KATA PENGANTAR Buku Merdeka Belajar

 KATA PENGANTAR

*Mukminin

Merdeka Belajar adalah konsep pengembangan pendidikan dengan peran seluruh pemangku kepentingan sebagai agen perubahan (Menteri Dikbudristek RI).

Program Merdeka Belajar sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara yang menegaskan bahwa pendidikan adalah serangkaian proses untuk memanusiakan manusia. Oleh karenanya pendidikan perlu didasarkan pada asas kemerdekaan. Dan pendidikan haruslah holistik, mencakup aspek fisik, intelektual, emosional, dan spiritual. Ia percaya bahwa pendidikan bukan hanya tentang pemberian pengetahuan akademis semata, tetapi juga melibatkan pengembangan kepribadian dan karakter individu.

Tujuan Merdeka Belajar antara lain untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi siswa dalam mengeksplorasi minat dan bakat masing-masing, sehingga dapat memilih jalur pendidikan yang sesuai. Hal ini akan menumbuhkan semangat belajar dan mendorong kemajuan bangsa.

Tujuan Merdeka Belajar dalam jangka panjang dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan potensi siswa. Sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia di masa depan memiliki integritas, kecerdasan, dan keterampilan yang unggul.

Konsep yang diperkenalkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI pada tahun 2020 ini memberikan kebebasan bagi siswa dalam menentukan jenjang pendidikan, jenjang pelajaran, dan jenjang keahlian yang ingin dipelajari. 

Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Telah jelas disebutkan bahwa sistem pendidikan nasional harus dapat memberikan kesempatan yang sama bagi setiap warga negara untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan berkualitas.

Buku Merdeka Belajare Mrdeka Mengajar adalah karya spektakuler yang disusun oleh 87 penulis hebat yang dikomandani oleh Bapak Agus Dwi Saputro, S.Sos, M.Si. selaku Kepala Dinas Pendidikan Sumenep dan  Bapak Ali Harsojo, S.Pd., M.Pd. Buku ini berisi tentang artikel pelaksanaan Merdeka Belajar dan Mengajar, antara lain: Gelora Merdeka Belajar, Pembelajaran Berdeferensiasi, Merdeka' Belajar Bahagia Bersama Murid, Mengajar dan Mendidik dengan Hati Siswa Berprestasi, Pembelajaran Menyenangkan, Merdeka Belajar yang Memerdekakan, dll.

Saya mengucapkan selamat atas terbitnya karya spektakuler ini kepada para penulis hebat. Semoga karya yang dibukukan ini memambah wawasan bagi guru dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar, dan menjadi pengetahuan bagi pembaca pada umumnya. Semoga buku ini ikut mendorong suksesnya pelaksanaan Kirukum Merdeka di sekolah-sekolah. 


Lamongan, 4 Agustus 2024

*Mukminin, S.Pd., M.Pd. 

Guru, Pegiat Literasi, Direktur Penerbit Kamila Press. Hp/WA 081330944498, Email: cak.mukminin@gmail.com; kamilapresslamongan24@yahoo.com, fb: cakinin mukminin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Di Usia 56 Tahun Aku Berkarya dan Berprestasi

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023