Pondok Ramadan di SMPN I KEDUNGPRING LAMONGAN 2024 Bagai di Pondok

Pondok Ramadan di  SMPN I KEDUNGPRING LAMONGAN 2024 Bagai di  Pondok



@ Mukminin


Kegiatan pondok Ramadan di SMPN I Kedungpring Lamongan dilaksanakan setiap tahun dengan saksama dan tertib. Kegiatan tahun ini lebih semarak, kegiatan  pondok Ramadhan bagaikan pondok dalam sekolahan. Semua siswa dan guru  berpakaian muslim. Laki-laki pakai sarung, baju takwa bersongkok. Putri berbusana muslim.  kegiatan pondok. 

Pondok Ramadhan diikuti 900 siswa dari kelas 7-9. Dengan pembagian 2 hari setiap jenjang kelas. Kelas IX dimulai tanggal 27 -28 Maret 2024, kelas VIII tanggal 1-2 April, 2024, kelas VII tanggal 3-4  April 2024.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 kumpul di mushola Al-Kharomain untuk koordinasi dan penjelasan. Dilanjutkan Salat Dhuha 4 rekaat dan berdoa. Setelah itu materi di kelas-kelas. Usai materi jam ke-4  peserta kembali ke mushola untuk tadarus khotmil Quran.dan salat dhuhur berjamaah baru pulang. 

Matri pondok Ramadhan:  Salat, Haji, Wudhu/ Tayamum, Taharoh, Ahlak, Mahid, Zakat,  Puasa, Qotmil Quran dan ditutup Salat jamaah dhuhur.

Kegiatan hari Pertama pondok Ramadhan kelas IX Rabu 27 Maret 2024. Acara pembukaan. Ustadz Isumito sebagai ketua panitia dan panitai duduk di depan dan Kepala Sekolah Drs.Tardi, M.Pd.membuka pondok Ramadan dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim,  salam, bersalawat Nabi, serta bersyukur kepada Allah  atas nikmat kesehatan lahir batin serta bisa dipertemukan dengan bulan yang mulia Ramadan. Kepala Sekolah berterima kasih kepada panitia pondok Ramadhan yang telah melaksanakan tugasnya dengan mengatur jadwal Pondok Ramadan dengan  lengkap dan baik. Ucapan  terima kasih juga disampaikan kepada bapak ibu guru serta ustadz yang siap memberikan materi. Kepala sekolah berpesan kepada anak-anak kelas IX ikuti dengan baik materi-materi pondok Ramadan sebagai tolibul ilmi untuk bekal hidup kalian. Akhirnya pondok Ramadan dibuka dengan ucapan "Bismillahirrahmanirrahim". 

Selanjutnya ustadz Isumito guru agama Islam melanjutkan dengan salat dhuha berjamaah 4 rekaat lalu berdoa. Sebagai ketua panitia Pondok Ramadan ustadz Isumito menyampaikan pembagian kelompok. Anak laki-laki dibagi 2, kelompok KAFA 1 dan KAFA 2 di yang perempuan KAFI 1 dan KAFI 2. KAFI 1 menempati kelas 7a, KAFI 2 menempati kelas 8a, KAFA 1 di kelas 9a, dan KAFA 2 di kelas 7 F. 

KAFI adalah singkatan dari KAFILAH PUTRI dan KAFA adalah singkatan dati KAFILAH PUTA. Semua kelas posisi berada di Utara musholla. 

Kelas IX seluruhnya dari IX a - IX i, laki-laki dibagi 2 kelompok KAFA 1 dan KAFA 2, perempuan dibagi KAFI 1 dan KAFI 2. Pelaksanaan kelas IX hari  ini dan besok 27-28. Maret 2024, Kelas VIII tanggal 1-2 April 2024 di dan kelas VII tanggal 3-4 April 2024. 

