Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023

Menenun Mimpi 

Menggapai Asa Tahun 2023



Oleh: * Mukminin, M.Pd.

Bermimpilah setinggi langit. Jka engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.” – Bung Karno.

SETIAP orang pasti mempunyai impian dan harapan. Mengapa?Karena tanpa impian dan harapan, manusia seperti mayat yang berjalan di atas bumi. Sebab ciri manusia yang hidup adalah punya citacita, impian dan harapan yang akan dicapai.

Untukmencapai impian harus mempunyai program dan target yang jelas, kapan itu diwujudkan. Dengan adanya program dan target seseorang akan segera action mengambil langkah-langkah nyata untuk menuju impiannya.

Program dirancang mulai jangka panjang 5 tahunan, menengah 2-3 tahun dan jangka pendek 1 tahunan. Program harapan atau impian jangka menengah 2-3 tahun bisa dijabarkan dalam program tahunan atau satu tahun.

Program impian dan harapan harus ditulis dalam agenda buku dan ditempel dalam kamar agar selalu terbaca setiap hari agar menjadi ingat terus target yang akan dicapai sehingga menimbulkan semagat untuk bekerja keras, penuh semangat dan menyenangi apa yang dilakukan . Jangan lupa "Ora et Labora," bekerja sambil berdoa. Dan punya keyakinan kuat, bahwa Allah pasti menolong kita sebagai hambaNya yang bersungguh-sungguh. Ingat pepatah Arab mengatakan "Man Jadda Wajada" (barang siapa yang bersungguh-sungguh, ia akan mencapai tujuannya). Dan diperkuat dengan sebuah hadis: "Allah itu terserah prasangka hambanya," Maka kita harus yakin, berusaha, dan berdoa dan akan tercapai impian dan harapan kita. Di dalam kitab 

suci Al-Quran: "Berdoalah kepadaku pasti Kukabulkan," dengan syarat bertaqwa. 


Dalam menggapai mimpi dan harapan harus bersabar. Sabar dalam arti luas yaitu terus bergerak dan berjuang semaksimal mungkin dengan berbagai ujian yang dihadapi. Sesuai pepatah Arab "Man shabara Zhafira artinya, barang siapa yang bersabar, ia akan beruntung dan berhasil.

Selain sabar kita harus benar-benar fokus dan konsisten, serta sikap istikamah yangbersungguh-sungguh untuk tidak mudah menyerah pada program yang diimpikan. "Man Saara 'Ala Darbi Washala artinya "Siapa yang menapaki jalan, maka sampai pada tujuan". Pepatah lain yang dinyatakan orang bijak dari negeri tirai bambu Cina Lao Tzu bahwa: 

"perjalanan 100 ribu mil dimulai dari langkah pertama". Tanpa kita 

berani memulai melangkah tidak akan sampai pulau impian yamg kita harapkan. 

Dan terus kita lakukan "Afirmasi" dengan membayangkan seolah-olah kita telah melakukan hal itu. Ambil contoh impian untuk berangkat umroh, maka kita Afirmasi ketika membuka Chanel live Kabah banyak orang sedang tawaf mengelilingi Kabah 7 kali putaran, maka kita memantaskan diri masuk ke dalam tawaf bersama orangorang yang tawaf. Perasaan kita, diri kita ikut tawaf.

Jika impian kita tahun ini membeli mobil Pajero, maka kita datang ke deler mobil langsung menuju petugas untuk bertanya tentang warna mobil, harga mobil baik cash ataupun kredit, minta brosur yang ada gambar Pajero, kita bayangkan "Afirmasi" memiliki mobil Pajero sesuai dengan warna kesukaan dan foto di depan mobil dalam showroom. Kita izin membukanya dan masuk ke dalam dan kita naiki duduk di kursi supir dengan membaca sholawat dan Al-Fatikhah . Ini juga termasuk langkah ihtiyar.

Ada beberapa manfaat dari impian yang menjadi cita-cita kita. 

Antara lain: 

 Pertama memberikan semangat hidup bagi kita. Karena dengan mempunyai impian dan cita-cita kita lebih semangat hidup untuk mencapainya.

 Yang kedua impian menjadikan motivasi kepada kita untuk semangat bekerja keras, tanpa putus asa. 

 Manfaat ketiga positif thinking. Dengan usaha dan kerja keras untuk menggapai impian dan harapan, maka kita selalu berdoa kepada Allah SWT dengan penuh khusuk penuh keyakinan terkabul. Dengan demikian kita selalu berpikiran positif (Positif Thinking).

 Manfaat keempat dengan impian dan harapan kita akan yakin arah tuuan hidup yang akan kita capai. Langkah kita yang sudah terprogram di tahun ini. Dengan adanya tujuan sebagai harapan yang akan  kita capai di tahun ini, selanjutnya kita mengatur strategi yang matang sehingga tujuan itu benar-benar tercapai. Semoga terkabul apa yang kita impikan dan harapkan.

✓ Impianku atau Goal di Tahun 2023: 

1. Memimpin jamaah umroh awal Ramadan 1 bus 44 jamaah Arminareka Perdana dan saya jadi Tour Leader (TL).

2. Bukan November 2023 bisa memimpin rombongan umroh Arminareka Perdana 2 bus. Menjadi TL dan Istri dengan mengajak adik Jombang MUDAWAMAH untuk umroh sebagai hadiah merawat secara langsung bapak ibu hingga wafat.

