Kata Pengantar Buku Cermin Hidup Kumpulan Gurindam

 Kata Pengantar

* Mukminin, S.Pd., M.Pd. 

Gurindam adalah puisi lama yang berisi nasihat atau petuah, terdiri atas dua bait dengan rima yang sama. Salah satu contoh gurindam yang terkenal adalah Gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji yang dibuat pada 1847 M. 

Salah satu ciri khusus gurindam yang paling mendalam adalah mengandung ajaran hidup yang berupa nasehat bijak kepada sesama manusia agar melakukan kebaikan selama hidup di dunia. Fungsi gurindam antar lain:  mendidik jiwa, menghibur manusia, Merekam kondisi sosial masyarakat, dan menyampaikan dakwah agama.

Buku Cermin Diri Penuntun Hidup Kumpulan Gurindam Dua Belas karya Florentina, S.Pd., SD., M.Pd. guru SDN Siraman III Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta ini berisi 65 pasal. Antara lain berisi nasehat tentang:  pendidikan, berbuat baik kepada orang tua, keagamaan, budi pekerti, semangat hidup, dan kesuksesan. 


Saya ucapkan selamat kepada Ibu Florentina atas terbitnya buku ini semoga menginspirasi kepada guru-guru di Yogyakarta khususnya dan guru-guru Indonesia pada umumnya untuk terus berkarya dalam menyukseskan Gerakan Liteasi Nasional. Dan Semoga  buku ini memberi hikmah bagi kehidupan. Salam Literasi[].


Lamongan, 30 September 2023


*Mukminin, S.Pd., M.Pd.


(Guru, Penulis, Pegiat Literasi, Owner Penerbit Kamila Press, Pengurus RVL,  Konsultan Umroh VIP dan Haji Plus Arminareka Perdana KCP Lamongan). Penulis 42 Buku. Cp.081330944498, FB:cakinin mukminin arminareka.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023