Mei Kuah dengan Es Jeruk
Haji Mogram di Tengah Corona


         Siang ini aku harus tetap ke sekolahanku FC sahutkuu tempat mengajar di SMP I Kedungpring LA (Lamongan) walau harus  stayhome dan lockdown. Sudah dua mingu  lebih atau 18 hari semua sekolah SD, SMP, SMA, PT negri swasta semua manut aturan pemerintah untuk belajar  di rumah dengan pembelajarn on line. Surat Dinas pendidikan Lamongan berlaku mulai 16 mart 2020 sampai  terus lanjut  sekolah masuk  belum  ada ketentuan menunggu  info lebih lanjut.
          Siang ini Selasa 31 Maret 2020 aku  harus  melanjutkan tugas ujian praktek on line dengan guru IT Bapak  falichul.
         Karena ujian praktik Kelas 9 hari pertama Senin 16 Maret  2020 baru berjalan dua jam Ekspo seni lukis yang biasa digelar setiap tahun hari ada perintah anak belajar di rumah karena wabah Corona.
             Ekspo seni lukis tetap berjalan  di lapangan uparara bendera dengan  3 terop besar untuk 3 kelas  bergiliran degan aneka kreasi lukisan siswa di pigiora dengan  hiasan yang  memesona. Seperti sepeda  ontel, sepeda  motor modif, pot-pot bunga, ada kotak-kotak tempat telor yang ditata apik  dengan iringan  sound kelas  masing- masing.
            Pameran Ini sudah  berjalan 20 tahun  lebih dengan guru pakar seni rupa dan musik Bapak  Kasto.
            Apa boleh buat hari itu surat perintah untuk tidak  boleh msk sekolah pameran tetao dilanjutkan sampai pukul 12.00 degan  kunjungan seluruh Siwa SMP 1 Kedungpring 756 Siwa plus Tu dan guru 65 org bahwakan  kunjungan umum dari SD, SMP, SMA dilingkungan sekolahan. Masyarakat  umum seperti wali murid ikut apresiasi. semua masuk  pintu 1 diberi kupon untuk  memilih karya terbaik dengan menuliskan karya dan pelukisnya. Dalam rupameran ada yang  foto sefi gratis ada camilan dan makanan polopendem: ketela pohon, ketela rambat, godog gedang,   klanting dan gelas  mineral.
         Pengunjung keluar pintu 2 untuk  memasukkan ke kotak yang  nantinya dihitung siapa yang karyanya favorit.
       Tugasku hari ini adalah ke labkom dengan guru IT utk ngecek setiap kelas  siapa yg sudah  membuat puisi dan siapa yangg belum. Gambar dan tema  yang sudah  ditentukan dari guru bahasa  Indonesia saya  dan Ibu ismin Pudji . Hari ini lanjutan kemarin saya dangan Pak Falicul  guru IT  ngecrk mulai pukul 10.00-15.00.  Ternyata tiaap kelas tuga on line praktik puisi masuk 50 persen dari kelas 9A-9 H. Namun kelas 9 H  hanya 3 anak saja.
            Sekitar pukul 11.00 seluruh siswa saya rekap  dan saya share ke  WA dinas SMP I kedungpring lanjut saya share  ke wali kelas  untuk  dishare ke WA  grup kelas masing- masing.
         Dalam tiap menit bergiliran siswa yang belum bisa mengirim dan uplod ke link kelas bertanya lewat WA saya.  Ternyata WA anak-anak hampir semua megungkapkan,
            " Pak saya tidak bisa mengirim, pak sudah saya kirim kok tidak bisa masuk" begitu 50 persen keluhan anak-anak.
          GuruTI langsung berkata,
        " Anak-anak ini males mikir sudah diajarkan cara kirim ke link masih saja berkata tidak bisa", kata guru TI
        " Ya Pak, lewat WA anak-anak tak suruh  tanya temannya, atau langsung datang ke labkom sekolah". sahutku. Apa balasan anak-anak tersebut, " Pak teman-teman tidak mau membantu maunya kalau butuh", begitu isinya.
           Terdengar Adzan dhuhur berkumandang ada beberapa anak yg masuk on line tugasnya.         
           "Pak ayo sholat dhuhur berjamaah dulu nanti dilanjut" begitu ajakku. Karena aku terbiasa sholat jamaah di masjid dulunya kupaksa diri ini.
