Safari Ramadan Muspika di Masjid Al-Jhad Sidomlangean 26 Maret 2024

 Safari Ramadan Muspika   di Masjid Al-Jhad Sidomlangean 26 Maret 2024

setelah buka puasa dan salat magrib saya mengantarkan istri untuk hadir di Safari Ramadan Muspika kecamatan Kedungpring. Jarak dari rumah sekitar 3 KM arah timur rumah. Mengapa istri datang? Karena diundang sebagai bidan yang bertugas di Pos Pembantu desa Sidomlangean. Ketika mau belok ke masjid adzan isyak telah selesai.  Banyak undangan dan jamaah yang baru hadir. mobil Rish putih saya parkir di Utara Masjid berderet dengan mobil undangan.

Ketika kaki menginjak depan pintu masjid suara  iqomah berkumandang saya, istri dan jamaah yang baru hadir langsung mengisi shof barisan salat Isak. Ada 3,5 baris laki-laki dan 4 baris jamaah perempuan. Jamaah shalat sejumlah lebih kurang 110 orang. Bertindak sebagai imam isak dan terawih Istadz Budi Margono ketua Tablek PCM Kedungpring.

Setelah jamaah isak sekesai para jamaah salat bakdiyah isyak dilanjutkan salat terawih jamaah dan witir 11 rekaat. Usai salam Witir ada kotak amal beredar keliling jamaah. Baru kali ini saya temui ada kotak amal di waktu salat Terawih keliling jamaah. Bisa ditiru ini.

Usai witir acara Safari Ramadan dibuka oleh haji Waimen anggota MUI Kec. Kedungpring. Semua jamaah duduk santai mundur dan keliling ruang masjid. Anggota Muspika ( Camat, Danramil, Kapolsek), Anggita MUI Kepala  Desa berada di depan menghadap jamaah.

Sambutan pertama kepala desa menyambut  dengan salam, selamat datang kepada  anggota Muspika, MUI dan para undangan dan terima kasih atas kesiapan takmir masjid Panitai. "Silakan kudapannya di makan Bapak ibu" ujar kepala desa. 

Sambutan kedua Camat Kedungpring menyampaikan program-program bupati Lamongan tentang perbaikan jalan raya menjelang lebaran. Camat mengharapkan masyarakat Kedungpring tetap adem ayem sesuai slogan kecamatan. Diakhiri dengan pemberian santunan anak yatim 10.orang. Setelah pemberian santunan foto bersama anak yatim dengan posisi berdiri di tengah madjid. 



Sambutan berikutnya Kapolsek dengan pesan jaga putra-putri bapak tolong dicek jika masih di luar rumah. Jam 9 malam harus sudah pulang. Karena banyak kejadian anaknya perempuan dan laki-laki hingga larut malam belum pulang ternyata diamankan patroli polisi ketika jam12 malam berada di Alon-alon Lamongan beberapa pasang anak laki perempuan. Dan mohon hati-hati jika keluar malam bapak ibu jangan bawa perhiasan menjelang lebaran banyak kejahatan.

Sambutan muspika terakhir Danramil yang menyampaikan tebtahg bantuan pompa air ke desa-desa Kecamatan Kedungpring ada 15 bantuan pompa air dari pemerintah.

Acara puncak pengajian yang disampaikan oleh ketua PCM Kedungpring Bapak H. Iksan Budiono, S.H.,M.Pd. dengan baju putih sarung putih dan pakai surban di kalungankan. Ustadz ceramah dengan berdiri dan jamaah duduk santai.  Ceramahnya santai tapi berbobot. Isi ceramah secara umum tentang tugas peran manusia: 

1. Menyembah Allah

2. Kolifah filardi

3. Membentuk peradaban


Dikatan beliau yang diulas hanya yang pertama saja karena keterbatasan waktu.

Manusia diciptakan Allah di bumi hanya untuk beribadah kepada-Nya. Dalam Al-Quran:

 QS Az-Zariyat ayat 56: 

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Wama kholaqtul jinna wal insa illa liya budun

Artinya: Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

Mari kita hitung berapa lama waktu ibadah kita Umat Islam dalam hidup. Rata-rata usia umat Nabi Muhammad antara  60-70 tahun. Gampangnya rata-rata usua 65 tahun. Ada sebagian yang lebih. Usia  itu tidak semua untuk ibadah. 

