TANTANGAN LULUS SMA ⁹

 TANTANGAN LULUS SMA 

@pentigraf 


Selepas SMA Si Ina belum menentukan langkah ke depan untuk kuliah  padahal rerata teman sekelasnya sudah punya pilihan perguruan tinggi. Mungkin saja karena kekuarganya tidak ada yang kuliah. Rata-rata lulusan SMA bahkan ada yang lulus SMP seperti ibu Ina.


Ibu Ina walaupun sebagai penjual nasi atau warung tapi lumayan laris karena tempatnya strategis di pinggir jalan raya. Dan ada lebel yang belum ada selama ini, Warung Botik. Jual nasi lalapan, bebek goreng, ayang goreng, gurami goreng, dan lele goreng.  Ibu Ina ingin sekali anaknya kuliah dan lulus sarjana, jika lulus bisa menjadi guru. Seperti tetangganya. 


Maka malam hari usai salat Isak Si Ina diajak bicara oleh ibu dan neneknya seorang janda. Kamu setelah lulus SMA mau keamanan. Jawaban Ina enteng saja, kepingin kerja tapi minta tolong ibunya yang mencarikan.   Ibunya tidak mau. Kalau kamu ingin kerja ya cari sendiri, saya tak marung saja. Ibu menghendaki Ina kuliah. Ina diam saja. Maka keluarlah 3 option untuk Ina. Pertama jika kamu kerja silakan cari sendiri, kedua ibu siap membiayai kamu kuliah,  dan ketiga jika tidak mau kerja dan tidak mau kuliah, maka pilihan ketiga jika sudah punya pacar, silakan menikah, dan pacarmu segera datang untuk melamar. Kepala Ina jadi pusing keliling untuk memilih 3 option. Segera putuskan sekarang, kata ibunya. "Kuliah Bu!" dengan gagap dan menetes air mata.


Menjelang senja - LA, 28022024

Cak Inin Mukminin

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023