KATA PENGANTAR BUKU ASANCAYA

 KATA PENGANTAR


*Mukminin, S.Pd., M.Pd. 


Pengertian Puisi secara umum adalah karya sastra yang berasal dari ungkapan hati dan perasaan penyair sebagai bentuk mengekspresikan diri. Menurut Herman Waluyo bahwa puisi adalah suatu karya sastra yang mengungkapkan pikiran serta perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan memfokuskan kekuatan bahasa dalam struktur fisik serta struktur batin.

Puisi bukan hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi memiliki beragam fungsi antara lain sebagai alat untuk menyampaikan perasaan, dan pemikiran dari penyair yang menggambarkan cinta, kesedihan, kebahagiaan, kemarahan, emosi  dengan cara unik dan memikat. Selain itu puisi juga memiliki fungsi sebagai kritik sosial. Yaitu penyair menggunakan puisi sebagai alat untuk mengungkapkan pandangan mereka tentang isu-isu sosial, politik, dan budaya yang relevan. Dalam beberapa kasus, puisi telah menjadi suara perlawanan terhadap ketidakadilan. (detik.com).

Buku Kumpulan puisi ini berjudul “Asancaya” yang berasal dari "Bahasa Kawi yang artinya "Kumpulan Bunga," yang ditulis oleh seorang penyair yang bernama I Putu Agus Swartama.

Dalam buku ini terdapat 60 puisi yang kebanyakan judulnya bahasa Kawi. Puisi-puisi ini berasal dari berbagai inspirasi-inspirasi penulis dan pengalaman hidup. Antara lain berisi: tentang cinta, ketuhanan, kemanusiaan, pengetahuan, bekal kehidupan, ajakan, emosi jiwa, harapan, dll. 

Saya mengucapkan selamat keoada Bapak I Putu Agus Suwartama yang tekah berhasil menerbitkan puisinya menjadi karya buku yang bagus. Semoga menginspirasi kepada para guru, pembaca untuk berkarya demi menyukseskan Gerakan Literasi Nasional dalam rangka memajukan Sumber Daya Manusia Bangsa Indonesia. 

Harapan penulis semoga puisi-puisi

dalam buku ini  menjadi bunga bagi pikiran, hati, niat, dan tjuan hidup yang baik bagi semua orang. 

Salam Literasi!

Lamongan, 09 Juni 2024


*Mukminin, S.Pd., M.Pd.

Guru, Penulis di Usia 55 Tahun, Pegiat Literasi, Pengembang Puisi 2.0, Direktur Penerbit Kamila Press, Konsultan Umroh VIP dan Haji Plus Arminareka Perdana KCP Lamongan). Penulis 55 Buku. 9 buku solo dan 46 buku antologi. Bisa dihubungi Hp/WA 081330944498, Email: gusmukminin@gmail.com, kamilapresslamongan24@yahoo.com, fb: cakinin mukminin Arminareka

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Di Usia 56 Tahun Aku Berkarya dan Berprestasi

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023