KATA PENGANTAR Buku Jujur Berbuah Manis

 KATA PENGANTAR



*Mukminin

Pendidikan karakter adalah upaya secara sadar seseorang untuk mendidik orang lain dengan menginternalisasi nilai-nilai karakter sebagai elemen pencerahan bagi mereka (Thomas Lickona dalam bukunya yang berjudul Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility).

Pendidikan karakter merupakan upaya kolektif untuk membantu seseorang dalam memahami, peduli, dan bertindak sebagai landasan etis sehingga mendorong seseorang untuk berperilaku baik, seperti jujur, bertanggung jawab, dan menghormati orang lain.

Dalam  buku Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri, pendidikan karakter merupakan proses kegiatan yang dilakukan untuk mengarahkan anak didik dan mengarah pada peningkatan kualitas pendidikan serta moralitas.

Tujuan Pendidikan Karakter yaitu dapat meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan yang berkualitas,  menciptakan sumber daya manusia yang memiliki karakter mulia, kompeten, dan bermoral sekaligus membekali siswa didik dengan kecerdasan emosi, dan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak, hingga toleran dengan perbedaan juga termasuk salah satu tujuan lain dari keberadaan pendidikan karakter.

Unsur Pendidikan Karakter secara konseptual, adalah model pendidikan yang mengandung tiga unsur fundamental dengan sifat saling berkesinambungan: Mengetahui kebaikan, mencintai kebaikan, dan Melakukan kebaikan. 

Buku Jujur Berbuah Manis Kumpulan Cerpen Islam Pembentuk Karakter Anak  adalah karya ibu Apsiah yang berisi 15 artikel karekter yaitu: Jujur Berbuah Manis, Menuntut Ilmu itu Wajib, Terdengar Adzan, Ingat Sholat, Do’akanlah Kedua Orang Tua, Serpihan Nikmat, Jangan Mengganggu Binatang, Menyingkirkan paku dijalan, Menanam Pohon juga Shodaqoh,

Menjenguk Teman yang Sakit, Buku Pinjaman yang Hilang, Tangan Diatas Lebih Baik Daripada Tangan Dibawah, Hujan itu Berkah, Musibah Karena Ulah Manusia, Jangan duduk-duduk di Tepi Jalan, Akibat Bercanda yang Berlebihan.

Saya mengucapkan selamat kepada ibu Siti Arpiah guru PAI dan Budi Pekerti SDN Sabajaya II Karawang atas keberhasilan menerbitkan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi dunia pendidikan dalam menanamkan karakter pada anak didik.


Lamongan, 12 Agustus 2024

*Mukminin, S.Pd., M.Pd. 

Guru, Penulis, Pegiat Literasi, Pengurus RVL (Rumah Virus Literasi), Pengembang Puisi 2.0, Owner Penerbit Kamila Press Lamongan, Konsultan Umroh dan Haji Plus Arminareka Perdana. Penulis 55 Buku. 9 buku solo dan 46 buku antologi. Bisa dihubungi Hp/WA 081330944498, Email: gusmukminin@gmail.com, kamilapresslamongan24@yahoo.com, fb: cakinin mukminin Arminareka:IG-  @cakininarminareka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Di Usia 56 Tahun Aku Berkarya dan Berprestasi

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023