3. Lunas hutang-hutang.

4. Ananda Filo Sofia Kamila Mukmin LULUS BUMN dan mendapatkan jodoh yang shaleh, mempunyai pekerjaan tetap (dokter, BUMN, pengusaha). 

5. Anak kedua Annisa' Hanifa Mukminin S1 UNAIR kuliahnya sukses dan mendapat beasiswa S2-S3 sesuai jurusannya (FKH).

✓ Impian Literasi

Terbitkan buku solo:

a. Menjaring Lailatul Qadar (Puisi 2.0) .

b. Penanggalan Putiba Putibar (kumpulan puisi tiga dan satu 

baris).

c. KELON (Kumpulan Pentigaf).

d. Tips Mudah Menulis Artikel di Koran dan Majalah.

6. Terus ikut aktif mengerakkan Literasi Indonesia:

a. Mengadakan pelatihan-pelatihan menulis buku Ber-ISBN, 

mengadakan seminar-seminar atau Diklat menulis artikel 

ilmiah dengan pakar. 

b. Terus menjadi nara sumber pelatihan menulis di grup WA PGRI 

dengan tema Penerbitan buku (Peberbit Indie) dan Usaha 

Mendirikan Peberbit Buku.

c. Memimpin gerakan menerbitkan buku-buku Antologi bersama.

Bisa ikut KOPDAR 2 RVL (Launching Buku dan Worshop 

menulis Grup Rumah Virus Literasi Asuhan Drs. Moch. Choiri, 

M.Si bulan Juni 2022l3 di Yogyakarta).


IMPIAN ATAU GOAL DI TAHUN 2023 YANG TERCAPAI: 


1. Memimpin jamaah umroh awal Ramadan 20-30 Maret 2023 sebanyak 1 bus 44 jamaah Arminareka Perdana dan saya jadi Tour Leader (TL). TERCAPAI✓


2. Bulan November 2023 bisa memimpin rombongan umroh Arminareka Perdana 1 bus Istri menjadi TL tanggal 13-24 November 2023, dengan mengajak adik Jombang MUDAWAMAH untuk umroh sebagai hadiah merawat secara langsung bapak ibu hingga wafat. TERCAPAI✓ 

4. Ananda Filo Sofia Kamila Mukmin, S.T,  LULUS BUMN dan mendapatkan jodoh yang shaleh, mempunyai pekerjaan tetap (dokter, BUMN, Pegusaha. TERCAPAI DITERIMA DI PERUSAHAAN, JODOH BERPROSES INSYALLAH TAHUN 2024 ( Menunggu calon wisuda S2 Jepang Teknik Kimia). 

5. Anak kedua Annisa' Hanifa Mukminin S1 UNAIR kuliahnya sukses dan mendapat beasiswa S2-S3 sesuai jurusannya (FKH). MASIH SKRIPSI DAN KOAS. 

✓ IMPIAN LITERASI

Terbitkan buku solo:

a. Menjaring Lailatul Qadar (Puisi 2.0). TERCAPAI BER-ISBN BARU 2024. 

b. Penanggalan Putiba Putibar (kumpulan puisi tiga dan satu baris). TERCAPAI DAN BARU BER-ISBN 2024.

6. Terus ikut aktif mengerakkan Literasi Indonesia:

b. Menjadi nara sumber pelatihan menulis di grup WA PGRI dengan tema Penerbitan buku (Peberbit Indie) dan Usaha Mendirikan Peberbit Buku. TERCAPAI✓

c. Memimpin gerakan menerbitkan buku-buku Antologi bersama Puisi 2.0 dan Putiba (sebagi kurator dan editor bersama Pak Hariyanto Blitar TERCAPAI

® Cahaya Ramadan Kumpulan Puisi 2.0

® Secarik Kertas Selaksa Makna Berhimoun Putiba

® Mengikat Tekad Bagimu Negeri Antologi Puusi 2.0

C. Bisa ikut KOPDAR 2 RVL (Launching Buku dan Worshop menulis Grup Rumah Virus Literasi Asuhan Drs. Moch. Choiri, M.Si bulan Juni 2022l3 di Yogyakarta). TERCAPAI✓ dengan Launching buku 2 buku solo dan 10 buku antologi. 


Mari kita bermimpi untuk menggapai asa dengan didukumentasikan lewat tulisan dan dibukukan. Serta berikhtiar dengan maksimal, lalu tawakal Allallah. Insya Allah tercapai. 

Ingat sebuah hadis Nabi: "Allah terserah prasangka hambanya"

Ciri hidup adalah punya mimpi, tanpa mimpi hidup bagiakan mati. 

Semoga bermanfaat. Salam literasi [].

Komentar

  1. Impian, afirmasi dan penguatan pembuktian dan Allah mengabulkan. Kisah yang sangat inspiratif. Patut diteladani.

    BalasHapus
  2. Matur nuwun. Smg kita dilancarkan sgl urusan kita

    BalasHapus
  3. Selamat Cak Inin atas prestasi yg telah diraih...
    Mantul...
    Pingin dech...
    Sukses selalu Cak...
    Barakallah...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?