Rizki itu Tiba-tiba pada Idul Fitri + 7

Rizki itu Tiba-tiba pada Idul Fitri + 7 




Oleh : Mukminin

Pagi ini aku bangun agak telat pukul 03.30 karena pagi Sampai sore kemarin asyik menyelesaikan artikel pengalaman belajar di rumah dalam pandemi Covit 19 guru dan siswa SMP I Kedungpring Tapel 2019-2020 Lamongan Tebitkan Buku Antologi Puisi. Artikel itu saya kirim untuk nyusul penerbitan.buku bersama Om Jay dkk di penerbit Tata Akbar, alhamdulilah sebelum magrib saya kirim dan sudah diterima Ibu Hati yang baik hati bisa menerima artikel saya.

Pukul 03.30 langsung wudhu dan sholat malam, ternyata istri sudah duluan sholat  di mushola. Anak-anak masih tidur. Tiga puluh menit kemudian spiker masjid sudah sholah-sholah tanda adzan subuh mau berkumandang. 

Saya minum panggilan sholat shubuh terdengar merdu sekali. Akupun membuka pintu utama ruang tamu dan berangkat  berjalan ke masjid. Ketika kakiku menginjak teras masjid ku lihat ada syukuran kupat lepet, orang Jawa mengatakan "Riyoyo Kupatan" yaitu7 hari setelah Idul Fitri. Kulihat 10 ember ditutup taplak diletakkan di teras masjid dekat pintu masuk. Aku hanya mbatin Alhamdulilah 
teman-teman jamaah subuh dapat bonus sarapan subuh di masjid Nurul Huda Tlanak Kedungpring.

Seperti biasa masuk masjid saya dan para jamaah langsung sholat penghormatan masjid 2 rekaat atau tahiyatul masjid terus sebagian lanjut sholat fajar yang fadilahnya luar biasa dapat pahala lebih baik dari bumi dan seisinya. Tiga menit kemudian komat shubuh kumandang. Imam takbir "Allohiakbar " semua jamaah sekitar 100 orang  lansung takbir, 2 rekaat sudah terlaksana lanjut wirid dan berdoa bersama. Setiap habis  sholat berdoa memohon tolak balak, semoga balak corona segera musnah di muka bumi. Sholat subuh berjamah di masjid  ( sesuai sikon/ zona daerah) pahalanya sama dengan pahala sholat sepanjang malam.

Biasanya habis wiridan kultum, tapi pagi ini tidak langsung berdoa.

Jamaah syukuran kupat lepet saya  langsung pulang tidak ikut.  Saya pulang berjalan baru 7 rumah ada kerumunan ibu-ibu 6 orang di rumah Pak Dayat. Pak Dayat pakai sarung kopyak dan baju taqwa merah nyegat saya dan lansung berkata, " Pak tolong mampir didoai ibu-ibu syukuran kupat lepet" , begitu perintah Pak Dayat. "La aku tak bawa apa-apa Lo", sahut ku, langsung masuk ruang tamu, ibu-ibu nunggu di luar. Saya  berdua dengan Pak Dayat baca Alfatihah, sholawat dan berdoa, di hadapan saya ada 6 ember kupat lepet lengkap dengan bumbunya. Ibu-ibu di luar ngamini, "Aamiin.  Aamiin...Amiin walhamdulillah hirobbil alamiin. Di atas ember ada uang 5 ribuan ribuan, orang sini mengatakan uang " Wajib". Uang saya ambil tak berikan Pak Dayat untuk dimasukkan kotak amal masjid. Lanjut omong-omong pasien Corona yang di puskemas, wah saya gak tahu. Dimasukkan FB pak, begitu katanya. 

Aku pamit pulang diberi berkat kupat lepat dan bumbu 1 kresek, Alhamdulilah Rizki anak sholeh, saya pamit pulang, "Matur semun ibu-ibu wassalamuaikum. Ibu-ibu menjawab " waalaikum salam sami-sami atas dungone", aku  manjutkan jalan kaki kurang 6 rumah lagi.

Sampai teras rumah cucui tangan pakai sabun, cuci kaki buka pintu. "Dik alhamdulilah dapat Rizki kupat lepat dungani  di rumah Pak Dayat". Alhamdulilah gak masak, istri dan dua anak saya habis sholat subuh. 

Aku ambil Quran baca surah Al Waqiah, mudah-mudahan berkah dan Rizki lancar. Karena luar ruamah sudah kelihatan padang, pintu kubuka langsung bersih-bersih nyapu rumah luar dalam. Karena Ahad pembantu libur. 

Pukul. 08.00 datang lagi dapat kiriman kupat lepet beserta lauknya lodeh tahu tempe plus ayam. Kiriman ini dari bidan Mumun yang biasanya kerja di rumah saya sebagi asisten istri saya. Kebetulan 3 bulan ini cuti melahirkan. Mumun datang dengan anaknya  yang pertama Zihan . Alhdulilah Rizki datang lagi.



Oh... Ya.. tadi malam pukul 19.30  juga dapat kiriman kupat lepet pisang dan pepaya masak dari Mak.Mar sebelah barat rumah.

"Nikmat Tuhan Mu yang mana lagi yang kau dustakan" (QS Arrahman) yang diulang sampai 31 kali. 

Ini mamang Alloh ingatkan kita sampai 31 kali ayatnya diulang-ulang. Supaya kita selalu mensyukuri karunia dan nikmat dari Alloh.

" Wabiayialaa irobbikuma tukadzibaaan"

Pukul 0830 sarapan kupat lepet dan lodeh  ayam tahu tempe, eeeh.... rasanya enak... sekali sampai tanduk lagi. Mohon maaf Om Jay Bapak Ibu saya belum puasa Syawal 6 hari. Insya Alloh besok Senin mulai sepakat keluarga. 

Selamat Hari Raya Kupat Lepet, semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan diterima.Alloh dan diiampuni segala dosa-dosa kita seperti bayi yang baru lahir. Aamiin YRA.

Komentar

  1. Kupat lepet ada di Kediri juga pak, event nya tdk lansung pas Lebaran

    BalasHapus
  2. Oh ya di sini 7 hari pasca idul Fitri. Mksih Bu sht sll. Kediri mana Bu sy asli Sumobito jombang

    BalasHapus
  3. Aamiin..
    Sama Cak Inin, di kampung saya di Malang juga h+7.
    Sama juga ditutuk2ke ngrasakke menu lebaran, sampe blm puasa syawal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah Bu smg kita sht sll siap menghadapi new normal

      Hapus
  4. Tradisi syawalan daerah Pantura memang sayang untuk dilewatkan ya pak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURICULUM VITAE MUKMININ, S.Pd.M.Pd..

Mengapa Naskah Buku Kita Ditolak Tim ISBN?

Menenun Mimpi Menggapai Asa Tahun 2023