Sumber Litearsi (pegiat Liteasi Nusantara) di beberapa grup, juga sebagai konsultan umroh dan haji plus Arminareka Perdana (biro terbesar di Indonesia) sering menjadi Tour Leader (TL) umroh.

I. KARYA BUKU SOLO YANG TERBIT TAHUN 2022: 

1. Menerbitkan 3 buku solo tahun 2022: 

(1). LARON ( Kumpulan Puisi 2.0) Penerbit Kamila Press 2022.

(2). NUSANTARA BERPANTUN ( Antologi 65 Pantun Nasihat) Penerbit Kamila Press 2022.

(3). DARI PENGANTAR JADI BUKU ( Plus 4 Pengantar Pakar Menulis) Peberbit Kamila Press 2022. 


Foto 1 buku solo



II. Menerbitkan 9 Buku Antologi Bersama Pegiat Literasi dan Grup Sastra 3 :

1. Menenun Kata Antologi Puisi 2.0. Cak Inin Mukminin, dkk ( Kamila Press, 2022) 

2. My Father is Pioneer, Mukminin, dkk. ( Kamila Press, 2022).

3. Indonesia Berpantun, Cak Inin Mukminin, dkk. ( Kamila Press, 2022).

4. Menoreh Pentigraf 2022, Cak Inin Mukminin, dkk. ( Kamila Press, 2022). 

5. WHY? Mengapa Aku Jadi Guru, Mukminin, dkk, Antologi Pegiat Literasi Indonesia ( Kami Press, 2022)

 6. Cerita di Balik Tembok Kehidupan, Cak Inin Mukminin, dkk. (Kamila Press, 2022)

7. My Dreams in 2022 Antologi Pegiat Litearsi Indonesia (Kamila Press, 2022)

8.IBARAT-BAGAI-SEPERTI- ANDAI ( Kitab Cerpen Tiga Paragraf) KPI 2022 ( Delima 2022)

9. Resital Musim, Kitab Puisi Tiga Bait, Teras Putiba 2022 ( Delima 2023).


Foto 2 buku antologi


III. Sebagai Nara sumber Belajar Menulis di Grup KBMN PGRI Asuhan Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd. Tiga kali: pertama gelombang 25 dan 26 tanggal 24 Maret 2022 diikuti 295 peserta. Kedua gelombang 27 pada tanggal 24 Juni 2022 dikuti 412 peserta. Pelaksanaan malam hari pukul 19.00-21.30 WIB, penyampaian materi disahre di WA grup selama 1 jam dilanjutkan tanya jawab dengan peserta yang jumlahnya 824 orang lebih. Materi penerbit Indie.  


Foto 3  flayer dan piagam. 


IV. Mengikuti Pelatihan Menjadi Editor

Mengukuti pelatihan dalam grup Dosen Kolaborasi Lintas PT (DKLPT) tanggal 17-24 Juli 1022, yang dilaksanakan Yayasan Penerbit Muhammad Zaeni, alhamdulillah berhasil lulus dengan Excellent.


Foto 4 sertifikat



V. Diminta memberikan kata pengantar buku dari guru-guru berbagai daerah di Nusantara yang mencetakkan bukunya di Kamila Press, banyak penulis buku baik solo maupun antologi. Kata pengantar yang saya buat ada 42 buku, eman-eman terbuang sia-sia, maka saya jadikan sebuah buku dengan judul "Dari Pengantar Jadi Buku" yang diberi Kata Pengantar Prof. Ngainun Naim, M.HI. buku ini  terbit Juli 2022.  


Ft. 5 Buku Dari Pengantar Jadi Buku


VI. Sebagai Ketua KOPDAR 1 Rumah Virus Literasi di BPPG Yogyakarta 21-23 Oktober 2023. Alhamdulilahe berhasil dan Sukses berkat kegigihan pengurus dan panitia yang dipandegani Founder RVL Drs. Much. Khoiri, M.Si. dosen Unesa Surabaya dan seorang DONATUR HEBAT dari Makasar. Kopdar 1 Jogja  dari undangan 100 diikuti 68 peserta dari seluruh penjuru Nusantara. Dengan kegiatan Launching Buku karya anggota, Bazar Buku, dan workshop kepenulisan buku. Kamil Press sebagai sponsor utama dengan menerbitkan Sertifikat bersama founder RVL. Menyiapkan baner, topi pengurus, ID Card pengurus. Alhamdulillah KOPDAR 1 Jogjakarta diliput 3 koran. 


 Ft. 6 Kegiatan dan koran


VII. Tahun 2022 saya berhasil menjadi TL (Tour Leader) umroh yang ke-5 untuk memimpin jamaah umroh PT. Arminareka Perdana Jakarta 12 hari. Tepatnya 5-16 November 2022 dengan jumlah  jamaah sangat maksimal 50 jamaah degan 2 TL saya dengan istri saya Umi Winarti. Dengan Carter 1 bus dari rumah saya Lamongan ke bandara Juanda. Dari Bandara  Juanda Surabaya pesawat Lion Air terbang pukul 16.00 langsung  Bandara King Abdul Aziz di Madinah selama 12 jam. Empat hari ibadah di Masjidil Nabawi dan 8 hari di Masjidil Haram.  Alhamdulilah perjalanan umroh lancar, sehat, dan semoga Mabrur.



. FOTO 7 UMROH 


VIII. Menjadi Narasumber Menulis dan Menerbitkan Buku di Kelompok Kerja Pengawas Cikampek tanggal 29 Desember 2022. Pesertanya pengawas, guru dari siswa Cikampek bahkan juga diikuti berbagai daerah. Jumlah peserta 125 lebih. Penyelenggaraan  Komandani dua pengawas Ibu Wahyu Nur Hidayati, M.Pd. dan Pak Tatang Taryana, M.Pd. pelatihan pagi hari pukul 08.00-12.00 dengan materi 1 jam dilanjutkan 1 jam tanya jawab. 


Foto. Zoom dan flaye



Usai pelatihan 6 guru dan 1 siswa berhasil terbitkan  buku di Kamila Press. 


 Foto buku


Semoga di tahun 2023 saya lebih semangat untuk berkarya menerbitkan buku, menggerakkan literasi, dan penggerak umroh dan haji plus Arminareka Perdana Jakarta,  KCP  Lamongan. Salam[].


Lamongan, 19 Mei 2023


* Mukminin, S.Pd.,M.Pd.

(Guru Penulis, Pegiat Literasi, Owner Kamila Press, Tim Pengembang Puisi 2.0 Indonesia Timur, Konsultan Umroh VIP dan Haji Puls Arminareka Perdana KCP Lamongan). Lahir di Jombang 6 Juli 1965. Pendidikan terakhir S2 UNISDA Lamongan. Guru SMP N I Kedungpring, Lamongan sejak.1989- sekarang. Penulis 36 Buku: 6 buku solo;  55 Pantun Nasehat; Jurus Jitu Menjadi Penulis Andal Bersama Pakar; Laron; Nusantara Berpantun; Dari Pengantar Jadi Buku, dan 30 buku antologi).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023