Tips Agar Bangun Malam Ramadan Badan Segar

 Tips Agar Bangun Malam Ramadan Badan Segar



Puasa Ramadan sudah berajalan 4 hari bagi yang mulainya Senin 11 Maret 2024, dan 3 hari bagi yang mulai Selasa. Walau baru 4 hari atau 3 hari ketika bangun malam untuk tahajud dan sahur badan terasa "Lungkrah" atau capek-capek bagi yang sudah berumur 50-an. Rasa capek itu tidak hanya terjadi bulan Ramadan saja, terjadi juga pada  bulan-bulan sebelumnya. Maklum karena juga usia. 

Kondisi ketika bangun malam selain badan capek juga terasa mata masih "Kelet" atau lengket seperti tidak bisa melihat atau "Melek.' Hal ini pasti banyak yang mengalami peristiwa ini termasuk saya.

Kalau begitu hal apa yang sebaiknya kita lakukan? Yang kita lakukan  adalah ketika kita  bangun jangan langsung kaki diangkat dan duduk, sebab yang punggungnya kurang normal bisa salah urat atau "Kecetet". Sebaiknya kita bangun lalu miringkan badan ke kanan baru bangun dan duduk sebentar agar lebih sadar.

Setelah itu kita ke kamar mandi buang air kecil basuh air muka. Selanjutnya kita minum air hangat agar badan terasa segar. 

Langkah kedua kita  baru mandi dengan membasuh badan dulu lalu kepala sebelah kanan 3 kali dengan niat untuk kesehatan, meminta ridho Allah SWT. Lanjut membasuh kepala sebelah kiri 3 kali,  membasuh seluruh badan dengan memakai sabun hingga bersih lalu kita wudhu.

Mandi setelah bangun malam sudah dicontohkan oleh nenek moyang kita. Termasuk bapak saya sendiri sebagai seorang buruh tani. Karena saya membayangkan bagaimana payahnya badan bapak setiap hari harus mencangkul.di sawah untuk bekerja di orang lain. Tetapi bapak saya lihat badannya sehat dan tidak punya rasa capek atau malas.

Ketika bangun tidur jam 03.00 pagi saya mendengar bapak mandi langsung di sumur dengan timba.kerekan. Terdengar suara "Byur-byur". Setelah itu bapak wudhu terus ke masjid salat malam hingga subuh masuk bapak mengumandangkan adzan di Masjid Al-Falah di barat rumah 100 M. Usai salat subuh bapak terbiasa ke warung untuk beli kopi. Setelah itu pulang. Usai sarapan bapak bawa sabit dan cangkut ke sawah. Peristiwa ini terjadi sejak saya usia SD tahun 1973. Dan saya membuktikan bahwa bapak sehat selalu dan tidak pernah sakit yang berat atau masuk rumah sakit. Hanya kadang kala pilek saja, tapi cepat sembuh dan sehat. Kini bapak sudah meninggal dalam usia 83 tahun pada tanggal 27 September 2013. 

Cerita mandi usai bangun malam juga terjadi pada Kiyai Hamam Babat Lamongan. Diceritakan dari satri muridnya sekitar tahun 60-an, bahwa Kiyai Hamam setiap bangun malam langsung mandi ke sumur beliau. Jika bangun terlambat maka satri murid yang bernama Mursyid pasti membangunkan. Karena dia sebagai cantiknya kiyai.

Pernah terjadi Kyai Hamam sebelum bangun sumur khusus untuk mandi Kyai di pakai salah satu muridnya, maka Kyai Hamam tidak mau memakai sumur itu lagi fan pindah ke sumur yang baru. Apa alasannya, saya juga belum tahu. Mungkin air sumber dari sumur yang pertama banyak berfaedah bagi kesehatan. 

Dari pelajaran yang tidak secara langsung yaitu  mandi usai bangun malam atau sebelum subuh ini baru saya praktikan 2 tahun yang lalu yaitu tahun 2022. Alhasil alhamdulillah terbukti badan jadi segar usai mandi dan sehat.  sehingga bisa salat malam, sahur, lalu jamaah subuh ke majid dengan istri berajalan sekitar 250 M. Usai subuh pulang menyapu halaman, lalu  membaca Al-Qur'an sambil membaca terjemahan di sampingnya, dan menulis. Setelah itu persiapan ngajar jika sudah masuk sekolah.

Setelah saya berselancar di google saya menemukan manfaat mandi Subuh yang diungkap oleh Dr. Abdul Hamid Dayyat dari Universitas Kairo di Mesir adalah salah satu orang yang telah meneliti efek kesehatan atau manfaat dari mandi sebelum fajar atau sebelum Subuh  dapat memperlancar peredaran darah. Terungkap juga dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Blood Platelet Research Institute di Inggris. Mandi saat subuh dapat memperlancar peredaran darah, membuat badan terasa lebih segar dan bugar.

Selanjutnya ada 20 manfaat mandi sebelum subuh, yaitu:

1. Meningkatkan energi kebaikan

2. Meningkatkan kreativitas

3. Kalahkan Wajah Berjerawat

4. Meningkatkan kesuburan pria

5. Memperlancar peredaran darah

6. Meningkatkan kesehatan jaringan tubuh

7. Membuat rambut lebih sehat

8. Meredakan batuk

9. Mencegah depresi karena menurunkan berat badan itu sulit

10. Membantu mengatasi rasa takut dan khawatir

11. Memudahkan Mencukur Kumis Lebih Sederhana

12. Meredakan nyeri otot

13. Meredakan depresi

14. Meningkatkan sel darah putih

15. Obat dan perawatan ketergantungan obat

16. Mengatasi Hidung Tersumbat

17. Penyegaran Indra

18. Menurunkan gula darah

19. Pencegahan hipertensi

20. Membantu Membiasakan Diri.Untuk Memanejen Waktu yang Baik. Diambil dari https://www.gramedia.com/best-seller/manfaat-mandi-subuh/

Wow...luar biasa manfaat mandi setelah bangun tidur sebelum subuh. 

Selamat mencoba semoga badan menjadi segar bugar dan menyehatkan seperti yang disebutkan di atas. Sehingga kita menjalankan ibadah puasa Ramadan berajalan lancar dan sukses menyelesaikannya sesuai aturan dan mendapatkan hikmahnya  dan menjadi hamba yang MUTTAQIN. Aamiin Yra. 

Rumah Syair Baitullah - LA, 14 Maret 2024

Mukminin

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023