Halal Bihalal Sebelum H-1 Masuk Sekolah

 Halal Bihalal Sebelum H-1 Masuk Sekolah






Rabu 17 April 2024  acara halal bihalal digelar di SMPN I Kedungpring Lamongan. Hal ini sudah menjadi tradisi di sekolahan kami yang terkenal dengan sebutan "SNEKING ONE IS THE BEST." Sneking adalah singkatan dari SMP Negeri Kedungpring, One adalah satu atau SMPN I Kedungpiring. Mengapa IS THE BEST, karena sering juara lomba di kabupaten Lamongan. Baik Lomba akademik maupun nonakedemik.

Bahkan Perpustakaan SMPN I Kedungping sebagai perpustakaan digital dengan mendapatkan PIAGAM SERTIFIKAT PERPUSTAKAAN TINGKAT NASIONAL sejak 5 tahun yang lalu. Sehingga menjadi rujukan perpustakaan di daerah Lamongan. Studi Banding dari tingkat SD, SMP dan SMA. SMPN I Kedungpring juga sebagai sekolah Adiwiyata Jawa Timur dan tahun ini 2024 maju Adiwiyata Nasional.

Kembali ke halal bihalal. Acara dimulai pukul 09.30 hingga 11.00. Acara halal bi halal dihadiri semua guru sebanyak 65 Karyawan 15 orang dan komite sekolah 8 orang di Mushola yang megah dan indah Al-Kharomain yang bisa menampung jamaah salat jamaah dhuhur dan asar dari siswa, guru, dan karyawan 900 orang.

Spanduk selamat Idul Fitri dipajang di depan tembok mushola dengan foto kepala sekolah Drs. Tardi, M.Pd. Banner halal bi halal dipasang di atas imaman. Kepala Sekolah Pak Drs. Tardi, M.Pd, wakil kepala sekolah dan urusan yang laki-laki, serta komite 8 orang berderet di depan plus Ustadz. Guru dan karyawan yang putra sebelah utara dan putri sebelah kiri.

Setelah undang kumpul di mushola Al-Kharomain acara dibuka MC bapak TU Nurhadi dengan suara  yang mantab karena punya profesi MC Mantenan adat Jawa.

Acara dibuka dengan membaca Al-fatihah. Acara kedua sambutan kepala sekolah. Pak Tardi menyampaikan salam, bersyukur kepada Allah atas ridoNya halal bi halal bisa terlaksana dengan baik, baca shalawat Nabi, berterima kasih oada panita yang telah menyiapkan tempat dan konsumsi. Serta berterima kasih atas kehadiran semua guru, karyawan dan Komite. Kepala sekolah bangga atas kekompakan kerja sama guru, karyawan, komite sehingga pelaksanaan KBM dan pembangunan lancar, dan menyongsong lomba Adiwiyata Nasional. Dalam setahun kerja kita pasti ada kesalahan pribadi baik sengaja atau tidak diantara kita, maka pada hari ini kita halal bi halal yaitu halal menghalallkan yaitu dengan mengikhlaskan, saling memaafkan. Karena kita telah berhasil melaksanakan puasa Ramadan 1 bulan penuh semoga Allah mengampuni dosa kita kembali Fitroh atau suci bagai bayi yang baru lahir dan kita belum bisa fitroh sebelum minta maaf kepada saudara kita sesama manusia. Maka kesempatan hari ini kita saling memaafkan. 

Acara ketiga Tausiyah Ustad Hamid dari Kedungpring. Beliau mengajak untuk meneruskan apa yang telah dilakukan di bulan Ramadan untuk dilanjutkan di bulan-bulan selanjutnya. Puasa, salat malam, dhuha, membaca Al-Quran, sedekah, zakat dan amalan baik lainnnya. 

Ustadz menanyakan "Bagaimana Bapak Ibu setelah Puasa Ramadan selesai, senang atau senang?" Banyak yang jawab "Senang," La..ini padahal  Nabi dan para sahabat ketika ditinggalkan Ramadan semua menangis, karena pahala Ramadan yang sangat luar biasa.

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila tiba akhir malam dari bulan Ramadan, menangislah langit, bumi dan malaikat karena musibah yang menimpa umat Muhammad SAW,"

Sahabat lalu bertanya, "Musibah apakah wahai Rasulullah?"

Rasulullah SAW menjawab, "Berpisah dengan bulan Ramadan, sebab pada bulan Ramadan doa dikabulkan dan sedekah diterima." (Diriwayatkan Jabir)

Orang-orang saleh terdahulu bahkan sampai menangis dan bersedih karena Ramadan akan segera pergi meninggalkan mereka.

Tiga puluh menit tausiyah Ustad dan ditutup doa oleh H. Edi Suprapto. Setelah itu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite berdiri. Guru dan karyawan putri mulai berdiri dari duduknya dan mengangkat tangannya untuk mohon maaf urut seperti ular. Setelah minta maaf komite grup putri berdiri. Setelah itu  giliran semua guru karyawan putra berdiri  menyalami kepala sekolah, wakil, dan Komite dan lanjut saling mohon maaf ke grup putri dan karyawan lainnya hingga panjang memenuhi melingkar di dalam musholla. 




Setelah maaf- memaafkan tuntas dialukan foto bersama dan dilanjutkan ramah tamah makan dan minum bersama di ruang samping musholla barat ruang guru dengan prasmanan. Makan didahului grup laki baru perempuan. Ada ikan gabus, asem-asem daging, ayam goreng, dadar, dan minum es kopyor. Makan bersama di tepi ruangan disediakan meja kursi sambil ngomong-ngomong dan senda gurau meriah kekeluargaan. Lima belas menit makan usai langsung ustadz Isumito mengumandangkan adzan dhuhur, kepala sekolah, guru dan karyawan melaksanakan salat berjamaah. Usai doa salat sunah dan para undangan pulang.

Usai sudah rangakaian halal bi halal yang penuh hikmah, antara lain: 

a. Menjadi momen untuk saling memaafkan,

 b. Menciptakan keharmonisan,

c. Mempererat silaturahmi, dan

d. Berbuat kebaikan. 


Lamongan, 17 April 2024


Mukminin

Komentar

  1. Mantabs...kegiatan tahunan yg menyenangkan...
    Bravo Cak...

    BalasHapus
  2. Mantabs semua : Hala Bihalal, Sneking One, Perpus digitalnya, masjid agungnya, dan tak kalah penting 'sang gurunya yang benrnama Abah Inin'. Mantap semua. Sehat dan sukses selalu, Abah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023