Ketua panitia juga menyampaikan, khusus materi haji dengan nara sumber Pak Mukminin menempati Musholla Al- Karomaian sebab menggunakan LCD dan layar, jadi kalian yang moving kelas. Kalian ikuti dengan saksama nanti ada video perjalan Umroh dari Biro Arminareka dengan rombongan 2 bus  yang dipimpin Pak Mukminin dan istrinya dari rumahnya Tlanak Kedungping menuju bandara Juanda.  Juanda ke Madinah. Kegiatan di Masjid Nabawi, ziarah-ziarah, ke Raudhah, makam Rasulullah,  kegiatan umroh dari Madinah ke Makah. Kegiatan Umroh di Masjidil Haram dan bagaimana urutan umroh,  dari tawaf, sai, tahalul. Pokoknya lengkap. Agar kamu paham tentang umroh dan dianjurkan kegiatan haji di Makah dengan materi PPT. 










Adapun jadwal sebagai berikut. 



Setelah itu  peserta menuju ruang sesuai kelompok. Putra sendiri dibagi 2 Kafa dan putri dibagi 2 Kafi. Lanjut mengikuti materi 1 hingga 4. Setelah materi  jam ke-4 selesai semua peserta pondok kelas IX menuju Musholla Al-Kharomain yang indah dan megah mampu menampung 900 orang. Mushola berlantai 2 hasil dari donatur guru. Peserta pondok Ramadan jam ke-5 menuju  musholla melaksanakan khotimah Quran selama 40 menit hatam. Karena dibagi ke 850 anak, sedangkan 50 anak putri berhalangan. 

Khotmil Quran dipimpin Ustadz Munif, S.Pi yang hafid 20 Juz Al-Quran. Usai khotmil Quran langsung adzan Dhuhur dan komat langsung salat Jamaah Dhuhur seluruh peserta pondok Ramadan dan guru-guru. Usai salat dhuhur wuridan dan berdoa bersama Ustadz Isumito. 


Selesai berdoa Ustadz mengumumkan besok ada materi pondok zakat dan jagan lupa anak-anak membawa beras untuk zakat fitrah 3 kg dan amplop Sadaqah dari orang tua titipan musholla.  Bagi yang tidak mampu dan yatim dan yatim piatu tidak usah bawa dan kalian akan mendapatkannya. Selanjut pulang ditutup dengan salam.

Hari kedua 28 Maret kegiatan pondok jam pertama sama dhuha berjamaah lanjut ke kafa dan kafi melanjutkan materi. Setelah materi zakat jam ke-4  anak-anak peserta pondok Ramadan menyetorkan amplop titipan mushola ke orang tua yang berupa sadaqoh uang untuk pembangunan musholla. Setelah itu seluruh siswa masuk kelas VIII i untuk menyetorkan zakat fitrah ke panitia.  Selanjutnya ke mushola untuk khotmil Quran dan salat dhuhur berjamaah. Selesai sudah kegiatan pondok kelas IX dan disusul kelas VIII dan VII sesuai jadwal yang dibagikan dengan materi dan nara sumber yang sama. 


Untuk pembagian zakat fitrah ke anak-anak yang tidak mampu, dan tetangga sekolahan serta lingkungan rumah guru-guru dibagi hari Jumat 5 April 2024. Jadi Zakat anak-anak SMP N I Kedungpring bisa menyebar hampir menyeluruh ke desa-desa se-kecamatan Kedungping yang dibagikan guru-guru. 







Semoga tahun depan lebih miningkat lagi kegaita pondok Ramdan, dan semoga bisa menjadi inspirasi sekolah-sekolah  yang lain baik negeri maupun swasta yang mungkin mengambil kegiatan pondok yang belum dilaksanakan di sekolahnya. Selamat berpuasa di akhir Ramadan semoga.

Alhamdulilah kegiatan pondok Ramadhan berjalan lancar siswa masuk dan mengikuti.semua kegiatan sesuai jadwal. Dan masya Allah bagai di pondok. Bahkan foto-foto dishare ke grup Pondok Ramadan dan grup Dinas SMPN I Kedungpring. Beberapa guru berkomentar:


"Wayahe ada pondok di dalam lokasi sekolah."

"Ya, jadi SMPN I KEDUNGPRING BOORDING SCHOLL"

"Ya, cocok, setuju" dll.


Selamat menyongsong Lailatul Qadar!


Rumah Syair Baitullah, 04  April 2024

Mukminin

Komentar

  1. Gema Ramadhan yang perlu terus dilestarikan dan ditingkatkan setiap tahun...
    Semangat Pak Haji...
    Barakallahu fiik...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023