TERLALU PERCAYA #pentigraf

 TERLALU PERCAYA 

#pentigraf


sudah tiga tahun Sutrisno  mendirikan usaha Toko Tani Telaten. Tokonya menyediakan barbagai kebutuhan petani. Antara lain: pupuk, obat-obatan, bibit padi, bibit buah semangka, bibit buah melon, dll. Karena harga di toko ini agak miring, maka toko Tani Telaten laris manis sampai luar kota. 


Untuk pelayanan toko ada 3 pembantu. Untuk pengiriman barang keluar kota disediakan armada col pikep yang dipercayakan kepada keponakannya Aldo, termasuk keuangan luar kota. Sutrisno benar-benar percaya kepada keponakannya yang setiap hari pasti setor keuangan kepada dirinya. Dalam 3 tahun omset jualan masuk kategori Milyaran. Dan lancar-lancar saja aja. Barang-barang  yang datang satu Minggu dibayar dari uang setoran.


Dalam 1 bulan ini Aldo  tidak pernah nongol dan  setor uang  dari pembayaran penjualan obat luar kota. Tiba-tiba Bos pabrik yang menitipkan barang ke toko Tani Telaten datang dengan nagih bawa bon 1,5 M yang belum dibayar. Betapa gemetarnya tubuh Sutrisno yang tidak pegang uang. Ada kabar  keponakannya  kabur lau kota dan tidak ditemukan. Toko seisinya beserta tanah dan setifikat diambil alih oleh Bos pabrik, juga  mobil Pajeronya langsung disita.


Lamongan, 18 November 2023


Cak Inin Mukminin

Komentar

  1. kasihan pak sutrisno menjadi korban penipuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul krn terlaku percaya pd orang lain walaupun kemenakan sebaiknya tdk semudah itu. Jd pelajaran Pentigraf ini. Mksih Om Jay

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023