✓ Usia 15 tahun masih kanak-kanak belum.dihitung ibadah. Jadi ada 50 tahun katanya untuk ibadah. 

1. Tidur rata-rata 8 jam X 365 hari = 2.920 jam X 50 tahun = 146.000  jam / 24 jam = 6, 083 : 365= 17 tahun TAHUN.

2. Bekerja 10 jam X 365 hari  X 50 tahun = 182.500: 24= 7.694 hari :  365 hari = 21    tahun BEKERJA.

3. Ngopi dan ngobrol 4 Jam X 365 hari X 50 tahun  = 7.3000: 24 jam= 3.042 hari: 365 = 8, tahun NGOPI DAN NGOBROL 

4. Salat 12 menit X 5 kali.= 60 menit = 1 jam X 365 hari = 365 jam X 50 tahun = 18.250 jam : 24 jam = 760, 41 hari : 365 hari = 2, 083 tahun = 3 tahun SALAT.


JUMLAH SEMUANYA DALAM 50 TAHUN:

1. Tidur menghabiskan waktu 17 tahun 

2. Kerja menghabiskan waktu 21 tahun

3. Ngopi dan ngobrol menghabiskan waktu 

  8 tahun.

 4. Salat menghabiskan Waktu 3 tahun 

Total waktu yang digunakan 49 tahun lain-lain 1 tahun = 50 tahun. 

Setelah dihitung Ustdaz waktu yang digunakan ibadah salat dari 50 tahun hanya 3 tahun saja. Pertanyaannya, mana  katanya manusia diciptakan Allah di muka bumi hidupnya untuk beribadah kepada Allah?

Oleh karena itu biar hidup bernilai ibadah, maka mari setiap aktifitas kita niatkan LILLAH, kita niatkan ibadah sehingga tidak muspro atau sia-sia. 

Untuk menambah nilai ibadah karena mumpung bulan Ramadan mari kita berpuasa sesuai aturan dan ibadah lainnya dengan 

sungguh-sungguh terawihnya, ngaji Al-Quran, tahajud, dhuha, Sadaqah, dan amal saleh lainnya kita tingkatkan dan semoga mendapat Laila Qadar sebagai tambahan nilai ibadah. 

Ingat hadist tentang puasa:

Rasulullah SAW bersabda: Artinya: "Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim).

Ingat ibadah dalam Lailatul Qadar pahala lebih baik dari 1000 bulan  atau 83 tahun 4 bulan. 

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ 

lailatul-qadri khairum min alfi syahr

Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan. (QS: Al-Qadr : 03)

Dan yang belum umroh dan haji segera daftar dan berangkat, karena fadilahnya sangat besar:

1. Diampuni dosanya dan dimasukkan surga. Sebab pahala salat di Masjidil Nabawi sekali salat 1000 X, sedangkan salat sekali di Masjidil Haram pahalanya 100.000 X. Jika umroh 9 hari saja sama dengan dapat pahala salat ribuan tahun apalagi kita melaksanakan ibadah  haji yang waktunya 40 hari. 

2. Dikabukkan doanya

3. Dikembalikan biayanya berlipat ganda.

Semoga Allah memberi kesehatan, umur panjang yang bermanfaat dan puasa kita, dan amal-amal saleh dalam Ramadan ini diterima sehingga sesuai janji Allah kita akan menjadi hamba yang MUTTAQIN, kembali Fitroh bagai.bayi.yang baru lahir. Dan Tausiyah ditutup.dengan doa. Serta dilanjutkan acara ramah-tamah yaitu makan bersama. Usai makan langsung bersalam dan pamit pulang. 

Masjid Al - Jihad Sidomlangean - LA, 

Mukminin

Komentar

  1. Subhanallah.....semoga kita bisa lebih menghargai waktu. Salam

    BalasHapus
  2. Subhanallah! Betapa rugi hidup ini jika menyianyiakan ibadah. Mtr nuwuuun Pak! Jadi bhn refleksi diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami2 bu. Smg sht sll dan mari menghargai waktu

      Hapus
  3. Tulisan detail mengupas fakta...
    Jadi bisa lebih menghargai waktu nggih...dan menambah jumlah waktu untuk beribadah shalat...
    Matur nuwun Cak...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023