Menghadiri Undangan Reuni Alumni '97 SMP N I Kedungpring, Lamongan

Menghadiri Undangan Reuni Alumni '97 SMP N I Kedungpring, Lamongan





Pukul 09.28 saya sudah sampai lokasi SMPN I Kedungpiring sudah ada puluhan motor dan 4 mobil di lapangan depan parkir. Mobil si putih Rush saya parkir di tempat parkir yang mepet ruang kelas bagian depan   timur. Saya temui anak-anak alumni SMPN I Kedungpiring masih di bawah lorong masuk dan lapangan upacara, langsung bersalaman dengan saya dan Pak Sujianto. Sambil bersalaman anak laki perempuan saya tanya nama dan rumahnya karena sudah 27 tahun yang lalu menjadi murid saya. Jadi maaf ya wajahnya anak-anak masih terekam dan ingat tapi nama sudah lupa. 

Sekretaris Reuni sudah mengumumkan peserta dan bapak guru dimohon ke lantai 2 Aula karena acara segera dimulai. Peserta Reuni masuk, saya dan Pak Jianto juga masuk, serta Pak Polisi berbuat Baik yang sudah VIRAL, Pak Purnomo juga masuk beserta istrinya Mbak Lilik pukul 09.45.

MC Bu Kotim sebagai sekretaris Reuni sekaligus guru SMPN I Kedungpiring membuka acara dengan ucapan Bismillah dan membacakan Susunan Acara:

1. Pembukaan

2. Sambutan ketua Reuni Agus Dwi ( Guru SMA NEGERI Kedungpring)

3. Sambutan Perwakilan Alumni 97 Juanto ( Bos Poliklinik Rehabilitasi)

4. Sambutan Wakil Guru Mukminin 

5. Doa Mukminin

Sambutan ketua Reuni disampaikan Agus Dwi dengan ucapan bismillah, ucapan selamat datang dan terima kasih atas kesediaan kehadiran bapak guru, teman-teman alumni. Dan terima kasih kepada SMP N I Kedungpring atas kesediaan tempat. Selanjutnya peserta Reuni diajak mbaca Al-fatihah untuk Bapak Ibu Guru dan teman-teman yang telah meninggal dunia. "Al-fatihah."

Sambutan kedua perwakilan alumni Juanto, ucapan terima kasih kepada Bapak Mukminin dan Pak Sujianto, serta Bapak Ibu guru yang telah memberikan ilmu kepada saya dan teman-teman. Lanjut memperkenalkan diri nama dan asal rumah dan tempat tinggal sekarang di Bekasi. 

Acara ketiga sambutan dari wakil guru dan ditutup doa. 

Saya maju sebagai perwakilan guru. Ini sambutan saya: 

Assalamualaikum WW.

Bismillahirrahmanirrahim

Ashadualla illahaillallah  waashaduanna Muhammaddarasulullah 

Roditubilla hirobba wabol islamidina wabi Muhammadin nabi yauwarasulla

Ribissrohli sodri wayasirli amri wahlul ukkdatammillisani yaf khohu khauli

Yang saya hormati Pak Sujianto guru Matematika, pak polisi Purnomo, anak-anak sekalian yang sukses dan bahagia. 

Mari kita mengucapkan syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT atas ridho-Nya kita siang ini dipertemukan dalam Reuni alumni SNEKINGONE (SMPN I Kedungpring) Lamongan tahun 97.

Selawat serta salam semoga terus terlimpahkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW yang membimbing kita ke jalan agama ISLAM. 

Anak-anakku  sekalian yang dimuliakan Allah, hari ini masih situasi idul fitri setelah kita berpuasa Ramadan dengan sungguh-sungguh karena Allah dengan mengerjakan amal saleh lainnya insya Allah dosa kita  diampuni Allah dan menjadi hamba yang Muttaqin dan fitroh atau suci kembali bagai bayi lahir. 

Namun kita belum  bisa kembali suci seperti bayi lahir, kalau kita masih punya kesalahan, dosa kepada sesama manusia, maka dari itu  kita  harus minta maaf dan saling memaafkan.  Jika bisa bertemu langsung lebih bagus. Jika jarak tidak memungkinkan maka bisa mengucapakan 

lwt WA, FB, Instagram.

Begitu pula pada kesempatan yg baik ini saya mengucapkan:

 "Selamat hari raya idul fitri  1445 H

Taqobballahu waminna waminkum

Minal aidin wak Faizin maaf lahir batin."

Saya pernah mengajar atau  sbg guru Anda sekalian pasti  punya kesalahan baik sengaja atau tidak, besar atau kecil maka  tolong anak-anak ku sekalian Pak Mukminin, Pak Sujianto dimaafkan Ya! 

Begitu pula anak-anakku sekalian ketika menjadi siswa SMPN I Kedungpiring saya yakin punya salah kepada sy dan bapak ibu guru, maka pada detik ini saya maafkan. Jadi 0 0 kata anak muda. "hai...kosong - kosong Yo. Ono sing karo motoran. "Hai lahir Batin, yo!