        "Geh Bah" jawab  Pak Falicul. Labkom ditutup langsung ketempat wudhu keadaan mushola sepi mamring  hanya ada 4 tukang yang finising menyelesaikan bangunan musholla Haromain. Debu-debu berterbangan dan debu lembut menempel di lantai granit crem. Ku sapu sebagian tempat untuk sholat. Aku berjamaah dengan p falichul dan 2 tukang.  Usai sholat wiridan dan doa. Usai sholat  tetap nekad bersalaman walau dilarang untuk cegah virus Corona.Aku beranggapan tidak apa-apa habis wudhu kan suci.Walau begitu aku pakai masker kerena perintah istriku sebagai bidan yang tiap hari pontang-panting menangani turun ke desa siang malam tidak henti ke penduduk pendatang yang datang dari zona merah Corona dan luar negeri.
           Habis sholat perutku sudah krucuk-krucuk sinyal untuk makan siang.
          "Pak ayo makan" ajakku. Teringat olehku mie kuah Haji  Mogram yang enak sekali yang berada di timur SMP Negeri I Kedungpring  sekitar 2 km tepatnya desa Nglebur.
            " Wah ini enaknya makan mie kuah dengan gorengan dan telor ayam coklat   serta balungan, minumnya es jeruk di depotnya haji Mogram".demikian celotehku.
             "Ya tidak buka Bah ini semua pada lockdown da tidak buka depotnya", sahut pak Falichul.
          "Betapa segarnya siang yang panas di sekolahan yang berada di tengah sawah begini kalau makan mie kuah dengan es jeruk manis", aku sambil  menelan
ludah. Aku teringat hari-hari bisa masuk kerja bersama teman-teman,  TU dan pekebun yang berjumlah 68 orang hidup rukun.
           Setiap bulan pasti ada yang syukuran mendapat  arisan bahkan hampir tiap seminggu sekali makan bersama ada saja yang Syukuran dengan mendatangkan bskso sak rombonge. Kadang  prasmanan nadi jagung iwak gerek, pindang, sayur lodeh,  sambel korek.
              Yang jadi favorit adalah mie kuah Haji Mogram. "
           "Tapi hati ini hanya sekedar pingin saja Pak.
         ' Wis ayo ke warung Matik saja depan SMP yang jadi langganan makan siang guru-guru kerena full day yang  tidak sempat pulang. Warung Mak Tik terkenal sederhana dan murah masakannya. Pembelinya guru-guru SD,SMP SMA, kaur kantor  desa yang berada  depannya warung bahkan mador alas yang jaraknya 5 km dari warung, supir-supir ikut makan di  situ juga. Warungnya cukup rame. Rizki Mak Tik lumayan karena menguliahkan 2 anaknya putri kembar di Unesa. Mak Tik santri suka beristigfar, bersholawat, Dhuha,dan tahujud, pengajian di musholla timur rumahnya depan SMA Negeti Kedungpring dan sholat subuh berjamaah.
           Apa boleh buat situasi lockdown. Makan kesukaanku dengan pak Kris dan Pak wadi setiap hari adalah pindang goreng, tempo goreng, dipenyet dengan sambal trasidan kulup sayuran daun kates yang pahit dan kembang Turi yang ada disampingnya warung. Minumnya kopi encer penghilang ngantuk.
             " Mak Tik makan seperti biasa e" bigitu pintaku.
           " OK ji'. " Pak.Falih apa?" Sahut Mak Tik.
          "Aku podo Abah tapi ed teh manis",  jawab pak falichul. Kunikmati saja sambil dendam dalam hati kalau hari sudah  masuk sekolah aku akan ke depot  mie kuah Haji Mogram dengan teman-teman..


Sekian ceretan saya  lockdown hari ke 18 dengan tugas dari Om Jay " Menulis On Line Gelombang ke 8.
    Rumah Syiar Tlanak, 1  April 2020

Komentar

  1. Terima kasih Om Jay, mhn saran tulisan saya untuk perbaikan spy bisa apik. Mtr swn

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran omjay terus menerus berlatih menulis setiap hari dan banyak membaca karya tuli orang lain

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023