WISATA RELIGI Ke JABAL MAGNET

 WISATA RELIGI Ke JABAL MAGNET




@Mukminin 


Jabal Magnet adalah wisata yang mengasyikkan bagi jamaah haji dan umroh dari berbagi jamaah penjuru dunia khususnya dari Asia. Mengapa demikian? karena Jabal Magnet benar-benar menarik magnet para jamaah haji dan umroh untuk datang dan membuktikan kebenarannya.

Jabal Magnet berada di arah utara dari kota Madinah. Jarak dari Madinah ke Jabal Magnet 60 Km dengan waktu tempuh 30 menit.

Jabal magnet adalah pegunungan batu di tengah padang pasir yang mengandung magnet. Warna gunung didominasi warna hitam dan merah bata. Jika dilihat dari kejauhan deretan bukit jabal magnet akan muncul lafal tulisan arab Allah. Ini saya buktikan ketika saya bersama rombongan bus HAJI KBIH LABAIK Lamongan tahun 2014 ziarah ke sana. 

Dalam perjalanan ke Jabal Magnet pemandangan yang dilewati padang pasir dengan pegunungan batu yang mengeras di kanan kiri jalan. Menuju 10 KM menuju Jabal Magnet ada pemandangan kebun kurma dan danau buatan.

KEUNIKAN JABAL MAGNET

Apa keunikan Jabal Magnet. Pertama mobil-mobil yang menuju Jabal Magnet terasa berat seperti jalan menanjak, padahal.jalan langsam atau lurus tanpa menanjak. Semua mobil berhenti di Padang pasir dekat jabal magnet. Kedua ketika mobil atau bus yang sarat penumpang lebih kurang 48 jamaah dinyalakan mesinnya dalam keadaan nol tanpa memasukkan presneling (gigi mobil) dan kaki tanpa menginjak gas, saya berada di samping sopir di kursi kenek disuruh sopir menyaksikan sebagai bukti. Ternya betul  mobil melaju sendiri dari 40 Km hingga 120 KM perjam sepanjang 4,5 KM, setelah itu bus berjalan mulai pelan dan berhenti pada 5 KM.

Ketiga sebagai wisata relegi yaitu tadabbur alam sebagai penghayatan terhadap ayat kauniyah, yaitu kekuasaan Allah sehingga menambah keimanan kita.

NAMA JABAL MAGNET

Nama asli Jabal Magnet (Magnetic Hill) yaitu Manthiqa Baidha atau perkampungan putih. Lembah ini dulu juga disebut Lembah Jin. Mungkin karena keunikannya, mereka dahulu menyangka karena ada jin yang menggangu. Penemunya adalah orang Arab Baduy ketika berada di Jabal Magnet mobilnya berhenti untuk buang air kecil, tiba-tiba mobil berjalan sendiri. 

Menurut ilmuwan, kota madinah didirikan di atas Arabian Shield yang usianya sudah 700 juta tahun. Daerah ini yaitu endapan lava dengan luas wilayah 180.000 km persegi. Lava tersebut dapat muncul ke permukaan dan menuju wilayah rengkahan sepanjang 60.000 km. Zona rengkahan ini membentuk garis vulkanik diberi nama Makkah-Madinah-Nufud. Inilah yang kini disebut Jabal Magnet.

Fenomena gunung magnet tidak hanya di Arab Saudi saja, tetapi di kawasan berbagai negara, termasuk di Indonesia (Bukit Radar di Aceh), Korea Selatan (Dokkaebi Road), Amerika Serikat (Gravity Hill), India (Leh Ladakh) dan lain-lain. 


Lamongan, 08022024

Mukminin

*Sumber:

1. Pengalaman pribadi pada haji akbar November 2914

2. Ditambah sumber dari internet

Komentar

  1. Mantap infonya... .mengingatkan negeri Mekkah. Salam

    BalasHapus
  2. Matur nuwun semiga kita bersama keluarga dimudahkan kembali ke Baitullah. Allahuakbar

    BalasHapus
  3. Perjalanan yg mengesankan...
    Pingin mengulang lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo umroh bersama keluarga bersama biro kami Arminareka Perdana Liburan Desember 2024 bu Kaji. Mksih

      Hapus
    2. Monggo umroh keluarga bersama biro kami Arminareka Perdana VIP Lobur Desember 2024 Surabaya langsung Jedah 12 Hari Bu Kaji

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..