"Podo-podo."

Saudara-saudara sekalian Reuni adalah pertemuan kembali yang lama berpisah untuk bertujuan baik bersilaturahmi atau silaturahim. 

Silaturahmi berarti dari kata silat yg artinya menyambung. Menyambung tali persaudaraan kita pernah berjuang bersama sekolah di SMP N I Kedungpring yang super ketat, gurune ngukuman nek.gak garap tugas.mlayu lapangan, pos up, diodot Pk.kris dan divaksin Pak Mukminin kt anak2 sekarang. Itu kenangan lama. 

Reuni adalah menyambung silaturahmi atau silaturohim. Silaturohim dari kata silat yang artinya menyambung. Kegiatan reuni sangat bagus karena  bersilaturahmi dapat dipanjangkan umurnya dan dilapangkan rezekinya. Sesuai hadis nabi diriwayatkan Anas bin Malik RA, ia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa yang suka dilapangkan rezekinya atau ditambahkan umurnya maka hendaklah ia menyambung kekerabatannya." (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Jadi saya berterima kasih atas undangannya untuk hadir di Reuni ini. Saya berpesan jadikan reuni ini untuk saling sharing kebaikan. Sekali lagi berbagi kebaikan yang bermanfaat untuk kehidupan yang bernilai ibadah. Umpamanya di antar anak-anak sekalian ada yang sukses bisnis silakan sharing berbagi pengalaman kepada teman yang bertanya dan membutuhkan. Yang ingin punya usaha baru silahkan hubungi temannya yang usahanya   berjalan lancar, bagaimana tips-tipsnya, bagaimana menghadapi karyawan. Monggo saling tanya. Jangan malu. Karena pepatah mengatakan "Malu bertanya sesat di jalan". Yang punya pengalaman jangan medit untuk dibagikan temannya sebagai amal saleh. Jangan  kuatir rezeki Anda tidak  akan tersaingi. Tidak akan ada rezeki dari Allah yg tertukar. Semua Allah berikan sesuai dengan kerja kerasnya. Jika tanya malu-malu bisa lewat grup alumni tanya jawab.  Pesan saya jangan jadikan reuni menjadi penghancur rumah tangga anak-anak sekalian. Katena di luar sana ada yang terjadi gara-gara reuni keluarga berantakan, karena dulu pernah ada hati lalu habis reuni disambung lagi. Jangan sekali-kali terjadi. Kita tutup usai sudah cerita lalu. Kita fokus kepada keluarga kita. 

Semoga anak-anakku sekalian menjadi orang-orang yang sukses keluarga yang SAMAWA. Keturunan yang sholeh, dan bermanfaat bagi banyak orang. 


Saya bacakan dua pantun   saya: 

 Pantun 1

Di jalan tikungan bannya gembos

Bawa berkat dimakan bersama 

Angkatan 97 memang jos

Selamat bereuni sukses semua

Pantun 2 

Ke Surabaya beli pacar 

Jangan lupa lewat karah

Semoga Anda rezekinya lancar

dimudahkan ke makah dan madinah


Kurang lebihnya mohon maaf lahir batin. 

Ihdinassirothol mustakim. 

Wassalam WW.

Mukminin

Guru SMPN I Kedungprig Lamongan


Usai berdoa saya dan Pak Sujianto mendapat kado kenang-kenangan yang diberikan wakil Reuni, lalau foto bersama, kemudian door price tiap kelas peserta reuni maju memperoleh diri, nama alamat lama, alamat baru, punya anak berapa.dilanjutkan untuk  menjawab pertanyaan yang benar dapat hadiah. Tiap kelas dapat 1 hadiah yang benar jawabannya. Pertanyaannya tentang nama wali kelas, kepala sekolah dan guru bidang studi yang mengajar waktu itu. Dan dilanjutkan Foto bersama . Seluruh kegiatan didokumentasikan dengan shooting. 

Acara sayanara nyanyi bersama sebelum acara diturup. Acara terakhir penyerahan 2 kipas besar Maspion untuk Ruang Guru yang diterima oleh Pak Sujianto dan Donotur  seikhlasnya dari peserta yang hadir lebih kurang 50 orang untuk mushola Al-Kharomain SMPN I Kedungpring dapat 994.000 rupiah.

Acara ditutup dan turun ke lantai 1 di joglo pembina upacara makan bersama bakso, gado-gado dan es. 

Usaia sudah acara reuni dan saya dan pak Jianto undur diri, anak-anak masih bertahan.


SNEKINGONE (SMP N I KEDUNGPRING) - LA, 14 April 2024

Mukminin

Komentar

  1. Gambaran sebuah pertemuan... reuni...mengasyikkan...
    Matur nuwun sharingnya...

    BalasHapus
  2. Betapa sejukna suasana batin mendengar kegiatan-kegiatan silaturrahmi seperti ini. Selamat dan sukses. Semoga sehat selalu, panjang umum, dan makin lancar rejeki yang penuh keberkahan. Aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023