KATA PENGANTAR BUKU AKU DAN BIAS PELANGI

KATA PENGANTAR BUKU AKU DAN BIAS PELANGI


*Mukminin, S.Pd., M.Pd. 


Cerpen atau cerita pendek adalah bagian dari prosa fiksi yang pada umumnya dibaca sekali habis dalam waktu yang singkat dan fokus satu kejadian dengan memberi dampak pada pembacanya.

Menurut American Literature, cerpen adalah sebuah cerita dengan tema yang dikembangkan sepenuhnya secara signifikan lebih pendek  daripada sebuah novel. Cerpen adalah sebuah karya fiksi yang dikategorikan berdasarkan panjangnya  ditulis antara 1.000 dan 2.000 kata dan dapat dibaca dalam sekali duduk.

Melansir Masterclass, cerpen adalah karya fiksi prosa mandiri yang fungsinya untuk menyampaikan pesan moral, mengabadikan momen, atau membangkitkan suasana hati tertentu. Cerpen seringkali lebih terfokus, karena semua unsur di dalamnya, baik itu plot, karakter, tempo, struktur cerita, dan sebagainya—harus bekerja sama menuju tujuan bersama ini.

Fungsi cerpen: (1)Fungsi Rekreatif atau sarana penghibur bagi penbaca, (2) Fungsi Estetis, sebagai nilai estetika atau keindahan yang memberikan kepuasan kepada pembaca, (3) Fungsi Didaktif, fungsi didaktif yaitu sebagai pemberi pendidikan bagi para pembaca, (4) Fungsi Moralitas yaitu sebagai nilai moral, (5) Fungsi Religiusitas sebagai pemberi pelajaran yang religius yang bisa dijadikan contoh baik pembaca.

Buku AKU DAN BIAS PELANGI adalah sekumpulan cerpen hasil  menyadur yang ditulis oleh  Nuril Mukhlifida, S.Ag. seorang guru bahasa Inggrisdi SMP Negeri 1 Idi Aceh dan Cut Zidda Ulya dari Idi, Rayeuk Aceh. 

Buku ini berisi tentang AKU DAN BIAS PELANGI menceritakan kisah imajinatif yang kontruktif terhadap kehidupan ini. Berisi kisah persahabatan, cinta, tragedi, asa, kasih sayang serta segala hal yang melankolis yang memberi ruang dalam kehidupan yang berwarna.

Saya mengucapkan selamat kepada penulis berdua yang sangat inspiratif dalam berkarya,  semoga menginspirasi para pembaca untuk berkarya. Karena "Menulis adalah bekerja untuk keabadian" (Pramoedya Ananta Toer).

Buku AKU DAN BIAS PENLANGI bukan sekadar  hiburan kala hati hambar yang kian bingar akan tetapi merupakan perjalanan kehidupan manusia. Mau tahu ragam kisah inspiratifnya? 

Silakan segera miliki.bunya, selamat menikmati! 


. Lamongan, 19062024


Mukminin, S.Pd., M.Pd. 

Guru, Penulis 55 buku, Pegiat Literasi, Pengembang Puisi 2.0, Direktur Penerbit Kamila Press, Konsultan Umroh VIP dan Haji Plus Arminareka Perdana KCP Lamongan). Bisa dihubungi Hp/WA 081330944498, Email: gusmukminin@gmail.com, kamilapresslamongan24@yahoo.com, fb: cakinin mukminin Arminareka

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Di Usia 56 Tahun Aku Berkarya dan Berprestasi

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023